Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Nyamuk dari Dalam Rumah secara Alami

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Gambar nyamuk
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Meski hanya memiliki ukuran badan sekitar 3,5 sampai 5 milimeter, nyamuk sangat menganggu karena suara dengungannya yang berisik dan gigitannya yang membuat gatal.

Sayangnya, serangga ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan kemampuan terbang yang cepat, sekitar 1,6 hingga 2,4 km/jam.

Hal ini membuat kita sulit menangkap nyamuk yang terbang di sekeliling kita.

Padahal selain menganggu, nyamuk juga dapat mengancam kesehatan manusia karena bisa menularkan penyakit.

Untuk mencegah itu, berikut cara mengusir nyamuk yang berada di dalam rumah kita.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Mengusir Tokek yang Berisik di Dalam Rumah


Bahaya nyamuk

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), gigitan nyamuk dapat menyebabkan iritasi berkat adanya reaksi alergi di kulit terhadap air liur nyamuk.

Kondisi inilah yang menyebabkan kulit akan bentol merah dan gatal setelah digigit nyamuk.

Kenyataannya, gigitan nyamuk memiliki risiko yang lebih serius daripada gatal.

Beberapa gigitan nyamuk dapat menularkan penyakit dan virus serius seperti malaria, virus dengue, Zika dan virus West Nile. Pasien yang terkena virus tersebut dapat mengalami kecacatan dan efek lainnya yang berpotensi mematikan.

Nyamuk tidak hanya dapat membawa penyakit yang menimpa manusia.

Serangga ini juga dapat menularkan beberapa penyakit dan parasit yang sangat rentan terhadap anjing dan kuda. Ini termasuk cacing hati anjing, ensefalitis kuda timur, dan virus West Nile.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak Tanpa Menyentuhnya

Cara mengusir nyamuk dari rumah

Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA
Ilustrasi cara mengusir nyamuk.
1. Bersihkan genangan air

Dilansir dari Forbes, cara paling fektif untuk membasmi nyamuk dan mencegahnya datang lagi adalah dengan menghilangkan atau membersihkan genangan air di halaman rumah secara teratur.

Keringkan wadah yang dapat menampung air atau pastikan tertutup rapat. Ini dilakukan untuk mencegah nyamuk berkembang biak di tempat itu.

2. Bersihkan talang air

Talang air yang tersumbat bisa menjadi wadah air hujan yang menimbulkan genangan air. Talang ini biasanya juga dijatuhi daun dan ranting sehingga menghasilkan nutrisi organik sempurna bagi nyamuk.

Karena itu, direkomendasikan membersihkan talang air dua kali setahun jika memungkinkan. Tindakan ini dilakukan untuk mencegah nyamuk berkembang biak dan masuk rumah.

3. Pasang kipas angin dan serai

Kipas dan lilin serai adalah cara yang bagus untuk mengusir nyamuk di area sempit.

Kipas angin yang mengalirkan udara akan membingungkan serangga dan mempersulit mereka untuk terbang. Alat ini juga menyebarkan karbon dioksida yang dihembuskan manusia sehingga menyulitkan nyamuk menemukan target mereka.

Sedangkan serai menghasilkan bau yang menjijikkan bagi nyamuk. Jika diletakkan dekat kipas, anginnya akan mengusir nyamuk. Letakkanlah di tengah meja makan untuk membasmi nyamuk.

4. Gunakan semprotan alami

Agar bebas bahan kimia, cobalah tanam tanaman pembasmi nyamuk atau gunakan minyak esensial yang berasal dari tanaman pengusir nyamuk seperti serai, peppermint, rosemary, basil, dan lavender.

Menanam tumbuhan ini di sekitar halaman rumah dapat mengurangi populasi nyamuk.

Selain itu, bisa juga dengan cara mencampurkan minyak esensial dari tanaman ini ke dalam air untuk membuat semprotan alami pembasmi serangga.

Baca juga: Cara Mengusir Lalat Buah yang Mengganggu

5. Cegah nyamuk masuk rumah

Dikutip dari India Today, agar rumah bebas nyamuk, hal yang harus dilakukan adalah memastikan serangga itu tidak masuk ke dalam rumah.

Caranya, tutup rapat semua pintu dan jendela saat sore hari atau pasang jaring di saluran udara yang terbuka. Hal ini akan mencegah nyamuk masuk apalagi di malam hari.

6. Taruh irisan lemon dan cengkih

Nyamuk benci bau cengkih dan jeruk. Hal ini bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk.

Caranya, iris lemon menjadi dua dan masukkan cengkih ke dalam kedua bagiannya. Lalu, simpan sepiring lemon dan cengkih ini di sekitar rumah.

7. Semprotan bawang putih

Semprotan bawang putih adalah cara sederhana yang sangat bagus untuk membuat rumah bebas nyamuk. Bau bawang ini bisa menyengat dan membunuh nyamuk secara instan.

Caranya, hancurkan atau cincang beberapa siung bawang putih dan rebus dalam air selama beberapa waktu. Tuangkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke sekeliling rumah untuk mengendalikan nyamuk di rumah.

8. Gunakan jebakan sabun

Sepiring air sabun bisa mengusir nyamuk di dalam ruangan. Ini karena nyamuk tertarik dengan air. Begitu mereka duduk di piring berisi air sabun ini, mereka akan terperangkap dalam gelembung dan mati.

Pastikan piring berisi cukup sabun dan ditutupi gelembung. Bisa menggunakan sabun pencuci piring atau detergen untuk membuat jebakan ini.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Metamorfosis nyamuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi