Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Video Abdi Dalem Keraton Jogja Berkendara Tanpa Helm, Benarkah Bebas Tilang?

Baca di App
Lihat Foto
TikTok/@daya_hadid
Tangkapan layar video TikTok soal Abdi Dalem Keraton Jogja tidak mengenakan helm saat berkendara
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan sosok Abdi Dalem estri atau perempuan di Keraton Yogyakarta tengah berkendara tanpa mengenakan helm, ramai di media sosial.

Video tersebut direkam dan diunggah oleh akun TikTok @daya_hadid, pada Selasa (7/3/2023).

Tampak dalam video, meski tidak mengenakan helm, Abdi Dalem perempuan dengan busana berwarna hitam tersebut tetap membawa dan meletakan helmnya di sisi belakang sepeda motor.

"ABDI DALEM KRATON JOGJA," tulis pengunggah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanggapi video tersebut, beberapa pengunggah pun menyorot Abdi Dalem yang tak ditilang polisi meski tidak mengenakan helm tersebut.

"Abdi dalem Keraton Jogja emang begitu ga pake helm cuma sanggulan/blangkon tp belum pernah ngeliat mereka ditilang," tulis salah satu warganet.

"Yang jelas abdi dalem bebas polisi ketika mengenakan pakaian dan atribut adat saat naik motor," kata warganet lain.

"Lolos e-tilang," timpal warganet lain.

Hingga Senin (13/3/2023) sore, video ini telah ditonton lebih dari 2,4 juta dan disukai oleh lebih dari 246.000 pengguna.

Baca juga: Benarkah Naik Motor Pakai Sandal Jepit Bakal Ditilang? Ini Kata Polisi


Penjelasan pengunggah

Saat dikonfirmasi, pemilik video yang bernama Daya Hadid ini mengatakan, video tersebut direkam pada Kamis (2/3/2023).

Daya menerangkan, dia mengetahui pengendara dalam video adalah seorang Abdi Dalem Keraton Jogja lantaran gaya berbusananya.

"Ya saya tahu kalau itu abdi dalem karena saya melihat pakaiannya," kata pemilik akun Instagram @daya_hadid ini, kepada Kompas.com, Senin (13/3/2023).

Dikutip dari laman Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, salah satu busana Abdi Dalem estri adalah janggan hitam, baju dengan model menyerupai surjan dilengkapi kancing hingga menutup leher.

Warna kain yang digunakan haruslah hitam, baik polos maupun bermotif kembang batu. Namun demikian, tidak diperkenankan menggunakan bahan brokat.

Pakaian ini digunakan pada waktu dan acara tertentu, seperti Hajad Dalem atau pun caos bekti bagi Abdi Dalem Estri Punakawan.

Lalu, benarkah Abdi Dalem Keraton Yogyakarta bebas tilang saat berkendara?

Baca juga: Viral, Video WNA Naik Motor Tanpa Helm Menolak Saat Ditilang Polisi, Ini Kata Polda Bali

Tidak bebas tilang

Direktur Lalu lintas (Dirlantas) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kombes Pol Alfian Nurrizal menjelaskan, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta tidak bebas tilang saat berkendara.

"Tidak ada (bebas tilang untuk Abdi Dalem Keraton Jogja)," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Berkaitan dengan pelanggaran kasat mata seperti dalam video, Alfian mengatakan bahwa Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY akan menindaklanjutinya.

Tindak lanjut tersebut, menurutnya, tetap akan mengedepankan tindakan hukum secara terukur dengan tidak meninggalkan kearifan lokal.

"Penindakan dengan menggunakan kamera ETLE baik mobile maupun statis juga kami kedepankan untuk menciptakan kamseltibcarlantas," tutur Alfian.

Adapun sebagai informasi, kamseltibcarlantas merupakan kepanjangan dari keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Kamseltibcarlantas merujuk pada situasi dan kondisi saat penggunaan lalu lintas dirasa baik, serta merasa aman karena terbebas dari rasa ketakutan, ancaman, hambatan, atau gangguan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi