Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Berbagai Negara, Ada Pernikahan Massal di Filipina

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock/vm2002
ilustrasi donat valentine.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Perayaan Hari Valentine diperingati setiap 14 Februari.

Hari Valentine merupakan momentum bagi sebagian orang untuk mengungkapkan kasih sayang.

Perayaan Valentine tak hanya dengan berbagi cokelat dan kue, namun ada beragam tradisi unik dari berbagai negara di dunia dalam merayakan hari kasih sayang ini.

Baca juga: Kapan Hari Valentine 2022? Ini Sejarah dan Perayaannya

Ada beberapa tradisi unik untuk merayakan Hari Valentine diberbagai negara. Berikut di antaranya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Republik Ceko

Dikutip dari Today, Hari Valentine semakin populer selama bertahun-tahun di Republik Ceko, meskipun dirayakan sebagai "Hari Cinta" pada 1 Mei, bukan 14 Februari.

Republik Ceko memiliki tradisi yang biasa dilakukan saat Valentine di mana setiap pasangan pergi mengunjungi patung penyair Ceko Karel Hynek Macha yang terletak di dekat hutan pohon ceri.

Seakan perayaan puisi ini kurang romantis, sepasang kekasih berciuman di bawah dahan pohon sakura untuk mendapatkan keberuntungan.

Baca juga: Lomba Foto Hari Valentine PT KAI 2023, Syarat dan Cara Mengikutinya


2. Denmark

Perayaan Hari Valentine di Denmark dan Norwegia tak hanya diikuti oleh mereka yang memiliki pasangan saja.

Setiap orang, teman, dan keluarga juga ikut bertukar "kartu kekasih", yang berisi tentang ungkapan perasaan menyentuh hingga hal-hal lucu.

Beberapa orang bahkan mengirim surat lelucon tanpa nama dan tanda tangannya hanya ditulis menggunakan titik yang disebut "gaekkebrev."

Gaekkebrev juga disebut sebagai surat tetesan salju yang menampilkan potongan kertas yang rumit yang berisi puisi atau pesan pendek.

Penerima surat gaekkebrev harus menebak identitas pengirimnya dan mereka berutang telur pada Paskah. Jika tebakannya salah, maka mereka harus memberikan telur Paskah kepada pengirimnya.

Baca juga: Hari Valentine, Ini Sejarah dan Link Twibbonnya

3. Inggris

Ada berbagai cara untuk merayakan Hari Valentine di Inggris, salah satu cara yang paling populer adalah dengan hiburan dari suara merdu nyanyian anak-anak.

Kemudian penyanyi anak-anak itu akan mendapatkan permen, buah, atau uang sebagai imbalannya.

Beberapa bahkan mungkin menjual roti Valentine yang juga dikenal sebagai "antar-jemput prem" yang dipanggang dengan kismis, prem, atau biji jintan untuk memperingati panen yang melimpah.

Baca juga: Ucapan dan Kata-kata Selamat Hari Valentine 14 Februari untuk Pasangan, Teman, dan Keluarga

4. Jerman

Jerman menjadi negara yang memiliki perayaan Hari Valentine yang terbilang unik.

Pada umumnya, Valentine dirayakan dengan pernak-pernik berbentuk hati mulai dari kue hingga cokelat.

Namun, berbeda halnya perayaan Valentine di Jerman. Setiap pasangan di Jerman akan merayakan Hari Valentine dengan bertukar kado berbentuk babi.

Rupanya, babi adalah simbol cinta dan nafsu, jadi tidak jarang memberi dan menerima patung babi, boneka binatang, dan lainnya.

Bunga dan coklat juga dibagikan, serta kue jahe yang menampilkan ungkapan cinta dalam icing.

Baca juga: Penyebab BPOM Hentikan Peredaran Cokelat Kinder untuk Sementara Waktu

5. Jepang

Di Jepang, wanita biasanya memberikan cokelat kepada para laki-laki di Hari Valentine. "Giri choco", atau "coklat kewajiban" yang diberikan kepada teman dan kolega biasa.

Hal ini dilakukan sebagai cara untuk menunjukkan penghargaan dan rasa hormat.

"Honmei choco" atau "cokelat rasa sejati" yang lebih mahal disediakan untuk kekasih dan suami.

Pria Jepang membalas budi pada "Hari Putih", yang dirayakan pada 14 Maret.

Hadiah dapat berupa bunga hingga perhiasan mewah. Namun, hadiah tersebut harus berharga setidaknya tiga kali lipat dari yang diterima pada Hari Valentine.

Baca juga: Sejarah Hari Valentine yang Dirayakan Setiap Tanggal 14 Februari

6. Filipina

Dilansir dari huffpost, perayaan Valentine di Filipina mirip dengan perayaan di negara-negara barat.

Selain bertukar kado dan cokelat, Filipina juga memiliki satu tradisi yang membuat ribuan pasangan di sana ikut serta dalam upacara pernikahan massal pada 14 Februari.

Upacara pernikahan massal telah mendapatkan popularitas di Filipina dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini membuat ratusan pasangan berkumpul di mal atau tempat umum lainnya di seluruh negeri untuk menikah atau memperbarui sumpah mereka secara massal.

Pernikahan massal ini juga disponsori oleh pemerintah lokal yang digunakan untuk membantu pasangan yang tidak bisa melakukan pernikahan mereka sendiri.

Baca juga: Kisah di Balik Viral Pernikahan ala Harry Potter dan Narnia...

7. Korea Selatan

Hari Valentine adalah hari libur populer bagi pasangan muda di Korea Selatan.

Variasi hari libur ini dirayakan setiap bulan dari Februari hingga April.

Pemberian hadiah dimulai pada 14 Februari, ketika para wanita dibebaskan untuk memberi cokelat, permen, dan bunga kepada pasangan mereka.

Lalu hari libur selanjutnya pada 14 Maret di mana hari libur ini dikenal sebagai Hari Putih.

Pada perayaan Hari Putih ini, pria di Korea tak hanya memberi pasangan mereka dengan cokelat dan bunga saja, tetapi juga dengan hadiah.

Dan bagi mereka yang tidak memiliki banyak hal untuk dirayakan di Hari Valentine atau Hari Putih, ada hari libur ketiga yakni Hari Hitam.

Pada 14 April, para lajang biasa meratapi status kesendirian mereka dengan makan semangkuk gelap jajangmyeon atau mi pasta kacang hitam.

Baca juga: 20 Twibbon Hari Valentine dan Cara Pakainya untuk Status WhatsApp

8. Italia

Makan malam romantis adalah salah satu cara untuk merayakan Hari Valentine di Italia. Awalnya, orang Italia merayakan Hari Valentine sebagai Festival Musim Semi.

Di mana para anak muda berkumpul di luar untuk menikmati pembacaan puisi dan musik sebelum berjalan-jalan dengan kekasih mereka.

Ada satu tradisi unik pada Hari Valentine yang dilakukan di Italia. Para gadis muda yang belum menikah akan bangun sebelum fajar untuk melihat calon suami mereka.

Keyakinannya adalah bahwa pria pertama yang dilihat seorang wanita pada Hari Valentine adalah pria yang akan dinikahinya dalam waktu satu tahun. Atau dia setidaknya sangat mirip dengan pria yang akan dinikahinya.

Selain itu, Hari Valentine di Italia juga dirayakan dengan pertukaran hadiah antara kekasih dan makan malam romantis.

Salah satu hadiah yang paling populer di Italia adalah Baci Perugina, yaitu kacang hazelnut kecil berlapis cokelat yang dibungkus dengan kutipan romantis yang dicetak dalam empat bahasa.

9. Perancis

Perayaan Valentine di Perancis juga diperingati pada 14 Februari. Di mana sepasang kekasih bertukar surat atau kartu dan memberikan hadiah, seperti yang mereka lakukan di AS.

Acara Hari Valentine tradisional lainnya di Perancis adalah loterie d'amour, atau menggambar untuk cinta.

Laki-laki dan perempuan akan memenuhi rumah yang saling berhadapan, lalu bergiliran memanggil satu sama lain dan berpasangan.

Pria yang tidak puas dengan pasangannya dapat dengan mudah meninggalkan seorang wanita untuk yang lain. Sedangkan para wanita yang tidak memiliki pasangan akan berkumpul setelahnya untuk api unggun.

Selama api unggun, wanita membakar foto pria yang menganiaya mereka dan melontarkan sumpah serapah dan hinaan pada lawan jenis.

Acara tersebut menjadi sangat tidak terkendali sehingga pemerintah Perancis akhirnya melarang tradisi tersebut secara keseluruhan.

Baca juga: Dari Mana Asal Muasal Valentine sebagai Sebutan Hari Kasih Sayang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi