Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Anda Takut Dilupakan hingga Mengalami Athazagoraphobia? Cek Gejalanya

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Ilustrasi fobia
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kebanyakan orang berharap agar bisa dikenang dengan penuh kasih sayang oleh orang yang mereka cintai atau lingkungan sekitar.

Karenanya, wajar jika seseorang terkadang merasa khawatir akan dilupakan. Namun, bagi sebagian orang, rasa takut dilupakan atau diabaikan ini sangat berlebihan sehingga bisa dianggap sebagai fobia.

Dikutip dari Very Well Health, ketakutan akan dilupakan yang terlalu berlebihan dan cenderung abnormal ini disebut athazagoraphobia.

Fobia ini juga bisa termasuk rasa takut melupakan seseorang atau sesuatu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika rasa takut muncul ketika dilupakan oleh orang atau kelompok sosial tertentu, itu mungkin dianggap sebagai bagian dari jenis fobia sosial.

Fobia sosial adalah saat seseorang memiliki ketakutan irasional untuk dihakimi atau ditolak dalam situasi sosial tertentu.

Rasa takut dilupakan mungkin juga terkait dengan kekhawatiran khusus tentang kehilangan ingatan, seperti rasa takut terkena penyakit alzheimer atau demensia.

Ketakutan ini mungkin muncul saat merawat seseorang dengan kondisi ini.

Baca juga: Mengenal Chrometophobia, Fobia pada Uang, Gejala dan Penyebabnya


Gejala athazagoraphobia

Orang dengan athazagoraphobia mungkin mengalami kecemasan, stres, atau kepanikan yang ekstrem hanya dengan memikirkan soal risiko dilupakan.

Anda mungkin juga mengalami gejala kecemasan fisik, seperti mual, detak jantung cepat, atau bahkan serangan panik hebat saat dihadapkan pada ketakutan itu.

Seperti kebanyakan fobia, rasa takut dilupakan dapat muncul dengan gejala mental dan fisik.

Gejala athazagoraphobia lainnya sebagai berikut:

Baca juga: Mengenal Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia Apa Itu?

Penyebab athazagoraphobia

Fobia memicu respons stres seseorang. Ada beberapa alasan respons stres ini dapat dipicu oleh rasa takut dilupakan, termasuk genetika dan pengalaman.

Gen tertentu yang diturunkan oleh orang tua kandung diketahui berperan dalam fobia dan gangguan kecemasan lainnya.

Riwayat trauma atau pengalaman traumatis seperti dilupakan, tertinggal atau ditinggalkan, atau kehilangan orang tua atau pengasuh, juga dapat menyebabkan rasa takut dilupakan.

Untuk mendapatkan diagnosis athazagoraphobia, profesional kesehatan mental atau penyedia layanan kesehatan akan mengacu pada Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5).

Ada berbagai pilihan pengobatan yang dapat membantu pasien yang memiliki fobia, termasuk terapi perliaku kognitif (CBT), terapi pemaparan, dan obat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi