Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pangeran Harry dan Meghan Markle Diminta Kosongkan Rumahnya di Inggris...

Baca di App
Lihat Foto
AP PHOTO/FRANK AUGSTEIN
Pejalan kaki berjalan di Long Walk, depan Kastil Windsor, dekat Frogmore Cottage rumah Pangeran Harry dan Meghan (Duke and Ducess of Sussex) pada 10 Januari 2022.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle telah diminta untuk mengosongkan rumah mereka yang berada di Frogmore Cottage, di dalam lahan perkebunan Kastil Windsor milik Raja Charles, Inggris.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Duke dan Duchess of Sussex telah diminta untuk mengosongkan kediaman mereka di Frogmore Cottage," kata juru bicara Harry dan Meghan, dikutip dari Sky News, Rabu (1/3/2023).

Diketahui Duke of Sussex merupakan gelar bagi Pangeran Harry. Sedangkan pasangannya bergelar duchess, artinya Duchess of Sussex merupakan gelar Meghan Markle.

Duke merupakan gelar tertinggi di antara semua bangsawan di Inggris, hanya setingkat di bawah raja atau ratu.

Dalam laporan itu mereka mengeklaim bahwa permintaan tersebut sudah disetujui oleh Raja Charles. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle Memutuskan Mundur dari Kerajaan...


Raja Charles menawarkannya kepada Pangeran Andrew

Dikutip dari Reuters, Kamis (2/3/2023), rumah tersebut sebelumnya telah ditawarkan Charles kepada saudaranya Pangeran Andrew.

Pangeran Andrew merupakan adik raja yang terpaksa berhenti dari peran kerajaannya karena hubungannya dengan terpidana pelanggar seks AS, Jeffrey Epstein.

Dalam laporan The Sun mengatakan, Andrew saat ini ingin tinggal di rumahnya sendiri yang berada di Royal Lodge daripada pindah ke Frogmore Cottage.

Keputusan Charles muncul setelah pengungkapan yang memberatkan pasangan itu tentang ayah Harry, kakak laki-lakinya Pangeran William dan bangsawan lainnya dalam memoarnya baru-baru ini, sebuah film dokumenter Netflix dan serangkaian wawancara TV.

Istana Buckingham mengatakan tidak akan mengomentari laporan tersebut. Sumber kerajaan mengatakan diskusi semacam itu akan menjadi masalah pribadi keluarga.

Baca juga: Profil Raja Charles III, Ahli Waris Takhta Ratu Elizabeth II

Awal mula Harry dan Meghan pindah ke Frogmore Cottage

Masih dari sumber yang sama, diketahui bahwa Harry dan Meghan pindah ke Frogmore Cottage yang berada di perkebunan Kastil Windsor sebelah barat London setelah pernikahan mereka pada 2018.

Kemudian, setelah mereka mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada 2020, mereka pindah ke California untuk menjalani kehidupan dan karier baru.

Meskipun begitu, bagi mereka Frogmore Cottage tetap menjadi tempat tinggalnya di Inggris.

Selain itu, Harry dan Meghan juga telah setuju untuk membayar 2,4 juta pound atau sekitar Rp 44 miliar untuk uang pembayaran pajak yang digunakan dalam merenovasi rumah.

Di sisi lain, sepupu Harry Eugenie, putri bungsu Andrew, dan suaminya juga sudah diberikan hak untuk menggunakan properti tersebut setelah Harry dan Meghan pergi, namun dalam laporan The Sun disebutkan bahwa mereka telah pindah.

Baca juga: Mundur dari Kerajaan, Apa Kegiatan Pangeran Harry dan Meghan?

Ketegangan mulai terjadi

Sejak memutuskan untuk pindah ke AS, Harry dan Meghan jarang kembali ke Inggris.

Meskipun begitu, mereka telah menggunakan Frogmore untuk beberapa kali kesempatan saat mereka kembali ke Inggris. Salah satunya dalam perayaan Platinum Jubilee mendiang Ratu Elizabeth tahun lalu.

Sejak saat itu, hubungan antara Harry dan Meghan dengan anggota keluarga lainnya menjadi semakin tegang.

Hal ini menyusul kritik pedas dari para bangsawan dan pembantu mereka dalam buku Harry yang berjudul "Spare", yang berhasil memecahkan rekor kecepatan penjualan.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Resmi Melepas Gelar Kehormatannya

Dalam bukunya tersebut, Pangeran Harry banyak menuliskan tentang detail tentang hubungannya, ayahnya, dan Pangeran William.

Salah satu isi dalam buku tersebut juga menyebutkan bahwa Pangeran Harry meminta ayahnya, Raja Charles, untuk tidak menikahi Camilla, yang saat ini telah menjadi Permaisuri sang raja.

Selain itu, Harry juga mengeklaim bahwa Meghan tidak diundang ke Balmoral saat Ratu Elizabeth II meninggal pada September 2022, dan pernah diserang saudaranya yaitu Pangeran William secara fisik.

Baca juga: 4 Hal soal Meninggalnya Ratu Elizabeth II

BBC INDONESIA Garis suksesi Kerajaan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi