Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Hobi Rebahan, Malas Mandi, dan Susah Tidur adalah Ciri Gangguan Jiwa Tahap Awal?

Baca di App
Lihat Foto
Tangkapan layar tindakan yang disebut gejala awal gangguan jiwa.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan mengenai ciri-ciri gangguan jiwa tahap awal dibagikan di media sosial Twitter.

Pada Minggu (9/4/2023), akun Twitter ini membagikan foto seorang warganet yang menjelaskan beberapa tindakan yang disebut ciri awal pengidap gangguan kejiwaan.

Berikut ciri-ciri gangguan jiwa tahap awal yang dituliskan dalam foto tersebut:

Dalam postingan tersebut, pengunggah khawatir karena ia merasa mengalami situasi yang sama dengan deskripsi pengidap gangguan jiwa di foto tersebut.

"Guys, ini serius tah? Masalahnya semua ciri-ciri ada di aku," tulisnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Selasa (11/4/2023) pagi, unggahan tersebut tayang sebanyak 96.400 kali, disukai 848 akun Twitter, dan dikutip 178 kali.

Lalu, benarkah malas mandi, pelupa, perasaan sering berubah, hobi rebahan, dan susah berkonsentrasi merupakan ciri awal gangguan jiwa?

Baca juga: Bagaimana Kecanduan Game Online Bisa Sebabkan Gangguan Jiwa?


Penjelasan psikolog

Psikolog klinis RSUD Bali Mandara, Titut Esti Koeswardani menyatakan bahwa ciri-ciri tadi benar merupakan tanda awal gangguan jiwa.

"Iya benar. Mungkin sudah mengarah ke gejala depresi," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Meski begitu, menurutnya, tingkat keparahan depresi tergantung berapa lama gejala itu sudah berlangsung. Bisa jadi depresi ringan, sedang, atau berat.

Dihubungi terpisah, psikolog dari Ibunda.id, Danti Wulan Manunggal mengungkapkan bahwa orang yang mengalami hal-hal tadi tidak langsung berarti ia menderita gangguan kejiwaan.

"Bisa mengarah ke gangguan jiwa namun tidak serta merta didiagnosis ada gangguan jiwa," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Danti mengungkapkan, seseorang yang diduga mengalami gangguan jiwa harus menjalani assessment atau pemeriksaan secara psikologis. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan psikologisnya.

Menurutnya, psikolog akan melakukan pemeriksaan dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Misalnya, "sudah berapa lama ia melakukan itu", "sejak kapan dilakukan", maupun "sedang beraktivitas atau punya kegiatan apa".

Baca juga: Ramai soal Kebiasaan Bicara Sendiri Dikaitkan dengan Tanda Gangguan Mental dan Orang Cerdas, Benarkah? Ini Kata Psikolog

Beda dari tindakan biasa

Danti menambahkan, tindakan-tindakan di dalam konten yang disebut sebagai ciri awal gangguan jiwa berbeda dengan perilaku sejenis yang dilakukan orang biasa.

Menurutnya, suatu tindakan termasuk ciri awal gangguan jiwa jika gejala tadi berlangsung cukup lama antara 6 bulan hingga 1 tahun. Orang tersebut juga melakukannya secara terus-menerus.

"Dan semakin tidak ada atau sulit berkomunikasi dengan orang lain," tambahnya.

Selain itu, penderita masalah kejiwaan juga biasanya menjadi semakin tidak produktif dan tidak bisa beraktivitas dengan lancar.

"Maka, jika sudah ada gejala di atas, sangat direkomendasikan untuk periksa ke psikolog," lanjut Danti.

Ia menyatakan, orang yang mengalami situasi tersebut perlu segera menjalani pemeriksaan ke psikolog. Ini dilakukan untuk mencegah gejala tadi berkembang menjadi penyakit kejiwaan yang lebih parah.

Berkat adanya pemeriksaan, orang tersebut diharapkan bisa beraktivitas secara produktif dan normal kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi