Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Susan Wojcicki, Wanita di Balik Kesuksesan Google dan YouTube

Baca di App
Lihat Foto
Mashable
CEO Youtube, Susan Wojcicki.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Chief Executive Officer (CEO) YouTube Susan Wojcicki mundur dari jabatannya.

Dikutip dari unggahan blog YouTube, Kamis (16/2/2023) Susan menyampaikan alasan dirinya mundur dari YouTube, dan akan berfokus pada keluarga maupun kesehatannya.

"Hari ini, setelah hampir 25 tahun di sini, saya memutuskan untuk mundur dari peran saya sebagai pimpinan YouTube dan memulai babak baru yang berfokus pada proyek keluarga, kesehatan, dan pribadi yang saya sukai," kata dia.

Ia menilai saat ini adalah waktu yang tepat bagi dirinya untuk mundur. Apalagi saat ini YouTube memiliki anggota yang luar biasa. Dia mengatakan, posisinya akan digantikan oleh Neal Mohan.

Menjadi salah satu sosok dibalik kesuksesan YouTube, berikut ini profil dari Susan Wojcicki.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: CEO YouTube Susan Wojcicki Mengundurkan Diri

Profil Susan Wojcicki

Susan Wojcicki memiliki nama lengkap Susan Diane Wojcicki dan lahir pada 5 Juli 1968 di California AS.

Dia memiliki perananan penting bagi masa awal perjuangan Google. Disebutkan dia menggunakan garasinya untuk menjadi kantor bagi pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin.

Ketika itu ia menyewakan garasinya untuk Google dengan harga 1.700 dolar sebulan pada tahun 1998.

Susan akhirnya ikut bergabung dengan Google pada tahun 1999, dan saat itu Google telah memiliki ruang kantor yang lebih baik. Dia menyebut, bergabung di Google adalah keputusan yang tepat dalam hidupnya.

Sebelum bergabung dengan Google Susan pernah bekerja di Intel serta Bain & Company.

"Dua puluh lima tahun yang lalu saya membuat keputusan untuk bergabung dengan beberapa mahasiswa pascasarjana Stanford yang sedang membangun mesin pencari baru. Nama mereka adalah Larry dan Sergey. Saya melihat potensi dari apa yang mereka bangun, yang sangat menarik, dan meskipun perusahaan hanya memiliki sedikit pengguna dan tidak ada pendapatan, saya memutuskan untuk bergabung dengan tim. Itu akan menjadi salah satu keputusan terbaik dalam hidup saya," ujar Susan dalam keterangan blog.

Baca juga: Kisah Mantan CEO YouTube Susan Wojcicki, Pernah Sewakan Garasi untuk Kantor Pertama Google

 

Tugas Susan di Google

Dikutip dari Britanica, tugas awalnya ketika bekerja di Google adalah menjadi manajer pemasaran untuk menemukan cara menghasilkan pendapatan dari mesin pencari.

Selanjutnya kesuksesan besar datang dengan adanya AdWords, iklan berupa teks yang bisa diklik ketika muncul di halaman pencarian Google.

Beberapa peran kesuksesan Wojcicki selanjutnya adalah terkait periklanan internet dan adanya peluncuran sistem AdSense.

Wojcicki kemudian terlibat dalam peluncuran Google Video pada tahun 2005. Ia juga terlibat saat Google akhirnya membeli YouTube yang merupakan saingan Google Video.

Nama YouTube kemudian tetap dipertahankan meskipun sudah diakusisi oleh Google. Selanjutnya pada tahun 2010, Wojcicki diangkat sebagai Wakil Presiden Senior di Google.

Kemudian ia dipindah ke YouTube untuk menjadi CEO perusahaan pada tahun 2014.

Mengubah YouTube

Dikutip dari Livemint, Wojcicki berperan membuat YouTube lebih mudah diakses oleh pengiklan. Secara bersamaan juga mengelola pembuat video yang membantu memberdayakan situs web hosting video.

Dengan usahanya, YouTube menjadi salah satu produk utama Alphabet dan pada tahun 2022 platform media sosial tersebut menyumbang lebih dari 10 persen pendapatan iklan dari total pendapatan Alphabet.

Walaupun keluar dari YouTube, Wojcicki akan tetap menjadi penasihat Alphabet, perusahaan induk Google.

“Dia visioner, dia melakukan eksekusi yang fenomenal dan dia sangat mendukung wanita lain,” kenang mantan kepala eksekutif Google Cloud,Diane Greene dikutip dari NYTimes

Baca juga: Setelah Google dan Microsoft, Gelombang PHK Kini Dialami Spotify .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi