Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Arti Gender Netral, Trending di Twitter Berkat Anak Nadya Hutagalung

Baca di App
Lihat Foto
Nadya Hutagalung
Potret Nadya Hutagalung bersama Alex anaknya yang gender netral.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

 

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mengomentari keputusan anak dari model Nadya Hutagalung untuk ganti nama dan menjadi gender netral viral di media sosial Twitter.

Pada Senin (20/3/2023), seorang warganet melalui akun Twitter ini membagikan foto Nyla bersama sang ibu, Nadya Hutagalung.

Dalam tulisan itu, disebutkan kalau Nyla akan berganti nama menjadi Alex dan menjadi gender netral.

"Mau nanya kalau gender netral itu cuma berlaku untuk sosial sepergaulan aja atau instansi resmi? Kalau misal dia dipanggil secara resmi di acara-acara penting gitu pronounce-nya kan bukan she/her tapi pakai them," ujar pengunggah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggahan ini kemudian ramai dikomentari oleh para warganet lainnya.

"Gender netral itu buat apaan?" tanya akun ini.

"Ngadopsi Barat tuh ya yg bagus², bukan ideologi gender kgk jelas," tambah akun ini.

"Cuma berlaku di sosial media, di dunia nyata cuma ada dua male or female mau bikin sim dll cuma dia pilihan itu," tulis akun ini.

Hingga Rabu (22/3/2023) siang, unggahan tersebut telah tayang 2,9 juta kali, disukai 12.900 pengguna Twitter, dan di-retweet 1.274 kali.

Lalu, apa itu gender netral?

Baca juga: Viral, Video Mahasiswa Dikeluarkan Ruangan Usai Mengaku Gender Netral, Ini Penjelasan Unhas


Gender vs seks

Sebagian orang mungkin menganggap gender dan seks sebagai dua istilah yang sama. Namun, menurut Medical News Today, hal ini tidak benar.

Istilah "seks" menunjukkan perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan. Umumnya, status seks seseorang muncul sejak lahir berdasarkan karakteristik fisiologis, termasuk alat kelamin dan komposisi kromosomnya.

Di sisi lain, "gender" berkaitan dengan cara seseorang mengidentifikasikan dirinya. Tidak seperti jenis kelamin atau seks, gender tidak terdiri dari bentuk yang pasti ada sejak lahir.

Gender terdiri dari spektrum yang luas. Seseorang mungkin menganggap dirinya memiliki jenis kelamin dan gender yang berbeda. Identitas ini mungkin termasuk transgender, non-biner, atau gender netral.

Baca juga: Benarkah Produk Perawatan Kulit Mengenal Gender? Ini Kata dr. Tompi

Gender netral

Dilansir dari Institut Kesetaraan Gender di Eropa atau EIGE, istilah "gender netral" menunjukkan bahwa sesuatu bukanlah bagian dari wanita atau pria, sesuai jenis kelaminnya.

Biasanya, istilah ini digunakan untuk merujuk pada berbagai aspek seperti gaya hidupnya atau cara berbahasa.

Menurut anggota program Phd Universitas Walden jurusan Psikologis Klinis Tracy Marsh, karena tidak menganggap dirinya sebagai pria atau wanita, orang-orang yang gender netral menggunakan kata sapaan "them" atau "kalian" dalam bahasa Indonesia.

Kata ini menggantikan "he" dan "she" yang dalam bahasa Inggris ditujukan kepada orang dengan satu jenis kelamin, laki-laki atau perempuan.

"Kata ganti adalah jalan pintas yang kita gunakan untuk mengidentifikasi diri kita sendiri dan orang lain tanpa secara khusus menggunakan nama yang diberikan," katanya, dikutip dari Women's Health.

Berikut kata ganti gender netral yang sering digunakan:

  • They, Them, Their (mereka)
  • Ze/Zie, Zir, Zirs
  • Sie, Hir, Hirs
  • E, Es, Em
  • Xe, Xem, Xyr
  • Tey, Ter, Tem
  • Ey/Em/Eir
  • Mx
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi