Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Ide Podcast Anti-Mainstream

Baca di App
Lihat Foto
Freepik
Ada beberapa ide podcast yang bisa dicoba jika kamu ingin membuat podcast.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

KOMPAS.com - Akhir-akhir ini, podcast menjadi salah satu media yang cukup digemari oleh masyarakat. Banyak sekali topik yang dibahas dalam podcast, mulai dari hiburan, politik, hingga kesehatan. Terkadang satu topik saja sudah diisi oleh banyak podcaster yang berkualitas dengan keunikannya masing-masing.

Seperti podcast Obsesif milik Medio by KG Media dengan tautan akses dik.si/PodcastObsesif yang memberikan informasi kepada para pendengarnya seputar ilmu pengembangan diri, soft-skills, serta serba-serbi persiapan karier.

Namun, terkadang kita merasa bosan dengan topik-topik yang sudah banyak dibahas dalam podcast. Apakah masih ada ide podcast yang anti-mainstream dan jarang dibahas? Tentu saja ada! Berikut beberapa rekomendasi ide podcast yang mungkin belum banyak dicoba di podcast Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Podcast public speaking

Berbicara di depan publik merupakan salah satu ketakutan yang paling umum dialami oleh banyak orang. Meskipun terdengar sederhana, public speaking memerlukan ilmu tersendiri yang tidak dimiliki oleh semua orang.

Baca juga: Kehabisan Ide Podcast? Lakukan 3 Hal Ini

Oleh karena itu, podcast ini dapat memberikan tips dan trik untuk mengatasi rasa takut saat berbicara di depan publik, serta memberikan contoh-contoh inspiratif dari tokoh-tokoh yang sukses dalam public speaking.

2. Podcast kuliner

Sebenarnya sudah ada beberapa podcast yang mengangkat tema kuliner di Indonesia, tetapi masih banyak sisi unik yang bisa dieksplorasi dari kuliner nusantara yang sangat beragam.

Apalagi, orang-orang kita sangat suka makan. Jadi, kamu bisa coba bikin podcast review makanan, ASMR, atau rekomendasi yang bisa memancing imajinasi sekaligus rasa lapar dari para pendengar.

3. Podcast menulis

Beberapa tahun terakhir, kita dapat dengan mudah menemukan banyak podcast yang berisikan pembacaan cerita, puisi, atau drama audio yang keren-keren. Namun, podcast yang mengajarkan kita cara untuk membuat itu semua, dalam hal ini menulis, sepertinya belum ada.

Jadi, jika kamu punya kemampuan untuk menulis, baik sastra atau nonsastra, kamu bisa coba membantu banyak orang lewat podcast untuk juga bisa melakukannya.

4. Podcast yoga

Yoga adalah salah satu olahraga yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukan yoga yang benar.

Podcast yang membahas tentang yoga dan cara melakukannya dengan benar akan sangat bermanfaat bagi para pendengar yang ingin mengetahui lebih dalam tentang yoga dan manfaatnya.

Podcast ini juga dapat memberikan pandangan yang lebih luas kepada pendengar tentang yoga dan cara mengintegrasikannya ke dalam gaya hidup sehari-hari.

5. Podcast menyanyi

Banyak sekali dari kamu yang punya suara indah dan sangat berbakat menggunakannya. Sementara, banyak orang di luar sana yang sebenarnya memiliki bakat yang sama, tapi mereka belum tahu cara untuk menggunakan dan mengembangkannya dengan tepat.

Podcast ini dapat memberikan tips dan trik latihan menyanyi, serta memberikan contoh-contoh inspiratif dari penyanyi yang sukses.

Baca juga: Bahas Podcast: Perbedaan Audio Interface dan Mixer

Mungkin kamu juga tertarik untuk mencoba ide-ide anti-mainstream ini juga? Dengan mencoba ide-ide yang berbeda, kamu dapat menemukan pasar yang belum terjamah oleh podcaster lain dan memberikan pengalaman yang unik bagi para pendengar.

Jangan ragu untuk mencoba ide-ide yang berbeda dan menemukan potensi yang sebenarnya dalam dirimu.

Kalau kamu masih bingung dalam menggali ide podcast, kamu bisa mengunjungi laman Portcast Indonesia @portcast.id di Instagram.

Portcast akan terus memberikan segala informasi tentang pembuatan podcast sekaligus mengenalkanmu dengan podcast-podcast yang seru dan berkualitas.

Dengarkan pula beragam informasi menarik lainnya lewat kanal podcast milik Medio Podcast Network di Spotify dan YouTube Medio by KG Media.

Medio sendiri memiliki 10 kanal podcast dengan topik yang bisa menyesuaikan kebutuhanmu. Akses sekarang juga selengkapnya melalui tautan berikut linktr.ee/SiniarMedio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi