Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Suka Menggigit? Berikut 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

Baca di App
Lihat Foto
Freepik
ilustrasi kucing suka menggigit
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Siapa pun yang memiliki kucing peliharaan, pasti pernah mengalami situasi di mana ketika sedang asik membelai si kucing, tiba-tiba dia berbalik dan menggigit tangan.

Meski terkesan tiba-tiba, jika Anda perhatikan, sebenarnya ada bahasa tubuh kucing yang menunjukkan tanda kekesalan sebelum gigitan terjadi.

Jika pemiliknya tidak menyadari tanda yang diberikan, maka cara kucing untuk mengomunikasikan ketidaksenangannya adalah dengan menggigit.

Baca juga: 7 Tanda Kucing Sedang Merasa Bahagia, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi kucing yang terlalu sering menggigit?

Dilansir dari laman AnimalPath, berikut 5 cara mengatasi kucing yang suka menggigit:

1. Kucing menggigit karena terbawa permainan

Bermain dengan terlalu agresif adalah alasan umum kucing menggigit. Sebab, pada dasarnya kucing termasuk hewan pemangsa.

Ketika majikan mengajaknya bermain dengan menawarkan jari, tangan, atau kaki sebagai mainan, kucing akan menganggap itu sebagai ajakan baginya untuk menggigit.

Terutama bagi anak kucing, terkesan sangat menggemaskan ketika melihat mereka bermain dengan jari-jari kita.

Namun, agar kebiasaan menggigit pemiliknya tidak menjadi kebiasaan, cobalah untuk menyediakan banyak mainan kucing seperti bola, pancing bulu, atau penunjuk laser.

Baca juga: 3 Tanda Kucing Peliharaan Sedang Stres, Apa Saja?

2. Ambil waktu jeda ketika bermain

Kucing bisa menjadi sangat ketagihan saat diajak bermain.

Jadi saat Anda menyadari ketika ia mulai menjadi agresif dan menggigit ketika bermain, coba luangkan waktu untuk istirahat.

Hal tersebut, bisa Anda lakukan dengan cara memunggunginya atau meninggalkannya untuk sementara. Tindakan ini dapat menjadi peringatan bagi kucing, bahwa Anda tidak suka ketika digigit.

Baca juga: Benarkah Kucing Ras Lebih Susah Kawin? Berikut Penjelasan Dokter Hewan

3. Habiskan energinya

Jika kucing Anda mulai melakukan kebiasaan menggigit meski di luar waktu bermain, itu pertanda bahwa kucing kesayangan Anda kelebihan semangat.

Anda perlu menyalurkan energinya dengan mengajak bermain menggunakan permainan kucing seperti bola, pancing bulu, dan laser untuk membakar energinya.

Baca juga: 5 Hewan Peliharaan Terkaya di Dunia, Kucing Taylor Swift Punya Harta Rp 1,5 Triliun

4. Perlakukan dengan baik

Apakah kucing Anda termasuk yang akan menggigit ketika kepalanya dielus? Bisa jadi perlakuan tersebut dianggap sebagai tindakan agresif.

Jika kucing peliharaan Anda tidak menyukai elusan di kepala, maka cobalah untuk menghargai dan menghormati keinginannya.

Hal tersebut berguna dan penting untuk menghindari gigitan. Namun, tidak semua kucing melakukan hal serupa. Ada beberapa kucing yang baik-baik saja ketika kepalanya dielus.

Baca juga: Fading Kitten Syndrome pada Anak Kucing, Kenali Gejala dan Penyebabnya

5. Coba hilangkan rasa kecemasan kucing

Jika kucing Anda terus-menerus bertingkah agresif, itu mungkin karena ia terus-menerus merasa takut atau cemas karena suatu alasan.

Hal ini dapat terjadi pada kucing liar yang diselamatkan, kucing berusia tua, atau kucing yang pernah mengalami kekerasan.

Untuk membantu meredakan ketegangan dan perasaan cemas pada kucing, ada beberapa produk pereda kecemasan yang bisa Anda gunakan.

Namun, pastikan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter hewan. Anda juga bisa bertanya tentang apa yang menyebabkan kucing kesayangan Anda terlalu sering menggigit

Baca juga: Termasuk Jenis yang Unik, Berikut Sifat dan Karakter Kucing Abyssinian

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Kucing Emas (Catopuma temminckii)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi