Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Sederhana untuk Mengurangi Rasa Cemas

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/Poike
Tips mengurangi rasa cemas.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Rasa cemas atau anxiety adalah kondisi yang dirasakan seseorang ketika menghadapi situasi atau mengalami hal tertentu yang menimbulkan perasaan takut dan gelisah.

Dilansir dari National Library of Medicine NIH, rasa cemas merupakan reaksi normal terhadap stres, dan rasa cemas juga dapat memberi dorongan energi atau membantu seseorang untuk fokus.

Ketika sedang merasa cemas, seseorang mungkin akan berkeringat, merasa gelisah, tegang, hingga detak jantung menjadi lebih cepat.

Dan ketika kecemasan yang dirasakan berlebihan, dapat menjadi masalah gangguan kecemasan atau anxiety disorder. Hal ini mengakibatkan rasa takut dan gelisah secara terus menerus.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apa Itu Anxiety Disorder? Kenali Penyebab dan Cara Menanganinya


Gangguan kecemasan sendiri adalah kondisi di mana seseorang memiliki kecemasan yang tidak kunjung hilang dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu.

Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengendalikan perasaan cemas atau mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan metode Mindfulness, yakni terapi untuk menenangkan pikiran dan tubuh dengan teknik meditasi.

Baca juga: Jenis Tanaman Herbal untuk Mengatasi Kecemasan Berlebih

Tips mengurangi rasa cemas berlebihan

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa cemas:

1. Lakukan meditasi terbimbing

Saat ini mempelajari meditasi sederhana bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa mempelajarinya sendiri melalui panduan dari aplikasi atau program online.

Ada banyak panduan meditasi gratis secara online yang bisa Anda coba untuk melatih teknik-teknik dasar meditasi.

Anda bisa melakukannya di rumah tanpa perlu mengikuti kelas meditasi yang mahal dan memerlukan banyak waktu.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Meditasi

2. Kurangi rasa cemas dengan jalan-jalan

Berada di luar ruangan menjadi salah satu hal yang baik dalam mengurangi rasa cemas. Lakukan sambil memerhatikan suara di sekitar, merasakan angin, hingga menghirup aroma di sekitar Anda.

Anda bisa memulainya dengan berjalan santai di sekitar rumah. Sebaiknya tidak perlu membawa ponsel untuk memaksimalkan fokus Anda pada indra dan lingkungan sekitar.

Baca juga: 5 Latihan Pernapasan untuk Meredakan Rasa Cemas

3. Fokus pada satu hal dalam satu waktu

Cara untuk mengurangi rasa cemas lainnya adalah dengan tidak melakukan multitasking dalam menyelesaikan sesuatu.

Selain itu, dalam menyelesaikan pekerjaan, sebaiknya hindari memeriksa ponsel, membuka notifikasi, atau menjelajah online.

Anda bisa fokus melakukan satu tugas hingga selesai tanpa perlu melakukan hal lain. Biarkan tugas itu menjadi satu-satunya fokus Anda hingga benar-benar selesai.

Baca juga: Dilanda Kecemasan Jelang Hari Senin, Mengapa Bisa Terjadi?

4. Tinggalkan ponsel Anda

Kurangi penggunaan ponsel jika tidak perlu, seperti ketika Anda duduk untuk makan atau ketika pergi ke kamar mandi. Cobalah untuk menyimpan ponsel di ruangan lain.

Duduk dan bernapaslah dengan santai sebelum Anda mulai makan, kemudian luangkan waktu untuk diri sendiri dan fokus menyelesaikan makanan.

5. Kurangi rasa cemas dengan menyeduh minuman

Salah satu cara sederhan mengurangi rasa cemas adalah dengan menyeduh secangkir teh atau minuman yang memiliki aroma yang menyegarkan.

Anda bisa memulainya dengan fokus pada setiap langkah pembuatan. Bagaimana aroma daun teh yang akan diseduh atau seperti apa air panasnya ketika pertama kali dituang?

Perhatikan uap yang keluar dari cangkir dan rasakan hangat cangkir di tangan Anda. Ketika selesai diseduh, pastikan teh tersebut bisa dinikmati dengan suasana santai tanpa gangguan.

Baca juga: Untuk Penderita Anxiety, Ini Cara Meredakan Kecemasan di Tengah Kabar Duka

6. Jadikan pekerjaan rumah menyenangkan

Daripada merasa kesal dengan banyaknya pekerjaan rumah yang akan dilakukan, cobalah untuk melakukannya dengan santai dan gembira.

Anda bisa mencuci piring sambil bernyanyi, fokus pada air sabun yang mengalir di ubin saat membersihkan kamar mandi, atau menghayal dan memikirkan sesuatu yang menyenangkan saat sedang melipat pakaian.

Baca juga: Punya Gangguan Kecemasan? Lakukan Hal Ini untuk Meringankan Gejalanya

7. Pergi sejenak dari media sosial

Mengurangi atau berhenti sejenak dari media sosial dapat berkontribusi mengurangi rasa cemas yang mengganggu produktivitas Anda.

Ketika akan kembali membuka media sosial, tetapkan batas waktu dan jangan sampai aktivitas itu menghambat ritme kerja Anda karena banyak waktu terkuras untuk melihat timeline.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi