Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Louis Vuitton Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Rp 2.978 Triliun

Baca di App
Lihat Foto
ERIC PIERMONT
Chairman and Chief Executive of LVMH Bernard Arnault and Louis Vuitton Executive vice president Delphine Arnault pose following the presentation of the group's environmental Life program (LVMH Initiatives For the Environment) on September 25, 2019 at LVMH headquarters in Paris. (Photo by ERIC PIERMONT / AFP)
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Bos Louis Vuitton Bernard Arnault jadi orang terkaya di planet Bumi menurut Bloomberg Billionaires Index terbaru. 

Kekayaan bos LV itu hampir mencapai 200 miliar dolar AS atau setara Rp 2.978 triliun.

Dalam rilis terbaru per 2 April 2023, posisi Bernard Arnault berada di atas CEO Tesla dan Twitter Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, dan pendiri Microsoft Bill Gates. 

Bloomberg adalah perusahaan keuangan, perangkat lunak, data, dan media swasta yang berkantor pusat di Midtown Manhattan, New York City.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bloomberg Billionaires Index adalah peringkat orang terkaya di dunia yang penilaiannya dilakukan berdasarkan perubahan pasar, ekonomi, dan pelaporan Bloomberg.

"Setiap angka kekayaan bersih diperbarui setiap hari kerja setelah penutupan perdagangan di New York," kata Bloomberg. 

 

Berikut ini sejumlah profil singkat 10 orang terkaya di dunia:

1. Bernard Arnault

Bernard Arnault (74) berasal dari Perancis dan pimpinan dari perusahaan LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton yang memproduksi barang mewah terbesar di dunia.

LVMH menjual barang-barang seperti produk kulit Louis Vuitton, jam tangan TAG Heuer, dan sampanye Dom Perignon.

LVMH memiliki pendapatan USD 83,4 miliar atau setara Rp 1.295 triliun pada tahun 2022.

Sementara itu, data terbaru yang dicatat oleh Bloomberg, Arnault memiliki kekayaan bersih sebesar 199 miliar dolar AS atau setara Rp 2.978 triliun.

2. Elon Musk

Elon Musk (51) menempati urutan kedua orang terkaya di dunia dengan total kekayaan bersih senilai 187 miliar dollar AS atau setara Rp 2.799 triliun.

Musk merupakan kepala eksekutif dari Tesla yang merupakan perusahaan pembuat mobil listrik yang cukup terkenal di dunia.

Dia juga Kepala eksekutif dari SpaceX, perusahaan yang membuat roket untuk dioperasikan di luar angkasa dan juga dikenal sebagai CEO Twitter. 

3. Jeff Bezos

Orang terkaya di dunia berikutnya adalah Jeff Bezos (59) warga Amerika Serikat pendiri Amazon, penyedia layanan jual beli online terbesar di dunia.

Perusahaan tersebut berbasis di Seattle, AS dan menjual barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya.

Perusahaan ini juga menaungi Whole Foods serta menawarkan layanan cloud. 

Pada tahun 2023 ini, Jeff Bezos disebut memiliki total kekayaan bersih sebesar 127 miliar dollar AS atau setara Rp 1.901 triliun.

4. Bill Gates

Bos Microsoft Bill Gates berada di peringkat empat orang terkaya di dunia. 

Pada tahun 2022 perusahaan Microsoft yang berbasis di Redmond, Washington, AS memiliki pendapatan 198 miliar dollar AS atau setara Rp 2.963 triliun.

Kekayaan bersih dari Bill Gates, pada tahun 2023 ini adalah 120 miliar atau setara dengan Rp 1.796 triliun.

 

5. Warren Buffett

Buffet merupakan pimpinan dan pemegang saham terbesar dari Berkshire Hathaway, sebuah grup investasi yang menghasilan 19,8 persen keuntungan tahunan gabungan dalam nilai pasar sejak 1965.

Perusahaan ini memiliki sejumlah saham di Coca-Cola, dan American Express, juga menaungi Geico, clayton Homes, dan Dairy Queen.

Buffett tercatat memiliki kekayaan bersih senilai 107 miliar dollar AS atau setara Rp 1.601 triliun.

6. Larry Ellison

Larry tercatat sebagaai orang terkaya ke-6 di dunia dengan total kekayaan bersih senilai 107 dollar AS miliar, atau setara dengan Rp 1.601 triliun.

Ellison merupakan pendiri dan pemegang saham terbesaar di Oraacle, perusahaan basis data yang cukup terkenal di dunia.

Ellison juga tercatat memiliki saham di Tesla, Indian Wells, dan sejumlah real estat di Hawai.

7. Steve Ballmer

Steve Ballmer adalah mantan CEO Microsoft, yang mengundurkan diri pada tahun 2014 lalu.

Meski demikian ia tetap menjadi pemegang saham di perusahaan tersebut. Balmer diketahui juga memiliki tim bola basket L.A Clippers.

Sebagai orang terkaya ke-7 di dunia, Ballmer memiliki kekayaan bersih senilai 102 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.526 triliun.

8. Larry Page

Peringkat orang terkaya di dunia berikutnya adalah Larry Page, pendiri Alphabet, perusahaan induk Google yang memiliki kekayaan 95,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.436 triliun. 

Alphabet, perusahaan yang berbasis di Mountain View, California didirikan pada tahun 1998 dan melaporkan pendapatan sebesar 258 miliar dollar AS (Rp 3.868 triliun) pada tahun 2021.

Selain Google, Alphabet juga menguasai pendapatan Gmail, Android, dan YouTube.

9. Sergey Brin

Orang terkaya di dunia berikutnya adalah Sergey Brin, salah satu pendiri Alphabet dengan kekayaan 91,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.373 triliun. 

Sergey Brin dan Larry Page menciptakan mesin pencari Google di garasi pada tahun 1998, dan menjual saham dalam penawaran umum pada tahun 2004.

Sergey melarikan diri dari Uni Soviet bersama keluarganya pada usia 6 tahun. Ayahnya adalah seorang matematikawan. Brin belajar matematika dan ilmu komputer di University of Maryland.

Dia belajar di Stanford, di mana dia bertemu dengan mitra bisnis masa depannya, Larry Page.

10. Francoise Bettencourt Meyers

Bettencourt Meyers yang menguasai 33 persen saham L'Oreal, pembuat kosmetik terbesar di dunia memiliki kekayaan 88 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.320 triliun. 

L'Oreal yang juga pemilik merek Lancome dan Garnier memiliki pendapatan sebesar 38,2 miliar dollar AS atau Rp 572,8 triliun pada tahun 2021.

Mayoritas kekayaan Bettencourt Meyer berasal dari sahamnya di L'Oreal, perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Dia mewarisi saham tersebut ketika ibunya, Liliane, yang meninggal pada usia 94 tahun. 

Baca juga: 10 Keluarga Terkaya di Asia 2023, Siapa Saja Mereka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi