Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dihindari Saat Melihat Gerhana Matahari

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/Viacheslav Lopatin
Ilustrasi melihat fenomena gerhana matahari. Gunakan alat pelindung khusus mata saat melihat Gerhana Matahari Hibrida.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena gerhana Matahari hibrida yang akan berlangsung hari ini, Kamis (20/4/2023).

Peneliti Pusat Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan bahwa tidak ada imbauan khusus terkait dengan gerhana Matahari hibrida yang akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia hari ini.

"Sebenarnya tidak ada imbauan khusus, namun karena gerhana Matahari juga bertepatan dengan mudik, maka para pemudik diharapkan untuk memperhatikan lokasi-lokasi yang mungkin akan mengalami gerhana," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

"Dengan memperhatikan lokasi gerhana, para pemudik bisa mempersiapkan diri untuk ikut menyaksikan gerhana Matahari," sambungnya.

Meskipun tidak ada imbauan khusus, namun Andi menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang mungkin bisa dihindari ketika gerhana Matahari sedang berlangsung.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Jadwal, Lokasi, dan Link Live Streaming Gerhana Matahari 20 April 2023

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dihindari saat gerhana Matahari terjadi?

Baca juga: Jadwal, Lokasi, dan Link Live Streaming Gerhana Matahari 20 April 2023

Hal-hal yang perlu dihindari saat gerhana Matahari

 Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dihindari ketika menyaksikan gerhana Matahari:

  1. Jangan melihat gerhana Matahari tanpa alat bantu.
  2. Jangan menggunakan pantulan cermin.
  3. Jangan melihat gerhana Matahari melalui pantulan air.
  4. Jika menggunakan ponsel, maka harus dilapisi alumunium foil.

Untuk penjelasan lebih lanjut, Anda bisa membacanya di bawah ini:

1. Jangan melihat gerhana Matahari tanpa alat bantu

Andi mengatakan, masyarakat tidak diperbolehkan untuk menyaksikan gerhana Matahari secara langsung tanpa menggunakan alat bantu ataupun pelindung mata, seperti kacamata gerhana.

Melihat gerhana Matahari tanpa alat bantu bisa menggangu penglihatan yang menyebabkan mata menjadi kabur saat melihat obyek sekitar.

Bahkan, kacamata hitam juga tidak diperbolehkan untuk dijadikan alat dalam melihat gerhana. Ini karena, kacamata hitam tidak mampu menghalangi sinar Matahari.

"Untuk itu, masyarakat ataupun pemudik yang ingin menyaksikan gerhana sebaiknya membeli kacamata gerhana terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menyarankan, untuk menggunakan kacamata gerhana, yakni Neutral Density (ND) 04 yang dapat melindungi mata setidaknya selama 1 menit.

Baca juga: Jam Berapa Gerhana Matahari Hari Ini?

2. Jangan menggunakan pantulan cermin

Hal-hal yang perlu dihindari selanjutnya adalah jangan melihat gerhana Matahari melalui pantulan cermin, pembatas kaca mobil, ataupun film mobil.

Hal tersebut dikarenakan daya serap dari intensitas Matahari yang terjadi saat gerhana cukup kuat, sehingga pantulan kaca tidak cukup untuk meredam sinarnya.

Selain itu, melihat gerhana Matahari melalui cermin juga dapat diperkirakan merusak retina mata sehingga tidak disarankan.

"Sangat tidak disarankan untuk melihat gerhana melalui cermin. Sebagai gantinya, masyarakat bisa menggunakan alat-alat sederhana seperti kamera lubang jarum," kata Andi.

3. Jangan melihat gerhana Matahari melalui pantulan air

Sama seperti pantulan cermin, melihat gerhana Matahari melalui pantulan air juga tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari masih akan tetap terpantul melalui air.

Di mana, pantulan cahaya tersebut jika mengenai mata dapat menyebabkan kerusakan pada retina. Meskipun kerusakannya mungkin tidak akan separah saat melihat gerhana secara langsung tanpa alat bantu.

Andi kembali menegaskan, masyarakat sangat tidak disarankan untuk menyaksikan gerhana Matahari tanpa alat bantu yang sesuai.

"Saya tegaskan, jika masyarakat tidak memiliki alat bantu seperti kacamata gerhana lebih baik untuk tidak memaksakan melihat gerhana Matahari secara langsung," jelasnya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023

4. Jika menggunakan ponsel, maka harus dilapisi alumunium foil

Hal yang perlu dihindari saat melihat gerhana Matahari selanjutnya adalah jangan langsung menggunakan kamera ponsel.

Andi menyampaikan, masyarakat yang ingin mengabadikan momen gerhana Matahari melalui ponsel harus melapisinya dengan alumunium foil terlebih dahulu.

Hal tersebut dilakukan agar sinar Matahari tidak merusak lensa kamera pada ponsel.

Baca juga: Jadwal, Daerah, serta Dampak Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi