Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Air Kelapa Bisa Mencegah Batu Ginjal? Berikut Penjelasannya

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock/Here Asia
Ilustrasi apakah air kelapa bisa mencegah batu ginjal?
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal Anda.

Kondisi tersebut biasanya terbentuk ketika urine menjadi pekat, sehingga mengakibatkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Dikutip dari National Kidney Foundation, zat kimia pembentuk batu ginjal adalah kalsium, oksalat, sistin, xantin, dan fosfat.

Meski biasanya zat-zat tersebut dihilangkan oleh ginjal, namun ketika jumlahnya terlalu banyak dalam cairan urine yang sedikit, kristal dapat terbentuk kemudian menjadi padatan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kristal tersebut akan menjadi lebih besar jika tidak dikeluarkan dari tubuh bersama urine. Akibatnya, kristal tersebut akan tetap berada di ginjal.

Batu ginjal biasanya tidak menimbulkan gejala sampai mereka masuk ke salah satu ureter, yakni saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih.

Jika batu ginjal tersangkut di ureter, aliran urine akan terhalangi dan menyebabkan ginjal membengkak serta kejang pada ureter. Kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit yang ekstrem.

Baca juga: Waspada, Ini 6 Faktor yang Meningkatkan Risiko Batu Ginjal

Penyebab batu ginjal

Batu ginjal sering kali tidak memiliki penyebab tunggal. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penyakit ini muncul akibat penumpukan bahan kimia tertentu di dalam tubuh, yang kemudian mengkristal.

Pada saat yang sama, urine kekurangan zat yang dapat mencegah kristal saling menempel, sehingga menimbulkan kondisi pembentukan batu ginjal.

Beberapa faktor penyebabnya seseorang mengalami batu ginjal di antaranya adalah kurang minum air, obesitas, hingga mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam atau gula.

Infeksi dan riwayat keluarga juga menjadi faktor penyebab pada beberapa orang.

Baca juga: 7 Minuman Herbal untuk Mencegah Batu Ginjal, Apa Saja?

Apakah air kelapa dapat mencegah batu ginjal?

Dilansir dari Healthline, minum cukup cairan penting untuk pencegahan batu ginjal dan air putih adalah pilihan yang paling baik.

Namun, dalam dua penelitian kecil diketahui bahwa air kelapa berpengaruh mengatasi batu ginjal.

Dalam sebuah studi pada 2018 yang melibatkan delapan orang, para peneliti menemukan bahwa air kelapa meningkatkan buang air kecil kalium, klorida, dan sitrat.

Meski penelitian tersebut diuji pada individu tanpa batu ginjal, namun dapat disimpulkan bahwa air kelapa membantu membersihkan sistem sehingga mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Baca juga: 4 Jenis Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?


Dalam studi lain tahun 2013 pada tikus dengan batu ginjal, diketahui bahwa air kelapa dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian saluran kemih lainnya.

Air kelapa juga mengurangi jumlah kristal yang terbentuk dalam urine.

Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat air kelapa untuk mencegah batu ginjal. Sebab, penelitian yang telah dilakukan masih sangat kecil.

Terlebih salah satu penelitian melibatkan hewan, sehingga penelitian lebih lanjut harus dilakukan, khususnya yang melibatkan manusia.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Benarkah Rebusan Air Kelapa Muda Bisa Sembuhkan Batu Ginjal?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi