Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kabupaten yang Bagi-bagi Nmax untuk Camat, Kepala Desa, dan Lurah

Baca di App
Lihat Foto
Dok Pemkab Jepara
Ratusan petinggi atau kepala desa se-Kabupaten Jepara, Jawa Tengah semringah membawa motor dinas baru, Yamaha All New Nmax 155 Standard di area parkir Gedung MPP Jalan Kartini, Jepara, Senin (10/4/2023).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Bagi-bagi motor dinas Nmax dominan warna merah untuk camat, kepala desa, dan lurah beberapa tahun terakhir marak dilakukan sejumlah daerah.

Anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk membeli sepeda motor Nmax tersebut cukup fantastis, bahkan ada pemerintah kabupaten (pemkab) yang harus merogoh kocek hingga Rp 11 miliar.

Terbaru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara, Jawa Tengah turut membagikan motor dinas baru Yamaha All New NMAX 155 Standard sebanyak 184 unit dengan anggaran Rp 5,8 miliar.

Baca juga: Mengintip Jejak Bupati Klaten Sri Mulyani, dari Bagi-bagi Nmax hingga Heboh Hand Sanitizer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut sejumlah kabupaten yang bagi-bagi motor dinas Nmax:

1. Kabupaten Sukoharjo

Kabupaten pertama yang diketahui bagi-bagi Nmax adalah Kabupaten Sukoharjo.

Kota dengan semboyan "Makmur" tersebut membagikan 179 Nmax warna merah sebagai motor dinas camat, kades, dan lurah pada September 2019.

Bupati Sukoharjo saat itu, Wardoyo Wijaya, mengatakan bahwa pemberian motor dinas baru untuk camat, kades, dan lurah diharapakan dapat digunakan untuk menunjang kinerja mereka. Khususnya kades dan lurah yang selama ini memiliki mobilitas tinggi.

Total anggaran yang dikeluarkan untuk membeli ratusan Nmax merah itu adalah Rp 4,9 miliar, dikutip dari laman Pemkab Sukoharjo.

2. Kabupaten Klaten

Pada November 2019, Bupati Klaten, Sri Mulyani juga menyerahkan 401 motor Yamaha Nmax merah kepada kepala desa.

Motor tersebut berstatus pinjam pakai yang ditujukan agar bisa meningkatkan kinerja para pades dalam melayani masyarakat.

"Semua kades dan lurah harus melayani, melindungi dan terus berupaya menyejahterakan masyarakat desa dan kelurahannya masing-masing," kata Sri Mulyani dikutip dari laman Pemkab Klaten.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Klaten Muhammad Himawan Purnomo menjelaskan, biaya untuk pengadaan 401 unit motor Yamaha Nmax untuk kades dan lurah serta 26 unit Honda Supra X untuk Kasi Trantibum berasal dari APBD Perubahan 2019.

"Anggaran pengadaan 401 unit motor Yamaha Nmax adalah Rp 11 miliar dengan harga per unit Rp 27,5 juta. Sedangkan untuk pengadaan 26 Honda Supra X adalah Rp 473,2 juta dengan harga per unit Rp 18,2 juta," jelas Himawan.

Baca juga: Saat Perangkat Desa dan Bupati Gunakan NMAX dan Rubicon...

3. Kabupaten Boyolali

Pada Januari 2020, Pemkab Boyolali juga turut membagikan 267 unit kendaraan Nmax merah yang diberikan kepada kades dan lurah di Boyolali.

Saat itu, Bupati Boyolali Seno Samodro menyerahkan langsung ratusan kendaraan kepada para kades dan lurah pada 28 Januari 2020.

Seno juga meminta agar tidak mempersoalkan warna merah pada kendaraan dinas baru Yamaha Nmax yang dihibahkan kepada pemerintah desa tersebut.

4. Kabupaten Karanganyar

Dikutip dari Tribun, pada Februari 2020, Pemkab Karanganyar membagikan 177 unit kendaraan dinas baru berupa Yamaha Nmax kepada para Kepala Desa (Kades) dan lurah di Kabupaten Karanganyar.

General Manager Yamaha Sumber Baru Rejeki Motor Fery Kurniawan mengatakan, total kendaraan yang dipesan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar sejumlah 182 unit, terdiri dari 177 kendaraan Nmax dan 5 unit kendaraan Lexi.

Harga awal untuk satu unit Nmax harganya senilai Rp 28,7 juta tapi harga kendaraan melalui pembelian E-Katalog untuk satu unit Nmax senilai Rp 27,5 juta.

Sedangkan untuk satu unit Lexi harganya senilai Rp 24 juta.

Baca juga: Saat Perangkat Desa dan Bupati Gunakan NMAX dan Rubicon...

5. Kabupaten Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati diketahui juga membagikan sejumlah sepeda motor merek Yamaha Nmax berwarna merah kepada 208 kepala desa dan lurah di Kabupaten Sragen pada Jumat (28/10/2022).

Pemberian sepeda motor baru tersebut dibagikan setelah upacara Hari Sumpah Pemuda yang digelar di Stadion Taruna Sragen.

Untuk anggarannya sendiri, Pemkab mengeluarkan uang sebanyak Rp 6 miliar untuk membeli 208 motor yang satu unitnya berkisar Rp 31,1 juta.

Baca juga: Mengintip Jejak Bupati Klaten Sri Mulyani, dari Bagi-bagi Nmax hingga Heboh Hand Sanitizer

Yuni mengatakan, memiliki alasan khusus kenapa sepeda motor yang diberikan berwarna merah.

Yuni menjelaskan, motor dinas baru tersebut diberikan untuk mengganti kendaraan lama yang sudah kurang baik kondisinya. Bahkan, ada beberapa kendaraan dinas yang sudah tidak dapat dipakai lagi.

"Sepeda motornya untuk kepala desa dan kepala kelurahan, karena motornya sudah lama dan sudah sangat jelek, alhamdulillah kita baru bisa membelikan sekarang," jelasnya dikutip dari Tribun.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Nmax yang Dibeli Pemkab Wonogiri untuk Semua Kades dan Lurah

6. Kabupaten Gresik

Pada Desember 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik turut membagikan sepeda motor Nmax sebanyak 356 untuk kepala desa dan lurah.

Sepeda motor yang dibagikan adalah unit baru yang berwarna hitam dan diserahkan kepada seluruh kepala desa dan lurah se-kabupaten Gresik.

Anggaran yang dihabiskan untuk pembelian motor dinas baru tersebut sebesar Rp 11 miliar yang diambil dari APBD Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyerahkan secara langsung sepeda motor senilai Rp 30 jutaan tersebut.

Ia mengatakan, sepeda motor Nmax warna hitam kombinasi emas tersebut membuat gagah kepala desa dibanding motor dinas sebelumnya, Suzuki Smash.

Pembagian kendaraan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kinerja mereka sebagai garda terdepan membantu masyarakat.

"Adanya motor tersebut menjadi spirit dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di masing-masing wilayah dan semakin rajin ngantor," ujar Fandi dikutip dari Tribun.

Baca juga: Update Harga Sepeda Motor NMAX, PCX, Lexi 2022, dan Spesifikasinya

7. Kabupaten Wonogiri

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri diketahui juga membagikan 294 unit Nmax merah untuk para kepala desa di wilayahnya dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 9,4 miliar.

Kepala Bagian (Kabag) Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri Sriyono mengatakan, pengadaan motor dinas baru merek Nmax tersebut disesuaikan dengan kondisi geografis daerahnya yang didominasi oleh pegunungan dan perbukitan.

"Kekuatannya cukup besar, sesuai medan Wonogiri yang bergunung-gunung dengan jangkauan yang luas," kata dia, dikutip dari Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Sementara pemilihan warna merah merupakan kesepakatan dari para kades.

Pengadaan Nmax merah bagi kades ini bukan kali yang pertama. Beberapa daerah tetangga Wonogiri lebih dulu telah melakukannya.

Menariknya, semua kepala daerah tersebut merupakan kader dari PDI-P.

Baca juga: Saat Bupati dari PDI-P Bagi-bagi Nmax Merah untuk Para Kepala Desa...

8. Kabupaten Jepara

Terbaru, kepala desa se-Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, juga mendapatkan motor dinas baru dengan merek Yamaha All New NMAX 155 Standard.

Kendaraan dinas dari Pemkab Jepara tersebut secara resmi diserahkan kepada seluruh kades di area parkir Gedung MPP Jalan Kartini, Jepara, usai upacara HUT ke-474 Kabupaten Jepara, pada Senin (10/4/2023).

Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, terealisasinya fasilitas motor Nmax digunakan untuk penunjang kinerja ratusan kades sudah berdasarkan hasil kajian.

"Motor baru ini tidak untuk gaya-gayaan, tetapi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat," kata Edy dilansir dari Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Baca juga: Viral, Video Pengendara Sepeda Motor Terobos Genangan Air, Berbahaya untuk Mesin?

Edy mengatakan, anggaran yang digunakan untuk membeli motor dinas tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang mencapai Rp 5,8 miliar untuk 184 unit motor NMAX.

"Pemerintah menganggarkan satu motor seharga Rp 31,5 juta. Jika tidak digunakan sebagaimana mestinya, saya jewer," ujar Edy.

Ketua DPC Papdesi (Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) Kabupaten Jepara Edy Khumaidi Muhtar mengatakan, para kades memilih motor NMAX untuk operasional karena sudah teruji kualitasnya. NMAX dinilai unggul di segala medan.

"Dengan sepeda motor baru ini, semoga memuluskan kerja seluruh kades. Semakin lancar dan semakin jaya desanya," kata Edy. 

Baca juga: Viral Sepeda Motor Masuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek

(Sumber: Kompas.com/Ahmad Naufal Dzulfaroh, Puthut Dwi Putranto Nugroho| Editor: Sari Hardiyanto, Robertus Belarminus)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi