Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Buka Pintu Darurat, Pesawat Lion Air Kupang-Surabaya Batal Terbang

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Lion Air
Ilustrasi Lion Air
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Pesawat Lion Air dari Bandara Eltari Kupang, NTT tujuan Surabaya melalui Bandara Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur, batal terbang. Hal itu setelah seorang penumpang tiba-tiba membuka pintu darurat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebutkan, insiden tersebut terjadi karena ponsel salah satu penumpang tiba-tiba mengeluarkan asap.

Danang menyebtukan, kejadian pada Minggu (26/2/2023) sekitar 06.15 Wita itu membuat pesawat yang harusnya membawa 163 penumpang ke Surabaya menunda penerbangan.

Kronologi kejadian

Danang menyebutkan, kejadian bermula saat seluruh penumpang sudah ada dalam kabin dan pesawat sudah bersiap untuk lepas landas.

"Berdasarkan laporan awal, salah satu penumpang yang duduk di nomor 9D mengaku ponselnya mengeluarkan asap, kemudian ponsel tersebut dilempar ke lantai kabin," kata Danang dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam upaya memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan, senior awak kabin segera menghubungi pilot.

"Pilot menghentikan pergerakan pesawat dan memutuskan kembali ke area parkir pesawat pada posisi semula," sambung Danang.

Namun saat pilot hendak kembali ke lokasi parkir pesawat, salah seorang penumpang disebut secara tiba-tiba membuka pintu darurat.

Keadaan itu membuat semua penumpang dalam pesawat itu diminta turun ke ruang tunggu.

Penyebab ponsel mengeluarkan asap

Selanjutnya tim investigasi dari otoritas penerbangan sipil Indonesia dan Lion Air melakukan proses penyelidikan guna mengetahui penyebab pasti terjadinya insiden ini.

"Saat ini, handphone tersebut dalam tahap pemeriksaan oleh tim ahli untuk menentukan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh regulator penerbangan," kata Danang.

Pihaknya menjelaskan, tindakan pilot untuk kembali ke lokasi menurutnya sudah sesuai prosedur.

Artikel ini telah tayang dengan judul "Ponsel Penumpang Berasap dan Pintu Darurat Dibuka, Lion Air Rute Kupang-Surabaya Batal Berangkat."

Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi