Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan 2023? Ini Jadwalnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com / AJI YK PUTRA
Petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan memantau hilal di lantai 7 Gedung Universitas Islam Negeri (UIN) Palembang, Senin (12/4/2021). Dari pantauan tersebut, petugas tak dapat melihat hilal lantaran tertutup awan. Pemerintah melalui Kemenag RI telah memutuskan awal puasa atau 1 Ramadhan 1442 Hijriah di Indonesia jatuh pada Selasa (13/4/2021).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kapan tanggal mulai puasa atau memasuki bulan Ramadhan tahun 2023, jadi pertanyaan sebagian besar umat Islam di Indonesia. 

Sebab puasa Ramadhan 1444 Hijriah atau tahun 2023 Masehi sedang dinanti-nanti kedatangannya. 

Namun sebelumnya untuk menentukan kapan puasa, Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan Sidang Isbat (penetapan) awal Ramadhan 1444 Hijriah terlebih dahulu.

Baca juga: Kapan Puasa dan Tanggal Berapa? Ini Jadwal Sidang Isbat Kemenag RI

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Isbat dilakukan dengan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan di sejumlah titik lokasi di seluruh Indonesia.

Selain itu, pelaksanaan Sidang Isbat ini akan melibatkan tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan rangkaian sidang akan mengundang sejumlah ormas Islam.

Kapan pelaksanaan Sidang Isbat awal puasa Ramadhan?

Dikutip dari laman Kemenag, Sidang Isbat penentuan tanggal awal puasa Ramadhan 2023 akan digelar pada Rabu (22/3/2023).

"Seperti biasa, Sidang Isbat awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Muhammad Adib.

Kepala Seksi Humas Kementerian Agama Khoiron Durori dikonfirmasi Kamis (16/3/2023)  mengatakan tak ada perubahan jadwal Sidang Isbat, sehingga tetap dilaksanakan pada Rabu (22/3/2023).

"Ya (tak ada perubahan)," kata dia.

Nantinya pelaksanaan Sidang Isbat Awal Ramadhan tahun 2023 ini akan digelar secara hybrid atau gabungan antara daring dan luring.

Sidang Isbat akan mengundang Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan lainnya.

Baca juga: Jadwal dan Link Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2023

Tahapan Sidang Isbat

Pelaksanaan Siang Isbat nantinya akan dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yakni seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Selanjutnya, pemaparan akan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag pada pukul 17.00 WIB dengan sifat terbuka untuk umum. Pada tahap kedua Adib menyampaikan, akan dilakukan Sidang Isbat penetapan awal ramadhan 1444 H.

"Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum," ujar Adib.

Sedangkan sesi terakhir nantinya akan ada telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI maupun media lainnya.

Terdapat 123 titik rukyatul hilal Kemenag untuk menentukan awal Ramadhan 2023, yang lokasinya bisa disimak melalui link berikut.

Baca juga: Kapan Waktu Niat Puasa Ramadhan, Perlu Dilakukan Setiap Hari?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi