Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Kucing Lynx, Hewan Pemburu yang Terancam Punah

Baca di App
Lihat Foto
iStockphoto/Klaus Brauner
Jenis-jenis kucing Lynx.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Lynx adalah kucing liar yang hidup soliter dan umum ditemui di hutan Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Ciri khas Lynx adalah rambut yang menonjol di atas telinganya, juga memiliki ekor yang pendek, gemuk, dan ujung berwarna hitam.

Dilansir dari National Geographic, Lynx umumnya berwarna coklat muda, merah, atau abu-abu dengan bintik-bintik gelap yang berfungsi untuk kamuflase.

Bulu kucing Lynx akan tumbuh lebih tebal di musim dingin untuk membuat mereka tetap hangat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengenal Lynx, Kucing Liar yang Diburu di Swedia

Jenis kucing liar ini sangat mudah dikenali dari jumbai rambut di ujung telinga, bulu seperti janggut di sekitar pipi, dan ekor pendek dengan ujung hitam.

Lynx adalah pemburu yang terampil berkat pendengaran dan penglihatannya yang sangat baik. Bahkan mereka dapat melihat mangsa dari jarak 76 meter.

Namun, hewan ini dikabarkan terancam punah. Dikutip dari Wildcat Conservation, jenis Iberian Lynx merupakan salah satu spesies kucing liar yang paling terancam punah di dunia.

Jenis kucing Lynx

Ada empat spesies kucing Lynx, yakni Eurasian dan Iberian Lynx yang umum ditemukan di Eropa Barat dan Asia Tengah. Lalu ada Canada Lynx dan Bobcat yang hidup di Amerika Utara.

Dilansir dari Britannica, berikut adalah 4 jenis Lynx:

1. Bobcat

Bobcat (Lynx rufus) atau Bay Lynx adalah spesies Lynx yang paling kecil, ukurannya hampir sama dengan kucing domestik besar.

Jenis ini memiliki berat sekitar 9 hingga 12 kilogram dengan tinggi bahu 45 hingga 58 sentimeter. Bahkan beberapa bisa tumbuh hingga 65 - 70 sentimeter.

Bobcat umumnya ditemui dalam berbagai warna bulu, mulai dari kuning, abu-abu, hingga coklat kemerahan dengan ciri khas memiliki garis-garis dan bintik-bintik gelap.

Selain itu, spesies Lynx Bobcat memiliki ekor pendek dengan ujung berwarna hitam. Ukuran ekornya yang pendek ini menjadi alasan kenapa jenis ini diberi nama Bobcat.

Baca juga: Hampir Punah, Swedia Justru Beri Izin Perburuan Kucing Lynx

 

 

2. Canada Lynx

Canada Lynx (Lynx canadensis) sekilas penampilannya mirip dengan jenis Bobcat. Namun jenis ini memiliki kaki yang lebih panjang dan lebar, jumbai telinga lebih panjang, dan ekor yang lebih menonjol.

Berat Canada Lynx dewasa berkisar antara 8,0 hingga 17,3 kilogram dengan panjang antara 67 hingga 107 sentimeter. Rata-rata tinggi bahunya adalah 61 sentimeter.

3. Eurasian lynx

Eurasian Lynx (Lynx lynx) adalah yang paling besar dibanding spesies Lynx lainnya. Jenis ini juga menjadi predator terbesar ketiga di Eropa.

Berat Eurasian Lynx dewasa berkisar antara 18 hingga 36 kilogram dengan panjang berkisar antara 70 hingga 130 sentimeter.

Ketika berdiri, Eurasian Lynx memiliki tinggi bahu antara 60 hingga 71 sentimeter.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Devon Rex, Karakteristik dan Cara Perawatannya

4. Iberian Lynx

Iberian Lynx (Lynx pardinus), yang juga dikenal dengan sebutan Lynx Spanyol atau Lynx Pardel, memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Eurasian Lynx

Namun Iberian Lynx memiliki ukuran yang lebih kecil, ekor lebih pendek, dan memiliki bulu panjang-putih, seperti janggut di bawah dagunya.

Iberian Lynx dewasa memiliki berat sekitar 10 hingga 15 kilogram dan dapat tumbuh hingga panjang 80 - 130 cm. Spesies kucing Lynx ini juga memiliki tinggi bahu 45 hingga 70 sentimeter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi