Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Penerjun Payung TNI Mendarat di Rumah Warga di Jaksel, Ini Penyebabnya

Baca di App
Lihat Foto
INSTAGRAM.com/@net2netnews
Tangkapan layar unggahan video yang memperlihatkan prajurit penerjun payung TNI mendarat di halaman rumah warga di Jakarta Selatan (Jaksel).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Unggahan video yang memperlihatkan prajurit penerjun payung TNI mendarat di halaman rumah warga di Jakarta Selatan (Jaksel), viral di media sosial.

Video itu salah satunya diunggah akun Instagram @net2netnews pada Kamis (9/2/2023).

"Satu penerjun Alhamdulillah mendarat selamat disalah satu rumah warga di Ciganjur min sekitaran jalan benda dalam," tulis keterangan pada unggahan.

Disebutkan bahwa prajurit penerjun payung TNI itu seharusnya mendarat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan (Tangsel). Namun ternyata mendarat di Jaksel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral, Video Oknum Debt Collector Setop Pengendara Motor hingga Menangis di Bandung, Polisi: Bisa Dilaporkan Pidana

Baca juga: Viral, Video Sebut Pria Ganti Pelat Dinas TNI ke Pelat Hitam Saat Akan Isi Pertalite, Begini Klarifikasinya

Dalam video yang beredar, tampak prajurit penerjun payung TNI mencoba melakukan pendaratan di tengah kondisi cuaca yang kurang bersahabat.

Sementara itu, dalam video lainnya, prajurit TNI tersebut sudah berada di halaman rumah warga.

Hingga Jumat (10/2/2023) pagi, unggahan video tersebut telah disukai lebih dari 1.500 kali dan dikomentari puluhan kali oleh pengguna Instagram.

Diketahui, prajurit penerjun payung TNI tersebut merupakan anggota Denjaka (Detasemen Jalamangkara) TNI Angkatan Laut (AL).

Baca juga: Viral, Unggahan Mobil SUV Berpelat Nomor TNI Parkir Sembarangan, Ini Respons Kapuspen


Lantas, bagaimana penjelasan TNI terkait kejadian tersebut?

 

Terbawa angin kencang

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama (Laksma) Julius Widjojono membenarkan adanya prajurit penerjun payung dari Denjaka yang mendarat darurat di halaman rumah warga di Ciganjur, Jagakarsa, Jaksel.

Julius menjelaskan, prajurit Denjaka itu sedang melaksanakan latihan tempur bersama 74 personel yang lain pada Kamis (9/2/2023).

Prajurit tersebut sedianya mendarat di kawasan Pondok Cabe, Tangsel. Namun, saat latihan berlangsung, angin berembus kencang.

"Betul, karena angin kencang saat latihan rutin, konsekuensi prajurit profesional dan militan kondisi apa pun laksanakan perintah," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat pagi.

Kondisi tersebut membuat prajurit TNI AL itu terpaksa mendarat darurat di halaman rumah warga di Jaksel.

Meskipun harus mendarat darurat, Julius memastikan prajurit tersebut selamat dalam pendaratan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, latihan terjun tempur rutin dilaksanakan dalam rangka mempertahan dan meningkatkan profesionalisme prajurit.

"Kondisi cuaca tidak menghalangi prajurit petarung untuk terus mengasah profesionalisme dan militansinya," tandas Julius.

Baca juga: Viral, Video Pasien Anak Ditolak RSAL Merauke Berujung Meninggal Dunia, Apa Kata TNI AL?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi