Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Valentine yang Dirayakan Setiap Tanggal 14 Februari

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock/vm2002
ilustrasi donat valentine.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Hari Valentine dirayakan dan diperingati setiap tanggal 14 Februari. 

Saat peringatan Hari Valentine biasanya orang-orang akan saling bertukar cokelat ataupun mengucapkan selamat.

Hari Valentine kerap diidentikan dengan hari kasih sayang, namun sejarah hari Valentine bisa terbilang cukup menyedihkan.

Lantas, sebenarnya bagaimana sejarah dari Hari Valentine itu?

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Valentine 14 Februari 2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Valentine

Penyebutan Hari Valentine berasal dari nama St. Valentine. Terdapat beberapa versi cerita dari asal-usul penamaan Hari Valentine ini.

Dikutip dari History, cerita pertama berasal dari legenda yang menyebut adanya seorang pendeta di Roma, Italia bernama Valentine yang hidup di zaman Kaisar Claudius II.

Saat itu kaisar membuat kebijakan bahwa pria lajang lebih baik dibanding mereka yang memiliki istri dan keluarga. Oleh karenanya dia melarang ada pernikahan bagi pria muda.

Valentine menilai kebijakan itu tidak adil dan terus menentang Claudius. Dia juga secara rahasia terus menikahkan banyak pasangan muda.

Namun akhirnya hal tersebut bocor dan kaisar meminta agar Valentine dihukum mati.

Versi lain, yakni adanya seorang uskup bernama Valentine dari Terni yang diyakini juga dipenggal oleh Claudius II di luar Roma.

Cerita yang lain lagi yakni Valentine dibunuh karena berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang kejam.

Valentine yang juga dipenjara kemudian mengirim ucapan 'Valentine' pertama untuk dirinya sendiri usai ia jatuh cinta dengan gadis muda yang diduga adalah putri sipir penjara.

Sebelum meninggal ia menuliskan surat bertanda "From your Valentine", yang kerap menjadi ucapan dan masih dipakai hingga saat ini.

Tidak jelas kebenaran di balik legenda Valentine . Namun semua cerita menampilkan terkait sosok yang simpatik, dan heroik.

Baca juga: Sejarah Hari Valentine, Berawal dari Sepucuk Surat Cinta

 

Kenapa Hari Valentine dirayakan 14 Februari?

Dikutip dari NPR, sejumlah orang percaya Hari Valentine dirayakan pada bulan Februari untuk memperingati hari kematian atau penguburan Valentine yang kemungkinan terjadi tahun 270 M.

Beberapa kepercayaan lainnya meyakini perayaan dilakukan pada bulan Februari sebagai upaya untuk menghapus ritual Lupercalia. 

Ritual Lupercalia merupakan hari di mana para pria mengorbankan seekor kambing dan seekor anjing kemudian mencambuk para wanita dengan kulit binatang yang baru disembelih.

Tujuannya adalah agar para wanita menjadi subur.

Ritual tersebut menjadi tradisi perjodohan melalui sebuah lotre, di mana para pemuda akan dipasangkan dengan wanita yang namanya diambil dari toples.

Perayaan Hari Valentine kemudian terus berkembang dan menyebar di berbagai negara seperti Kanada, Meksiko, Inggris, Perancis dan Australia.

Di Inggris, perayaan Valentine mulai populer pada abad ke-17. Kemudian pada abad ke-18 saat valentine, umum bagi orang-orang untuk bertukar tanda kasih sayang kecil maupun catatan tulisan tangan saat Valentine.

Orang Amerika kemungkinan mulai saling bertukar ucapan Valentine pada awal 1700-an.

Baca juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Cokelat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi