Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Bisa Mengingat Manusia?

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/ALENA OZEROVA
Ilustrasi apakah kucing bisa mengingat manusia?
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Kucing dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki ingatan yang baik. Meski dalam beberapa hal, mereka hanya bisa mengingat untuk waktu yang singkat.

Ingatan jangka pendek kucing biasanya bertahan sekitar 16 jam. Namun, mereka memiliki ingatan jangka panjang yang bisa bertahan hingga seumur hidup.

Lalu apakah kucing bisa mengingat manusia?

Baca juga: Berapa Lama Kucing Dapat Mengingat Sesuatu?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Ingatan pada kucing

Dilansir dari AnimalPath, kucing memiliki rentang memori jangka pendek hingga memori yang bertahan lama atau ingatan jangka panjang.

1. Ingatan jangka pendek kucing

Ingatan jangka pendek atau memori asosiatif adalah ingatan saat kucing menghubungkan aktivitas tertentu dengan apa yang mereka cium, lihat, atau dengar.

Hal itu akan mempengaruhi apakah mereka memiliki ingatan positif atau negatif tentangnya.

Dalam beberapa penelitian, diketahui kucing memiliki memori jangka pendek yang hanya bertahan satu menit hingga lebih dari 24 jam atau bisa lebih lama.

Baca juga: Berapa Lama Masa Hidup Kucing Tabi?

2. Ingatan jangka panjang kucing

Ingatan jangka panjang atau memori nyata, disebut juga sebagai ingatan episodik. Yakni kemampuan mengingat episode tertentu dari masa lalu.

Biasanya, yang memicu terbentuknya ingatan jangka panjang adalah kejadian-kejadian penting, terutama yang berhubungan dengan makanan, kelangsungan hidup, serta kejadian yang berdampak emosional.

Semua ingatan ini memiliki kekuatan untuk memengaruhi perilaku kucing seumur hidupnya.

Baca juga: 10 Gejala Penyakit Gusi pada Kucing

 

Apakah kucing dapat mengingat orang?

Masih dari laman yang sama, kucing memiliki kecerdasan yang unggul dan struktur otak kucing hampir sekitar 90 persen sama dengan otak manusia.

Struktur fisik otak manusia dan otak kucing sangat mirip karena keduanya memiliki korteks serebral dengan lobus yang sama.

Korteks serebral kucing memiliki sekitar 300 juta neuron dan bertanggung jawab untuk menyimpan memori jangka pendek dan jangka panjang.

Oleh karena itu, kucing dapat mengingat orang yang mereka kenal bahkan selama bertahun-tahun.

Baca juga: 6 Alasan Kucing Malas Makan dan Cara Mengatasinya

Kucing dapat mengingat orang dengan baik, dan semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama mereka, kucing semakin mengingat Anda menggunakan ingatan jangka panjang mereka.

Sedangkan, jika seekor kucing bertemu seseorang untuk pertama kalinya dan hanya berinteraksi satu kali dengan orang tersebut, kucing tersebut akan mengingat orang tersebut selama 16 jam.

Ini merupakan bagian dari ingatan asosiatif kucing yang mereka gunakan setiap hari untuk berinteraksi dengan manusia, kucing lain

Selain menggunakan ingatan asosiatif, kucing juga menggunakan penciuman mereka untuk membantu mendukung kemampuan mereka dalam mengenali orang.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Mengabaikan Pemiliknya

Apakah kucing mengingat kucing lain?

Selain dapat mengingat manusia yang sering atau telah lama berinteraksi dengan mereka, kucing juga dapat mengingat kucing lain, terutama saudara kandungnya.

Biasanya, kucing dan “temannya” saling bertukar aroma sebagai cara untuk mengenali satu sama lain, jika nantinya mereka dipisahkan.

Seekor kucing dapat mengingat kucing lain tergantung pada lamanya waktu mereka bersama. Termasuk juga dampak atau tingkat hubungan mereka satu sama lain selama waktu tersebut.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Benarkah Ratu ELizabeth II Menganugerahkan gelar Kesatria untuk Seekor Kucing?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi