Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Buka Mudik Gratis 2023 via Kapal Laut, Kapan Pendaftaran Dibuka?

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/AJI STYAWAN
Foto udara Kapal Motor (KM) Dobonsolo asal Tanjung Priok yang mengangkut peserta program mudik gratis sepeda motor asal Tanjung Priok, Jakarta bersandar di dermaga Terminal Penumpang Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). Sebanyak 413 penumpang dan 197 sepeda motor peserta program mudik gratis yang turun di pelabuhan tersebut kemudian melanjutkan perjalanan ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah menggunakan sepeda motor.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan program mudik gratis dengan moda transportasi laut untuk Lebaran 2023.

Saat dikonfirmasi, Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jendral Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Sriyadi membenarkan program pulang kampung ini.

Namun demikian, pihaknya hingga kini masih mempersiapkan launching mudik gratis via kapal laut.

"Saat ini sedang persiapan launching mudik gratisnya. Ditunggu ya," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sriyadi melanjutkan, untuk sementara, Ditjen Hubla Kemenhub masih menunggu kesiapan aplikasi pendaftaran mudik gratis 2023.

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi mudik gratis 2023, bisa memantau di laman resmi Kemenhub.

"Di mudikgratis.dephub.go.id," imbuhnya.

Baca juga: Mudik Gratis Kemenhub 2023: Syarat, Cara Daftar, Tujuan, dan Jadwal Keberangkatan


Kuota mudik gratis via kapal laut 2023

Dikutip dari laman Kemenhub, program mudik gratis dalam rangka angkutan Lebaran 2023 diselenggarakan melalui tiga jalur, yakni darat, laut, dan kereta api.

Masyarakat yang ingin menjadi peserta mudik gratis dapat mendaftar secara daring melalui website mudikgratis.dephub.go.id dan aplikasi.

Bisa juga mendaftar secara luring atau offline yang akan dibuka di Kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan di beberapa simpul transportasi maupun titik lain.

Khusus mudik gratis dengan kapal laut, Kemenhub menyediakan kuota untuk 5.000 penumpang.

Bukan hanya orang, sepeda motor milik peserta juga bisa ikut diangkut menggunakan kapal. Khusus kendaraan roda dua, Kemenhub membuka kapasitas hingga 2.500 motor.

Baca juga: Link Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2023

Rencana waktu pendaftaran dan keberangkatan

Semula, pendaftaran mudik gratis Kemenhub dengan moda kapal laut ini akan dibuka mulai hari ini, 15 Maret 2023 dan ditutup pada 13 April 2023.

Namun, seperti keterangan Sriyadi, hingga kini pihaknya masih mempersiapkan peluncuran program.

Adapun untuk jadwal keberangkatan, akan diselenggarakan mulai 15 dan 17 April 2023 untuk arus mudik.

Sementara untuk arus balik, akan dilakukan mulai 25 dan 28 April 2023.

Baca juga: Cara Daftar Program Motis 2023 Hari Ini, Angkut Motor Gratis ke Kampung Halaman

Mudik gratis untuk mengurangi pemotor

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor.

Sebab, perjalanan pulang kampung menggunakan kendaraan roda dua sangat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," ujar Budi di Jakarta, Senin (13/3/2023).

Budi menjelaskan, program mudik gratis bertujuan untuk mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Tahun ini, menurut dia, pengguna sepeda motor diprediksi mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total prediksi pemudik 2023 yang mencapai 123,8 juta orang.

"Kita lihat penggunaan sepeda motor untuk mudik pada tahun ini masih cukup tinggi. Walaupun dengan berbagai alasan kemudahan, tetapi tetap keselamatannya tidak terjamin," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi