Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Juni KAI Gunakan Gapeka 2023 Gantikan Gapeka 2021, Apa Itu?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/DOK KAI DAOP 5 PURWOKERTO
Ilustrasi kereta api.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai memberlakukan Gapeka 2023 mulai 1 Juni 2023 mendatang.

Pemberlakuan itu untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sudah digunakan oleh KAI sejak 2021.

“PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Gapeka 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan oleh KAI,” tulis keterangan yang diterima oleh Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Lantas, apa itu Gapeka?

Baca juga: Kronologi 2 Bus TNI AL Nyaris Ditabrak Kereta Usai Terobos Perlintasan di Malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan KAI

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, Gapeka atau Grafik Perjalanan KA adalah pedoman pengaturan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis.

Garis tersebut menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan KA mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Gapeka yang berupa garis tersebut bertujuan untuk pengendalian seluruh perjalanan kereta api seperti jadwal keberangkatan, waktu tempuh, serta jadwal perawatannya.

Pengaruh Gapeka 2023

Joni menjelaskan, pengaruh pemberlakuan Gapeka 2023, yakni perjalanan kereta api (KA) akan mengalami waktu tempuh yang semakin cepat dari sebelumnya.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah efisiensi waktu perjalanan KA,” ucap Joni dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Terdapat percepatan waktu menjadi lebih efisien pada waktu tempuh perjalanan KA total 2.727 menit per hari.

“Rinciannya, efisiensi 335 menit pada KA Argo, 405 menit pada KA Eksekutif, 1.433 pada KA Eksekutif Campuran, dan 55 menit pada KA Ekonomi,” tuturnya.

Baca juga: Penjelasan KAI soal Harga Tiket Kereta Disebut Lebih Mahal dari Pesawat

Contoh KA yang mengalami waktu tempuh yang semakin cepat adalah KA Mutiara Selatan dengan relasi Surabaya Gubeng-Bandung.

Waktu tempuh perjalanan tersebut yang sebelumnya selama 12 jam 15 menit menjadi 11 jam 3 menit, sehingga perjalanan tersebut lebih singkat 72 menit.

Selain itu, juga ada KA Bima dengan relasi Gambir-Surabaya Gubeng yang perjalanannya lebih singkat 61 menit.

Dari waktu tempuh sebelumnya mencapai 11 jam 31 menit menjadi 10 jam 30 menit.

Selain percepatan waktu tembuh, pemberlakuan Gapeka 2023 juga berpengaruh terhadap penambahan jumlah perjalanan KA dari Gapeka sebelumnya.

Pada KA penumpang, bertambah 48 perjalanan dari 605 menjadi 653 KA. Sedangkan pada KA Barang, bertambah sebanyak 6 Ka yang awalnya 322 KA menjadi 328 KA.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Kereta Api Bogowonto Vs Kontainer di Cirebon

Faktor pemberlakuan Gapeka 2023

Joni mengatakan, terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka 2021 ke 2023.

Salah satu faktor tersebut adalah adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) seperti di lintas Gedebage-Haurpugur yang sebelumnya hanya satu rel.

Faktor lainnya yakni adanya pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung-Bekasi, sehingga bisa terjadi peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam dan perubahan sistem persinyalan.

Selain itu, juga terdapat pengoperasian jembatan BH 1120 di lintas Bumiayu-Linggapura yang baru saja selesai dibangun.

Tiket sudah bisa dibeli untuk Gapeka 2023

Joni menjelaskan, masyarakat sudah bisa membeli tiket kereta api untuk keberangkatan pada tanggal awal bulan Juni, ketika Gapeka 2023 sudah diberlakukan mulai 1 Juni 2023.

Diketahui bahwa masyarakat sudah bisa membeli tiket perjalanan KA untuk keberangkatan KA mulai H-30.

Tiket dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, atau seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI.

Baca juga: Viral, Video Naik KA Siantar Ekspres Disebut seperti Kereta Tahun 1980-an, Ini Kata KAI

Imbauan KAI

KAI mengimbau kepada para masyarakat yang ingin menggunakan KA dengan keberangkatan 1 Juni 2023 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket, agar tidak tertinggal KA.

Hal itu dikarenakan banyak jadwal yang berubah pada Gapeka 2023.

“Kami berharap dengan pemberlakuan Gapeka 2023 ini, pelanggan kereta api akan semakin meingkat melalui berbagai peningkatan pelayanan seperti waktu perjalanan yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan kereta api, dan lainnya,” terang Joni.

Untuk info selengkapnya terkait jadwal terbaru KA penumpang mulai 1 Juni 2023, Joni mengatakan bahwa masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

Baca juga: Ramai soal Kondektur Perempuan Berdinas Kereta Api, KAI: Persamaan Hak dalam Berkarier

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi