Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Disebut Virus Virtex Dikirim via WA Bikin Ponsel Error

Baca di App
Lihat Foto
Twitter
Tangkapan layar unggahan video yang menyebut soal virus virtex yang dikirim melalui video WA bikin ponsel error. Ini penjelasannya
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah video rekaman CCTV yang dikirim melalui WhatsApp disebut-sebut bisa membuat ponsel penerimanya error atau 'hang'. 

Warganet menyebut kriman video itu sebagai video Bjorka atau video Virtex WA.

"Ga lucu banget sama orang yang buat sw video virtex(?) virtek(?) gini, bikin HP orang ngelag berjam jamm. mau kerja malah ke ganggu. NORAK," ungkap akun @tanyakanrl.

Tak hanya di Twitter, video CCTV yang membuat ponsel eror ini juga dibahas di sejumlah akun media sosial TikTok salah satunya unggahan berikut.

"Prank cctv bjorka dicafe yg bikin hp lag," katya akun @kipas_duduk.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang menyebabkan ponsel penerima video CCT tersebut error? Apa itu virtex yang dikirim via WhatsApp? 

Penjelasan ahli

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya meyakini bahwa video tersebut merupakan virtex. Namun menurutnya video tersebut bukan karena virtex (virus text) tapi lebih kepada virtex (virtual text).

"Virtex itu adalah Virtual Text, sejenis coding yang dirancang sedemikian rupa untuk membuat aplikasi Whatsapp hang karena tidak mampu menangani coding yang dikirimkan melalui WhatsApp," kata Alfons kepada Kompas.com, (9/3/2023).

Ia menjelaskan, virtex bukanlah virus namun merupakan sekumpulan kode.

"Tapi kalau dari kasus video yang beredar adalah murni video yang dirancang sedemikan rupa sehingga menyebabkan lag atau hang pada ponsel tertentu dengan keterbatasan spek," kata dia.

Virtex menurutnya bisa menyebabkan ponsel error jika tidak memiliki kapasitas resource yang cukup. 

Selain itu, dampak dari virtex hanya membuat ponsel crash dan hang, namun tidak ada payload yang lain.

Menurut Alfons, virtex bisa diselipkan pada berbagai macam media di Whatsapp seperti : emoji, gambar, video, teks berbahasa arab, atau shareloc dan akan menimbulkan error.

Kapasitas RAM tidak cukup

Di sisi lain dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana menilai video yang viral tersebut bukanlah virtex (virus text).

Namun ponsel penerima mengalami error lantaran resource atau memori RAM ponsel yang tidak cukup.

"Itu bukan virtex (virus text). Tapi resource (memori RAM) di ponsel yang kurang atau habis untuk memproses playing atau streaming video tersebut," kata Rosihanari dihubungi Kompas.com (9/3/2023).

Selain itu penyebab yang lain juga bisa terjadi kemungkinan karena ruang memori untuk menyimpan data cache habis dan juga karena kemungkinan resolusi video terlalu besar.

"Bisa jadi resolusi videonya besar sehingga file sizenya juga besar. Sehingga resource yang diperlukan untuk ngeplay atau streaming video tersebut juga besar," ujarnya.

Cara mengatasi ponsel error karena virtex

Cara mengatasi ponsel yang erorr saat memainkan video bisa dengan melakukan restart ulang. 

Selain itu pengguna juga bisa menghapus pesan WhatsApp yang didapatkannya, atau memblokir nomor ponsel yang tidak dikenal dan mencurigakan.

Baca juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Bisukan Nomor Tak Dikenal, Begini Caranya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi