Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi 2 Kecelakaan yang Terjadi di Tol Trans Jawa Sabtu Dini Hari

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON
Dokumentasi Satlantas Polresta Cirebon Jawa Barat pada proses penanganan laka lantas di Km 186.200 Tol Cipali Desa Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (25/2/2023)
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Dua kecelakaan terjadi di tol Trans Jawa, Sabtu (25/2/2023) dini hari. Akibat peristiwa ini total 9 orang meninggal dunia.

Kecelakaan pertama terjadi di ruas Tol Solo-Kertosono KM 512 antara mobil Toyota Innova dan truk tronton Hino pada pukul 03.05 WIB. Dalam kejadian ini, 4 penumpang mobil meninggal dunia.

Sekitar sejam kemudian, kecelakaan antara bus dan truk terjadi di ruas Tol Cipali KM 186. Lima korban dilaporkan meninggal dunia pada kecelakaan yang terjadi pukul 04.50 WIB ini.

Berikut kronologi kecelakaan yang terjadi di Tol Trans Jawa pada Sabtu dini hari kemarin.

Baca juga: 5 Fakta tentang Tol Lingkar Solo yang Mendapat Banyak Penolakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Kronologi kecelakaan Tol Solo-Kertosono

Dilansir dari Kompas.com (25/2/2023), kecelakaan terjadi di Jalan Tol Solo-Kertosono KM 512.8 Jalur B wilayah Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Sabtu (25/2/2023) pada 03.05 WIB.

Kejadian kecelakaan ini melibatkan truk tronton dengan plat nomor E 9342 AD yang dikendarai AAR dan mobil Innova dengan nomor AA 933 FK yang dikemudikan AWR.

Sebelum kejadian, mobil Innova itu membawa 9 orang rombongan Ketua Tanfidziah MWC NU Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah Afan Mufti Hartoni atau Gus Afan sepulang pengajian dari Tulungagung, Jawa Timur.

"Rombongan dari Magelang. Kemudian mereka dari Tulungagung mengikuti pengajian. Sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat (26/2/2023), mereka akan kembali ke Jawa Tengah. Dalam perjalanan, itu terjadilah kecelakaan," kata Wakapolres Karanganyar Kompol Purbo Adjar Waskito di Polres Karanganyar, dikutip dari Kompas.com

Sopir diduga mengantuk

Pada saat kejadian, truk tronton berada di depan mobil Toyota Innova. Kedua kendaraan ini berjalan dari arah timur Kabupaten Ngawi menuju ke arah barat Kota Solo.

Sekitar 03.05 WIB, sopir mobil Innova diduga mengantuk akibat kelelahan. Mobil itu lalu menabrak bagian belakang sebelah kanan truk dengan cukup keras. Tabrakan tersebut bahkan membuat bagian depan mobil ringsek.

Akibat kejadian ini, empat orang meninggal dunia: 

Tiga korban tewas di Tempat Kejadian Perkara (TKP) sementara satu korban meninggal di rumah sakit. Sementara lima penumpang mobil lainnya mengalami luka-luka dan masih menjalani perawatan.

Afan Mufti Hartoni atau akrab disapa Gus Afan merupakan Ketua Tanfidziah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) asal Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah.

Ia dan Anisa Munasifah merupakan anak dari KH. Muhammad Sholikun seorang tokoh Nahdhatul Ulama (NU) di Kabupaten Magelang sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Nurul Hasan Geger.

Baca juga: Bolehkah Moge Masuk Jalan Tol? Simak Penjelasan Berikut...

 

Kronologi kecelakaan di Tol Cipali

Sedangkan kecelakaan kedua terjadi pada Sabtu (25/2/2023) sekitar 04.50 WIB atau kurang dari dua jam setelah kejadian di tol Solo-Kertosono.

Dikutip dari Kompas.com (26/2/2023), kecelakaan terjadi di Tol Cipali Km 186, Desa Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kejadian ini melibatkan bus pariwisata dan truk pengangkut beras.

Kanit Gakkum SatLantas Polresta Cirebon AKP Endang Kusnandar menyampaikan, kecelakaan bermula saat bus pariwisata Habibah Jaya Kencana bernomor polisi K 7031 OB melaju dari arah Banten menuju Yogyakarta.

Bus ini berisikan 60 penumpang dan tiga kru bus.

Saat sedang melaju di tol Cipali Km 186, bus itu tiba-tiba menabrak bagian belakang truk  dengan nomor polisi B 9038 FYT. Hantaman itu cukup keras hingga menyebabkan bagian depan bus rusak parah.

“Yang jelas bus tersebut menabrak bak truk belakang. Laporannya bus ini penuh penumpang, totalnya 63 orang, dan truknya juga bermuatan penuh beras berjumlah 45 ton,” ujar Endang, dilansir dari Kompas.com (26/2/2023).

Kecelakaan ini menyebabkan lima korban meninggal dunia, satu orang mengalami luka berat, dan 11 orang luka ringan. Korban luka menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Mitra Plumbon.

Lima korban meninggal dunia sempat dibawa ke RS Arjawinangun sebelum kemudian dibawa pulang oleh keluarganya Sabtu kemarin.

“Keluarga korban sudah datang, dan setelah seluruh jenazah sudah selesai proses pemulasaran, langsung dibawa ke rumah duka oleh masing-masing keluarga,” lanjut Endang.

Sebanyak lima korban meninggal dunia terdiri dari tiga korban berasal dari Banten sementara dua lainnya asal Jawa Tengah: 

  • Soleh (26) warga Desa Warnasari, Cilegon, Banten,
  • Rosita (29) warga Desa Kebonsari, Citangkil, Kota Cilegon, Banten, dan
  • Pengemudi bus, Entus (48) warda Desa Cimuncang, Serang, Banten,
  • Sabriena (1 tahun)
  • Murwoko (35) warga Bulokerto, Wonogiri.

Sementara itu, sopir dan penumpang truk pengangkut beras dalam kondisi selamat.

Saat ini, Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon Jawa Barat masih melakukan pendalaman atas penyebab kecelakaan maut tersebut.

Baca juga: Daftar 10 Tol Baru yang Akan Dibuka Jelang Nataru

Tol Trans Jawa

Dikutip dari Indonesia.go.id tol Trans Jawa memiliki panjang sekitar 1.167 yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya.

Terdapat total 20 ruas jalan tol. Berikut daftar ruas jalan tol Trans Jawa:

  • Tol Merak-Tangerang
  • Tol Tangerang-Jakarta
  • Tol Jakarta Outer Ring Road
  • Tol Jakarta-Cikampek
  • Tol Cikopo-Palimanan
  • Tol Palimanan-Kanci
  • Tol Kanci-Pejagan
  • Tol Pejagan-Pemalang
  • Tol Pemalang-Batang
  • Tol Batang-Semarang
  • Tol Semarang ABC
  • Tol Semarang-Solo
  • Tol Solo-Ngawi
  • Tol Ngawi-Kertosono
  • Tol Kertosono-Mojokerto
  • Tol Mojokerto-Surabaya
  • Tol Surabaya-Gempol
  • Segmen Porong-Gempol
  • Tol Gempol-Pasuruan (Grati)
  • Tol Gempol-Pandaan

(Sumber: Kompas.com/Kompas TV Cirebon, Muhamad Syahri Romdhon, Fristin Intan Sulistyowati | Editor: Gloria Setyvani Putri, Pythag Kurniati)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi