Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Mata Merah karena Arcturus dan karena Iritasi Biasa?

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock/Domaskina
Penyebab mata perih dan berair saat bangun tidur adalah mata yang kering.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Virus Covid-19 subvarian Arcturus saat ini tengah mengakibatkan kenaikan kasus Covid-19 di sejumlah negara.

Dikutip dari Mirror, Arcturus pertama kali terdeteksi pada Bulan Januari 2023 dan telah menyebar ke setidaknya 34 negara.

Tak seperti Covid-19 yang selama ini dikenal, ada banyak kasus varian Arcturus menunjukkan gejala baru yakni adanya gejala konjungtivitis.

Konjungtivitis adalah mata merah akibat peradangan pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gejala baru yang dibicarakan orang adalah gejala konjungtivitis, atau seperti yang kita ketahui mata merah muda. Hal ini terjadi baik pada anak-anak maupun orang dewasa.” kata pakar dari Stanford Medicine, dr Neha Narula.

Munculnya gejala mata merah pada subvarian Arcturus ini mungkin memicu kekhawatiran tersendiri, apakah seseorang yang sedang mengalami mata merah sebenarnya terkena subvarian Arcturus atau tengah terkena iritasi mata biasa.

Lantas, apa perbedaan mata merah karena virus Covid-19 Arcturus dengan karena iritasi biasa?

Baca juga: Covid-19 Subvarian Arcturus Naik Status Jadi Variant of Interest, Apa Itu dan Bagaimana Dampaknya?


Beda mata merah karena Arcturus dan iritasi

Dilansir dari Healthline, sebenarnya konjungtivitis bisa disebabkan oleh bakteri, virus, maupun alergi.

Sehingga sulit untuk mengetahui mana penyebab pasti dari munculnya mata merah, apakah karena bakteri, virus, dan faktor lainnya.

Virus dan alergi seringkali juga sangat mirip karena sama-sama dapat menyebabkan robekan yang jelas dan rasa gatal pada mata.

“Satu-satunya cara untuk benar-benar membedakan antara konjungtivitis virus, seperti Covid, atau alergi, atau konjungtivitis bakteri adalah evaluasi oleh dokter mata menggunakan pewarna dan peralatan khusus,” kata asisten profesor di University of Alabama, Sekolah Optometri Birmingham Nicholas Onken.

Ia mengatakan, untuk mengetahui kondisi pasti pasien, maka dokter juga akan menanyakan gejala lain yang dialami pasien untuk memastikan penyebab yang sebenarnya.

Termasuk akan menanyakan kapan waktu dimulainya mata merah dan apakah beberapa waktu terakhir terpapar orang yang sakit.

Meski demikian, seseorang sebaiknya melakukan pemeriksaan Covid-19 jika mengalami mata merah namun juga disertai gejala Covid-19 pada umumnya, yakni:

Baca juga: Gejala Covid-19 Arcturus di Jakarta Alami Mata Merah hingga Pilek

Belum ada bukti

Sebenarnya, belum ada dokumentasi ilmiah yang menerangkan keterkaitan Arcturus dengan konjungtivitis.

Akan tetapi, anggapan tersebut selama ini merupakan anekdotal dari para praktikal kesehatan yang menghadapi pasien secara langsung.

Tak sedikit para dokter yang mengatakan bahwa mereka melihat adanya konjungtivitis terutama pada anak yang dites Covid-19.

Selama ini memang banyak virus yang bisa menyebabkan gejala konjungtivitis di antaranya adenovirus.

Walaupun korelasi peer-review yang ditunjukkan secara ilmiah belum ada, namun sudah ada banyak kasus konjungtivitis dengan Covid-19.

American Academy of Ophthalmology juga telah mengindikasikan bahwa konjungtivitis dapat menjadi salah satu manifestasi dari Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi