Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Selamatkan Barang Tertinggal Senilai Rp 4 Miliar Lebih Selama Tahun 2022

Baca di App
Lihat Foto
PT Kereta Api Indonesia (KAI)
PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengamankan 4.984 barang temuan dengan estimasi nilai barang sebesar Rp4.054.600.969 sepanjang tahun 2022.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengamankan barang tertinggal milik penumpang senilai RP 4 miliar lebih selama tahun 2022.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, data KAI tahun 2022 menunjukkan 4.984 barang tertinggal pada tahun lalu.

Nominal barang tertinggal yang ditemukan KAI apabila ditotal mencapai Rp 4.054.600.969.

"Barang bawaan pelanggan merupakan tanggung jawab masing-masing," kata Joni dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Selasa (14/2/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Namun demikian untuk memberikan layanan maksimal petugas KAI akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," tambahnya.

Baca juga: Tips Dapat Tiket Kereta Api Go Show: Pesan Lewat KAI Access

Jenis barang tertinggal

Lebih lanjut, Joni membeberkan barang tertinggal apa saja yang diselamatkan KAI selama tahun 2022.

Ia mengatakan, barang tertinggal yang diamankan KAI terdiri dari ponsel, laptop, dompet, perhiasan, tas, termasuk paspor milik Warga Negara Asing (WNA).

Barang tertinggal tersebut, lanjut Joni, telah dikembalikan kepada pemiliknya, tetapi sebagian lainnya tetap disimpan.

Joni menjelaskan, barang tertinggal milik penumpang di satsiun maupun kereta dimasukkan ke dalam database sistem Lost and Found.

Layanan tersebut dapat diakses penumpang yang merasa barangnya hilang atau tertinggal di kereta maupun stasiun dengan cara melapor kepada petugas.

Cara lain untuk melaporkan barang hilang atau tertinggal adalah menghubungi contact center KAI di 121.

Joni juga menyampaikan, petugas announcer secara rutin sudah mengingatkan penumpang supaya menjaga barang milik mereka agar tidak hilang atau tertinggal ketika di stasiun maupun kereta.

Baca juga: Viral, Video Kucing Terbawa Naik KRL dari Citayam ke Stasiun Depok Lama, Ini Kata KAI Commuter

KAI amankan uang puluhan juta di stasiun

Selain mengamankan barang tertinggal, KAI pernah menyelamatkan uang senilai puluhan juta di Stasiun Tugu Yogyakarta pada Sabtu (21/1/2023) lalu.

Pada awalnya, Sudaryanto, petugas kebersihan di stasiun tersebut menemukan uang Rp 44.108.000 ketika mengecek mesin check in counter.

Uang puluhan juta ini ditemukan di dalam tas berwarna hitam dan di dalamnya tersimpan juga ponsel milik calon penumpang.

Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan, Sudaryanto lalu melaporkan temuan uang ke pos pengamanan.

Petugas announcer kemudian memberi pengumuman bahwa ditemukan uang senilai puluhan juta dan pemilik barang berharga ini segera datang ke pos pengamanan untuk mengambilnya.

"Barang tersebut dikembalikan dalam kurun waktu yang singkat, tidak sampai 40 menit," kata Franoto dikutip dari Kompas.com.

Meskipun tingkat keamanan yang diberikan Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," pungkasnya.

Baca juga: Kronologi Ibu Melahirkan di KA Kahuripan, Dibantu Penumpang dan Petugas KAI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi