Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Rilis Walkman Terbaru, Ini Harga dan Fitur Terbaiknya

Baca di App
Lihat Foto
www.sony.co.uk
ilustrasi Sony Walkman NW-A306.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Walkman adalah pemutar audio kaset sebagai pemutar audio dan video portabel bikinan Sony. Walkman, peranti pemutar musik populer di tahun 1980-an.

Walkman mengubah kebiasaan mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja.

Kini Sony meluncurkan Walkman terbaru dengan seri NW-A306 Sony yang memungkinkan pengguna bisa mendengarkan musik seperti zaman retro namun dengan kualitas perangkat jauh lebih canggih.

Baca juga: Sejarah Walkman, Alat Pemutar Musik Legendaris dari Jepang

Walkman dulu dan sekarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari ZDNet, Kamis (12/1/2023), Sony pertama kali merilis Walkman asli bernama TPS-L2 yang mengubah cara seseorang mendengarkan musik. TPS-L2 mulai dijual di Jepang pada 1 Juli 1979.

Anda bisa mendengarkan musik dengan memasukkan kaset ke dalam Walkman, dan memencet tombol "Play" untuk memutar lagu dari kaset pita tersebut.

Sejak rilis awal itu, Sony Walkman telah terjual lebih dari 400 juta unit, dengan 200 juta pemutar kaset.

Namun kini, Walkman yang bakal diluncurkan tidak akan dibuat versi dengan kaset pita, tapi lebih modern, menggunakan internet.

Pengguna hanya dapat mengunduh musik dan aplikasi streaming musik berbasis langganan, seperti YouTube dan Spotify. Untuk saat ini, Walkman terbaru baru tersedia di Eropa mulai bulan Januari 2023.

Secara spesifikasi Walkman NW-A306 berbentuk kotak dan ringan, dengan berat 113 gram. Alat pemutar musik ini menggunakan layar sentuh 3,6 inci, dan menawarkan konektivitas Bluetooth.

Baca juga: Walkman Bakal Diproduksi Kembali, Kaset Pita Bakal Populer Lagi?

 

Bisa memutar musik sampai 36 jam

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (13/1/2023), selain dapat mengakses internet, pemutar baru yang "stylish dan ringkas" ini juga bisa terhubung ke PC.

Hal itu membuat pengguna juga dapat mentransfer musik dari komputer ke perangkat dengan cara lama, menggunakan kabel USB-C yang disertakan dalam kotak.

Walkman baru Sony tidak dilengkapi dengan headphone, meskipun perusahaan menawarkan berbagai opsi nirkabel, in-ear, dan headband yang kompatibel.

Selain itu, pendengar dapat menikmati hingga 26 jam dengan aplikasi layanan musik di Walkman dan pemutaran FLAC 44,1KHz hingga 36 jam.

Baca juga: Cerita di Balik iPod yang Mejeng di Meja Ratu Elizabeth II

Menggunakan Android

Pemutar ini juga memungkinkan menjalankan sistem operasi Android 12 dan hadir dalam dua warna, biru dan hitam.

Itu juga membuat pecinta retro senang dengan menjaga port headphone, yang dengan cepat menjadi fitur yang semakin langka.

Sony mengatakan, mereka menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas file musik digital terkompresi, menggunakan teknologi S-Master HX untuk mengurangi distorsi, dan menggunakan solder reflow untuk meningkatkan lokalisasi suara.

Dan sebagai sentuhan yang rapi bagi kita yang sangat merindukan Walkman pertama mereka, screensaver NW-A306 menampilkan gambar kaset pita.

Meskipun hari-hari merekam lagu favorit Anda dari radio dan ke Walkman mungkin sudah tidak ada lagi, pengguna dapat mengunduh lagu favorit mereka ke perpustakaan Walkman.

Baca juga: Sony Bakal Rilis PlayStation 6 Tahun 2027?

Harga Walkman NW-A306

Diketahui, Walkman NW-A306 ini dibanderol dengan harga 375 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta (kurs 1 dollar AS setara Rp 15.126).

Meski lebih mahal daripada ponsel kebanyakan, mungkin sebagian orang akan tertarik dengan perangkat yang hanya bertugas sebagai pemutar musik saja.

"Nikmati suara berkualitas tinggi dari pemutar musik yang stylish dan ringkas ini yang memungkinkan Anda mengunduh dan mengalirkan lebih banyak musik yang Anda sukai," kata Sony tentang perangkat baru tersebut.

"Dengan kompatibilitas penuh Wi-Fi, baterai yang lebih tahan lama dan desain yang stylish dan ramping, Anda dapat memutar dan menemukan musik baru ke mana pun Anda ingin pergi," lanjut Sony.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik:Sejarah Dirilisnya PlayStation 3

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi