Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Cacing dari Kamar Mandi dan Wastafel Rumah

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/uduhunt
Ilustrasi saluran pembuangan air kamar mandi.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Cacing bisa mendadak muncul di saluran air kamar mandi atau wastafel dan mengganggu penghuni rumah.

Sekali dua kali, cacing akan pergi setelah disiram air. Namun, hewan melata kecil ini tetap saja akan muncul dari saluran air yang sama.

Lalu, bagaimana cara mengusir cacing agar tidak lagi muncul di kamar mandi atau wastafel?

Baca juga: Cara Mengusir Tikus dan Celurut secara Permanen


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya cacing

Selain menjijikkan dan ditakuti orang, cacing ternyata dapat membahayakan kesehatan manusia.

Menurut Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), seseorang dapat terinfeksi cacing akibat tanpa sadar menyentuh cacing atau permukaan yang tertempeli telur dari hewan tersebut.

Telur cacing bisa memicu infeksi pada saluran ekskresi atau saluran pembuangan manusia.

Beberapa kondisi yang bisa terjadi berupa gatal di sekitar anus, ruam merah berbentuk cacing yang gatal, diare atau sakit perut selama lebih dari 2 minggu, serta kehilangan berat badan tanpa alasan.

Untuk mencegah hal ini, kita harus rajin mencuci tangan sebelum makan atau menyiapkan makanan, serta setelah dari kamar mandi. Hal ini karena cacing lebih suka berdiam di tempat yang lembab seperti wastafel dan kamar mandi.

Baca juga: Cara Mengusir Rayap yang Merusak Furnitur Kayu di Dalam Rumah

Cara mengusir cacing

Dilansir dari Dengarden, cacing sering berada di wastafel, saringan air, selokan, kamar mandi, toilet, bahkan garasi.

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengusir cacing dari rumah:

1. Buka penyumbat saringan pembuangan

Filter atau saringan pembuangan merupakan salah satu tempat yang paling suka digunakan cacing dan lalat untuk berkembang biak. Karena itu, bersihkan saringan dari kotoran atau rambut rontok secara teratur.

2. Tuang air panas ke saluran air

Air panas memecah bahan organik yang menempel di permukaan saluran air sekaligus menghancurkan tempat yang disukai cacing. Air panas juga membunuh hewan tersebut secara langsung.

3. Gunakan pembersih bio-enzimatik

Pembersih bio-enzimatik lebih mudah melunakkan bahan organik yang berfungsi menghilangkan kotoran. Tindakan ini kemudian akan membasmi cacing dari saluran air.

Pembersih ini dapat dibuat secara alami. Caranya, letakkan kulit buah-buahan seperti jeruk, nanas, dan lemon ke wadah tertutup berisi air. Biarkan terfermentasi selama beberapa minggu hingga dapat digunakan untuk membersihkan.

4. Gunakan baking soda dan cuka putih

Seperti pembersih bio-enzimatik, zat kimia dalam baking soda dan cuka putih dapat menghancurkan kotoran sehingga Anda lebih mudah membersihkan saluran air. Bahan ini juga mampu membunuh cacing.

Baca juga: Cara Mengusir Tokek yang Berisik di Dalam Rumah

5. Gosok saluran air dengan sikat pipa

Sikat pipa efektif menghilangkan kotoran di pinggir saluran air. Cara menggosok saluran air yang benar adalah dengan menggerakkan sikat ke atas dan ke bawah. Jika saluran air bersih dari kotoran, cacing akan kelaparan dan mati.

6. Gunakan plumbing snake

Alat ini digunakan untuk mengeluarkan sumbatan di pipa ledeng, sehingga bisa menghilangkan kotoran dari pipa yang terletak jauh di dalam saluran air.

Untuk menggunakan alat ini, masukkan ujungnya ke dalam pipa dan nyalakan. Alat ini akan mengeluarkan kotoran dan menghancurkan tempat berkembang biak cacing.

7. Bersihkan dengan pemutih

Sebagai antisipasi lalat bertelur di permukaan dekat saluran air, bersihkan permukaan tersebut dengan pemutih. Zat kimia di dalamnya akan membunuh telur dan juga cacing yang bersembunyi.

8. Gunakan plunger

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel di sudut saluran pembuangan, gunakanlah alat penyedot pipa. Alat ini akan memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang disukai cacing.

Baca juga: Cara Mengusir Kucing Liar Tanpa Perlu Menyakitinya

9. Gunakan mineral oil

Mineral oil bekerja dengan baik mengendalikan cacing di saluran air. Minyak ini juga dapat mengusir lalat dewasa yang bertelur di sana. Contoh mineral oil seperti paraffin, paraffinum liquidum, atau petrolatum.

10. Gunakan Insect Growth Regulator (IGR)

IGR merupakan senyawa yang dapat digunakan untuk mengatur atau menghambat pertumbuhan serangga. Produk ini akan mencegah larva berkembang ke tahap berikutnya. 

11. Bunuh cacing dengan insektisida

Produk insektisida dapat membunuh cacing secara efektif. Jika ingin mengurangi bahan kimia, gunakanlah produk alami dan organik. Bubuhkan obat ke dalam saluran air dan sekitar saringan pembuangan.

12. Basmi lalat

Lalat dewasa merupakan penyebab utama dari cacing. Karena itu, membasmi lalat merupakan cara terbaik untuk mengusir cacing.

Caranya, bisa dengan menggunakan produk insektisida, atau pemukul lalat, atau perangkap lalat.

13. Kurangi kelembaban

Lalat dan cacing tumbuh subur di lingkungan lembab. Karena itu, bersihkan area lembap di dapur, kamar mandi, atau garasi. Caranya, seringlah membuka jendela, menggunakan dehumidifier, atau memasang ventilasi udara.

14. Perbaiki masalah pipa

Kerusakan seperti wastafel retak atau bak mandi bocor dapat menimbulkan kondisi yang disukai cacing.

Masalah pipa menyebabkan lingkungan lembab dan menimbun bahan organik yang disukai hewan ini. Oleh karena itu, perbaiki masalah pipa di rumah untuk mencegah cacing masuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi