Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PeduliLindungi Jadi SatuSehat Mobile Mulai Besok, Baru Bisa untuk Pengguna iPhone

Baca di App
Lihat Foto
Zintan Prihatini/KOMPAS.com
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meluncirkan platform SatuSehat yang menyimpan data medis pasien secara terintegrasi.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Setiaji mengatakan, PeduliLindungi akan berubah menjadi SatuSehat Mobile mulai besok, Rabu (1/3/2023).

"PeduliLindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SatuSehat Mobile mulai 1 Maret 2023," kata Setiaji dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Ia menjelaskan, tahap awal pembaruan aplikasi akan ditujukan untuk pengguna IOS atau iPhone.

Bagi pengguna Android, Setiaji menyebut pembaruan akan segera tersedia dalam waktu dekat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurutnya, masyarakat yang sudah mengunduh PeduliLindungi sebelumnya, hanya perlu memperbarui aplikasi melalui Play Store atau App Store.

Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di SatuSehat Mobile, pengguna selanjutnya hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar.

Baca juga: PeduliLindungi Bakal Berubah Jadi SatuSehat, Manfaatnya Apa Saja?

Setiaji memastikan, profil anggota, sertifikat, dan tiket vaksin Covid-19 nantinya akan tersinkronisasi secara otomatis.

"Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SatuSehat Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SatuSehat Mobile," ujarnya.

Fitur baru

Ia menerangkan, SatuSehat Mobile akan dilengkapi dengan fitur baru bernama Diari Kesehatan yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat.

Ada empat kondisi yang akan bisa dicatat pada fitur tersebut, yakni pengukuran tubuh (tinggi dan berat badan), tekanan darah, gula darah dan detak jantung.

Selanjutnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut.

Baca juga: Antisipasi Flu Burung, Pemerintah Diminta Koordinasikan Kemenkes Se-ASEAN di Keketuaan Indonesia

"Dengan adanya fitur diari kesehatan tersebut, SATUSEHAT Mobile dapat membantu dan memberikan informasi hingga memantau kesehatan sesuai dengan kondisi tubuh pengguna," jelas dia.

Selain fitur baru itu, SatuSehat Mobile juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sebelumnya ada di PeduliLindungi.

Fitur-fitur tersebut adalah vaksinasi Covid-19, hasil tes antigen dan PCR, dan pindai QR code saat check-in.

Ke depan, Setiaji menyebut akan menambah berbagai fitur penunjang kesehatan personal lainnya ke dalam SatuSehat Mobile.

Penambahan fitur-fitur ini tentunya bersumber dan terintegrasi dengan rekam medis elektronik (RME) melalui SatuSehat Platform.

"Dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SATUSEHAT Mobile," kata Setiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi