Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pulau Terpencil di Dunia, Ada yang Dihuni oleh Hanya 269 Penduduk

Baca di App
Lihat Foto
Freepik/wirestock
ilustrasi pulau terpencil di dunia.
|
Editor: Muhammad Zaenuddin

KOMPAS.com - Di hamparan bumi yang luas ini, terdapat banyak wilayah atau daerah yang menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

Ada wilayah yang memiliki penduduk paling banyak, negara paling kaya, hingga deretan pulau paling besar di dunia.

Namun, bagaimana dengan pulau terpencil di dunia?

Beberapa wilayah paling terpencil di bumi adalah pulau-pulau yang lokasinya sangat jauh dari daratan lain atau dari bagian negaranya yang lebih besar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 7 Pulau Terbesar di Dunia, Ada Kalimantan dan Sumatra

Berikut ini adalah daftar 5 pulau paling terpencil di dunia:

1. Pulau Diego Garcia

Dilansir dari Britannica, Diego Garcia adalah atol karang berbentuk V yang berada di tengah Samudra Hindia. Pulau ini termasuk anggota Kepulauan Chagos terbesar dan paling selatan.

Pulau ini berfungsi sebagai pangkalan dukungan udara dan laut yang besar untuk militer Amerika Serikat dan Inggris.

Hal tersebut karena lokasinya yang strategis antara Afrika Timur, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Australia.

Pulau Diego Garcia pernah menjadi rumah bagi lebih dari 1.000 penduduk, yang kemudian dipindahkan ke Mauritius dan Seychelles pada 1971 untuk militerisasi pulau.

Baca juga: 7 Tanaman Tertua di Dunia, Ada yang Berusia 80.000 Tahun

2. Pulau Paskah

Pulau Paskah (Easter island) yang dikenal juga dengan nama Rapa Nui dan Te Pito te Henua adalah nama pulau vulkanik segitiga kecil yang terletak di Pasifik Selatan.

Pulau yang memiliki luas sekitar 163 kilometer persegi ini sudah cukup terkenal dengan patung batu raksasanya khasnya, yakni Moai, yang jumlahnya lebih dari 600 buah.

Selain itu, ada juga reruntuhan anjungan batu raksasa (ahus) di sisi darat dengan halaman terbuka di atasnya.

Terletak sekitar 3.767 kilometer dari Santiago, Chili, pusat pemerintahan yang mengelolanya, menjadikan Pulau Paskah menjadi pulau paling terpencil di bumi.

Baca juga: 9 Peradaban Manusia yang Hilang, Apa Saja?

3. Novaya Zemlya

Dua pulau Arktik besar dan beberapa pulau kecil membentuk kepulauan Novaya Zemlya (Tanah Baru).

Novaya Zemlya merupakan kepulauan di bawah pengelolaan Rusia, yang memisahkan laut Barents dan Kara di sepanjang pantai barat laut Rusia.

Dua pulau utama, Severny (utara) dan Yuzhny (selatan) terletak sejajar sepanjang 1.000 kilometer dan dipisahkan oleh selat sempit, Matochkin Shar, yang lebarnya sekitar 1,6 hingga 2,4 km.

Selama Perang Dingin, Novaya Zemlya menjadi tempat lebih dari 100 kali uji coba nuklir dalam rentan waktu antara tahun 1954 dan 1990.

Baca juga: Mengenal 7 Keajaiban Dunia Kuno, Hanya Satu yang Masih Berdiri

4. Tristan da Cunha

Pulau terpencil di dunia berikutnya adalah Tristan da Cunha, yang merupakan pulau berpenghuni paling terpencil di dunia.

Dilansir dari laman A-Z Animals, di pulau Tristan da Cunha tidak ada tempat makan atau restoran maupun penginapan, sehingga cukup menantang bagi Anda yang ingin berwisata.

Namun Anda bisa menjumpai bungalo, ladang kentang, dan sapi ternak. Selain itu, listrik di pulau ini berasal dari generator diesel.

Edinburgh of the Seven Seas adalah satu-satunya pemukiman di Tristan da Cunha, yang merupakan rumah bagi 269 penduduk pulau.

Daratan utama yang paling dekat adalah Cape Town, Afrika Selatan, dengan jarak sekitar 2.787 kilometer.

Baca juga: 10 Kerajaan Terbesar Sepanjang Sejarah, Apa Saja?

5. Niue

Selain termasuk kategori pulau terpencil, Niue juga merupakan salah satu negara terkecil di dunia, yang juga rumah bagi salah satu atol karang tinggi terbesar di dunia.

Samoa, Tonga, dan Kepulauan Cook membentuk segitiga dengan pulau ini. Niue mungkin merupakan republik independen terkecil di dunia.

Alofi adalah ibu kota Niue yang membentang beberapa kilometer di pantai barat, kota kecil ini memiliki populasi sekitar 1.600 jiwa.

Meski kecil, pulau ini menawarkan berbagai pilihan fasilitas bagi wisatawan, seperti vila, penginapan, restoran, dan resort.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi