Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasihat Keamanan Nasional Korsel Mundur gara-gara Tak Sampaikan Undangan untuk Blackpink

Baca di App
Lihat Foto
Soompi
Perpaduan garang dan feminin, outfit konser Born Pink BLACKPINK memiliki detail militer dan elemen emas yang mengingatkan pada era Kill this Love mereka.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - Penasihat keamanan nasional Korea Selatan (Korsel) Kim Sung-han memilih mundur dari jabatannya setelah terbukti mengabaikan undangan untuk Blackpink yang rencananya tampil di Amerika Serikat (AS).

Undangan tersebut diberikan oleh Ibu Negara AS Jill Biden yang tertarik dengan K-Pop dan menawari Blackpink berkolaborasi dengan Lady Gaga.

Jill mengundang Blackpink untuk tampil bersama Gaga pada makan malam kenegaraan dalam pertemuan Korsel-AS pada April mendatang.

Sayangnya, undangan untuk Blackpink tersebut tidak disampaikan oleh Kim kepada Presiden Korsel Yoon Suk-yeol.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Padahal, K-Pop membawa nama Korsel di kancah internasional sekaligus menjadi alat diplomasi dengan negara lain.

Baca juga: Makna Visual Video Teaser Album Debut Jisoo Blackpink

Presiden Korsel marah

Dilansir dari Korea Herald, datangnya undangan dari Jill kepada Blackpink sebenarnya sudah diketahui oleh banyak pejabat pemerintahan Korsel.

Tetapi, Yoon sama sekali tidak mengetahui hal ini yang berujung pada pengunduran diri Kim.

Kim memutuskan untuk mengundurkan diri pada Rabu (29/3/2023) lalu dengan alasan tidak ingin membebani pemerintahan Yoon.

Padahal, Yoon dan Kim adalah sosok yang dekat karena keduanya sudah saling mengenal sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Kim didapuk sebagai penasihat keamanan nasional pada tahun lalu dan ikut berperan dalam kampanye Yoon saat mencalonkan diri sebagai presiden.

"Persiapan untuk kunjungan kenegaraan presiden yang akan datang ke Amerika Serikat sedang berjalan dengan baik," kata Kim.

"Jadi meskipun pengganti baru sudah ada, saya yakin ia dapat menjalankan tugasnya tanpa hambatan. Saya berharap kontroversi yang saya buat tidak lagi menjadi beban diplomasi dan administrasi antarnegara," tambahnya.

Baca juga: Saat Blackpink Kepanasan dengan Udara di Jakarta...

Presiden Korsel tunjuk penasihat baru

Buntut dari pengunduran diri Kim, Yoon langsung menunjuk Cho Tae-yong yang berstatus utusan Korsel untuk AS sebagai penasihat keamanan nasional yang baru.

Penunjukkan Cho dilakukan beberapa minggu setelah Yoon mengganti sekretaris protokol dan diplomasi, yakni Kim Il-bum dan Lee Moon-hee.

Lee sebelumnya mempersiapkan lawatan luar negeri Yoon ke AS dan agenda Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Hiroshima, Jepang yang rencananya digelar Mei mendatang.

Sedangkan, Kim memutuskan untuk meletakkan jabatannya setelah pertemuan antara Korsel dan Jepang pada 12 Maret 2023.

Baca juga: Gerindra Giveaway Tiket Konser Blackpink, Pengamat: Gimmick Politik

Jadwal Blackpink telanjur padat

Dilansir dari Yahoo News, YG Entertainment selaku agensi yang menaungi Blackpink telah mengonfirmasi bahwa Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo diundang tampil di makan malam kenegaraan.

Sayangnya, jadwal tur dunia yang dijalani Blackpink telanjur padat dan mereka bersiap untuk tampil di Meksiko pada 26 April 2023 mendatang.

Blackpink juga direncanakan tampil di Coachella sekaligus mengukir sejarah sebagai grup K-Pop pertama yang menjadi headline di festival musik itu.

Baca juga: Trending di Twitter gara-gara Konser Blackpink, Apa Itu FOMO?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi