Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Bisa Tingkatkan Kewaspadaan dan Fungsi Otak

Baca di App
Lihat Foto
shixugang
Kebiasaan minum di pagi hari yang bisa membantu menyehatkan usus.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kopi merupakan minuman berkafein yang bisa dinikmati berbagai kalangan, mulai dari remaja, dewasa, hingga orang tua.

Terkadang, beberapa orang memiliki kebiasaan menyeruput secangkir kopi hangat di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Ini karena, kopi dikenal memiliki sederet manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat minum kopi di pagi hari adalah membuat seseorang tetap terjaga dan siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat minum kopi di pagi hari yang bisa Anda dapatkan:

Baca juga: 6 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Dalam Minuman Kopi, Apa Saja?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1. Mingkatkan energi dan suasana hati

Dilansir dari Scitech Daily, beberapa penelitian menunjukkan tentang apa yang dirasakan kebanyakan orang ketika mereka minum kopi.

Seseorang yang minum kopi di pagi hari, dapat membantu mereka lebih terjaga dan waspada untuk menjalani aktivitas di pagi harinya.

Karena itu, tidak heran jika kebanyaakan orang memiliki budaya minum kopi di pagi hari sebelum mereka bersiap menjalani hari. 

Baca juga: Mengapa Pusing Setelah Minum Kopi?

2. Membantu penurunan berat badan

Kopi mengandung kafein yang dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Penelitian yang dilakukan di University of Georgia menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat berdiet mengalami peningkatan energi yang menyebabkan berkurangnya rasa lapar.

Sementara itu, di beberapa penelitian lain juga menunjukkan hasil yang serupa. 

Institut Penelitian Medis Australia Barat mempelajari efek kopi pada berat badan dan menemukan bahwa kopi dapat membantu menurunkan berat badan atau menambah berat badan.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Minum Kopi Dikaitkan dengan Penurunan Berat Badan

3. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat minum kopi di pagi hari yang tidak boleh dilewatkan adalah kopi dapat meningkatkan fungsi otak.

Kopi mengandung antioksidan dan kafein yang bersifat stimultan. Hal ini berarti, kafein segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah seseorang minum kopi.

Salah satu penelitian telah menemukan bahwa minum kopi setiap hari dapat membantu melindungi otak dari penurunan terkait usia.

Selain itu, di beberapa penelitian lainnya menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi. Dengan kata lain, kopi bisa membantu seseorang untuk fokus dan tetap waspada.

Sementara itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif. Namun, studi skala besar yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kopi sebenarnya bisa memperlambat proses mental.

Baca juga: 7 Mitos tentang Minum Kopi, Apa Saja?

4. Melindungi organ hati

Kopi dapat melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilaporkan oleh Institut Kesehatan Nasional AS, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Selain itu, tinjauan studi klinis menemukan bahwa minum kopi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner.

Beberapa penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa kopi dapat meningkatkan tekanan darah, sementara itu pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah.

Bagaimana tepatnya kopi bisa melindungi jantung masih belum jelas. Namun, para ahli percaya bahwa kopi dapat bekerja dengan menurunkan volume darah.

Dengan kata lain, kopi bisa bertanggung jawab untuk melindungi jantung karena menurunkan volume darah.

Baca juga: 5 Kedai Kopi Tertua di Dunia yang Sudah Ada sejak Ratusan Tahun yang Lalu, Mana Saja?

5. Meningkatkan stabilitas dan keseimbangan

Kopi bisa menjadi alat yang hebat untuk menstabilkan kesehatan mental seseorang. Misalnya, kafein dapat membantu seseorang agar tetap tenang saat merasa cemas atau stres.

Demikian pula, kafein juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi seseorang yang berguna untuk tetap fokus pada studi atau pekerjaan.

6. Meningkatkan kapasitas kinerja fisik

Dikutip dari Kompas.com (4/12/2020), minum kopi di pagi hari memiliki manfaat yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik sampai 12 persen.

Asupan minuman berkafein seperti kopi dapat meningkatkan adrenalin dalam darah. Sehingga, tubuh lebih siap beraktivitas fisik intens.

Hal itu dipengaruhi efek kafein yang dapat memecah lemak di tubuh. Dampaknya, tubuh jadi memiliki bahan bakar ekstra dari metabolisme lemak.

Seseorang yang ingin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik intens disarankan minum kopi hitam sekitar setengah jam sebelumnya.

Baca juga: 12 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi, Berapa Jumlah Asupan Hariannya?

7. Menurunkan risiko kanker hati dan kolorektal

Potensi manfaat minum kopi di pagi hari lainnya yakni dapat mencegah kanker hati dan kolorektal. Kedua jenis kanker di atas merupakan termasuk ke dalam 10 besar penyebab kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Ahli menyarankan waktu minum kopi atau minuman berkafein disesuaikan dengam ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan, sampai mengendalikan hormon stres (kortisol).

Waktu terbaik minum kopi di pagi hari adalah saat kadar kortisol sedang rendah. Momentum ini tidak terjadi ketika seseorang baru bangun tidur di pagi hari.

Sebagai contoh, orang yang bangun sekitar pukul 06.00 pagi, kadar kortisol baru turun selang dua sampai tiga jam kemudian, atau pukul 08.00-09.00 pagi.

Dengan mempertimbangkan patokan tersebut, seseorang yang bangun pukul 06.00 pagi disarankan minum kopi saat level kortisol dalam tubuh sedang rendah, yakni pukul 09.30-11.30.

Baca juga: 6 Bahan yang Sebaiknya Tidak Ditambahkan ke Dalam Minuman Kopi, Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi