Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Dawn, Kafe dengan Robot Pelayan yang Dikendalikan Penyandang Disabilitas

Baca di App
Lihat Foto
DAWN Avatar Robot Cafe di Jepang pekerjakan robot yang digerakkan penyandang disabilitas sebagai pelayan.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Sebuah kafe di Jepang mempekerjakan robot yang dikendalikan secara jarak jauh oleh para penyandang disabilitas untuk melayani pelanggan.

Dawn Avatar Robot Cafe yang terletak di Distrik Nihonbashi, Tokyo menyediakan pelayanan yang tidak biasa untuk para pelanggan.

Saat berkunjung ke sana, pembeli tidak akan didatangi pelayan manusia melainkan robot.

Para robot pelayan itu dikendalikan jarak jauh bahkan dari jarak 300 km dari lokasi kafe. Hal ini memudahkan siapa saja untuk menjalankannya, temasuk para penyandang disabilitas atau orang lumpuh.

Baca juga: Pertama Kali di Dunia, Bayi Lahir dari Robot Sperma, Bagaimana Prosesnya?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Robot OriHime

Dilansir dari Time Out, salah satu pendiri dan CEO Ory Laboratory Inc., sebuah perusahaan robotika Jepang, Kentaro Yoshifuji mendapatkan ide merancang robot dengan kendali jarak jauh setelah terbaring di tempat tidur rumah sakit selama lebih dari tiga tahun.

Ide ini akhirnya menghasilkan robot avatar OriHime asli pada tahun 2010. Ia mendirikan Ory Lab dua tahun kemudian.

Japan Times melaporkan, robot OriHime diluncurkan pertama kali di Minato Ward, Tokyo pada akhir November 2018. Sebuah kafe pun didirikan hingga 7 Desember 2018 dalam rangka promosi.

Saat itu, lima robot OriHime dikendalikan oleh 10 orang yang memiliki gangguan motorik, seperti amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

“(Robot) memungkinkan kerja fisik dan partisipasi sosial,” kata Kentaro Yoshifuji.

Yoshifuji bersama Ory Lab menciptakan tiga jenis robot yang bekerja sebagai pelayan dan barista di kafenya. Robot itu yakni OriHime, OriHime-D, dan Tele-Barista.

Ketiganya dapat dikendalikan dari jarak jauh. Hal ini membantu para penyandang disabilitas maupun orang yang tidak bisa keluar rumah untuk tetap bekerja mencari penghasilan.

Baca juga: Kontroversi Penggunaan Robot Pengacara di Pengadilan

Cara kerja robot

"Saya tidak pernah membayangkan menyiapkan kopi dari jarak jauh. Berkat dukungan semua orang, saya sangat senang ketika saya membuatkan kopi untuk seseorang dan mereka bilang enak," kata Mikako Fujita, pekerja di balik robot Tele-Barista kepada Nikkei Asia.

Fujita yang sulit mengontrol otot tubuhnya ini menggunakan mouse komputer untuk menggerakkan robotnya.

Saat penyakitnya semakin parah, dia berencana untuk beralih ke panel kontrol robot yang dapat dioperasikan dengan gerakan mata.

Ory Lab melengkapi robot OriHime setinggi 23 cm dengan kamera dan speaker sehingga pengendalinya dapat berbicara langsung dengan pelanggan dan melihat apa yang terjadi di dalam kafe.

Identitas pengendali robot ditampilkan di tablet yang digunakan pelanggan untuk melakukan pemesanan.

OriHime mengirimkan gambar, video, dan audio melalui internet. Kemudian, pengendalinya akan mengarahkan robot ini dari rumah melalui komputer.

Setelah itu, robot OriHime-D setinggi 120 cm akan datang untuk mengantarkan pesanan dari pelanggan.

Selain pelayan, ada juga robot yang dipekerjakan sebagai barista. Robot humanoid bernama Tele-Barista dapat mengambil cangkir dan menyiapkan minuman sesuai pesanan.

Baca juga: Apa Itu DNA Pro? Robot Trading Ilegal yang Seret Deretan Artis

Punya banyak cabang

Kafe milik Ory Lab akhirnya berdiri secara permanen di Nihombashi, Tokyo pada Juni 2021 dengan nama DAWN Avatar Robot Cafe. Saat ini, ada 70 orang yang dipekerjakan untuk menggerakkan robot pelayan.

Pada 2022, perusahaan mulai mengoperasikan kafe ini versi keliling. Terbaru, kafe DAWN ver. β dibuka di Modish Sapporo, Hokkaido pada 18 Februari 2023.

The Japan News memberitakan, sekitar 28 pengendali dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam proyek ini. Mereka termasuk orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Dalam situs resminya, kafe ini khusus hanya membuka reservasi untuk restoran. Sementara bar yang dibuka sejak siang tidak perlu pesan tempat.

Kafe juga membuka kesempatan bagi pelanggan yang ingin melihat cara operasi OriHime.

Reservasi dapat dilakukan melalui laman mereka. Namun, April 2023 ini kafe DAWN tutup untuk renovasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi