Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KMP Royce 1 Terbakar di Perairan Merak, Diduga karena Bus Kebakaran

Baca di App
Lihat Foto
Dokumentasi Kantor SAR Banten
KMP Royce 1 dilaporkan terbakar ketika menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni pada Sabtu (6/5/2023) sore.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com- Kapal Motor Penumpang (KMP) Royce 1 dilaporkan terbakar saat berangkat dari Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada Sabtu (6/5/2023) sore.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengonfirmasi bahwa KMP Royce 1 terbakar di Selat Sunda sekitar pukul 15.45 WIB.

Pihaknya mengatakan, KMP Royce 1 merupakan kapal milik PT Damai Lintas Bahari (DLB) yang melayani penyeberangan Merak menuju Banten.

"PT ASDP Indonesia Ferry mengonfirmasi bahwa telah terjadi kebakaran di KMP Royce 1," kata Shelvy kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: KMP Royce 1 Terbakar di Selat Sunda, Upaya Evakuasi Penumpang Terus Dilakukan

Proses evakuasi masih berlangsung

Terkait kebakaran yang melanda KMP Royce 1, Shelvy menerangkan bahwa saat ini proses evakuasi masih berlangsung.

Ia mengatakan, kapal tersebut terbakar sebelum melintasi Pulau Tempurung Merak, namun api yang sempat berkobar sudah dipadamkan.

Saat ini, ASDP berencana untuk menyandarkan dan mengevakuasi KMP Royce 1 ke Pelabuhan Merak.

"Tim BPTD, ASDP, Basarnas, dan isntansi terkait elah berkoordinasi untuk segera mengondisikan kapal sandar di Merak dan dapat segera melakukan evakuasi kepada seluruh pengguna jasa," papar Shelvy.

Ia menegaskan, saat ini pihaknya sedang fokus melakukan evakuasi dan penyebab kebakaran menunggu investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Baca juga: Pencarian ABK WNI Korban Kebakaran Kapal Malaysia MT Tiger Star Dihentikan

Diduga karena bus kebakaran

Terpisah, Kepala Kantor SAR Banten Adil Triyanto menyampaikan bahwa pihaknya telah terjun untuk mengevakuasi penumpang KMP Royce.

SAR Banten menerima laporan kebakaran sekitar pukul 15.08 WIB dan proses evakuasi segera dilakukan bersama sejumlah pihak, seperti Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten, Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Banten, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Banten.

Evakuasi juga melibatkan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), ASDP Merak, Palang Merah Indonesia (PMI), dan nelayan.

"Evakuasi selesai pukul 17.30 WIB. Untuk jumlah korban selamat masih dalam pendataan petugas," jelas Adil kepada Kompas.com.

Ia menyampaikan, dugaan sementara KMP Royce 1 terbakar karena sebuah bus yang berada di dalam kapal mengalami kebakaran.

Namun, kronologi dan penyebab pasti kebakaran KMP Royce masih menunggu penyelidikan.

Baca juga: Satu Korban Kebakaran Kapal MT Kristin Ditemukan, Masih Gunakan Pakaian Kerja

Minta bantuan sejak pukul 15.04 WIB

KMP Royce 1 sebelumnya sudah meminta bantuan kepada petugas di Pelabuhan Merak ketika kapal tersebut terbakar.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Dirpolairud Polda Banten Kombes Pol Andree Gama Putra dalam keterangan resminya kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Ia menjelaskan, Ditpolairud Polda Banten yang mendapat laporan KMP Royce 1 Kebakaran langsung mengerahkan kapal dan personel untuk mengevakuasi penumpang sekitar pukul 15.30 WIB.

"Kami dari Ditpolairud Polda Banten mengerahkan 3 unit kapal dan 1 RIB serta menerjunkan personel sebanyak 25 personel darat," jelasnya.

Andree menyampaikan, KMP Royce 1 meminta bantuan karena muncul kobaran api di kapal sekitar pukul 15.04 WIB.

Kapal tersebut juga meminta bantuan ke kapal Tug boat yang ada disekitar untuk dilakukan pemadaman.

"Kemudi sudah tidak berfungsi atau eror dan 1 mesin sudah mati serta kapal KMP Royce 1 Lego jangkar di koordinat -5.937150 derajat, 105.957080 derajat," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi