Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi dkk Dikabarkan Akan Tanding Lawan Timnas Indonesia, Berapa Biaya Undang Timnas Argentina?

Baca di App
Lihat Foto
Twitter/@Argentina
Timnas Argentina saat memenangkan trofi Piala Dunia 2022.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Belakangan ini santer beredar kabar yang menyebut tim nasional sepak bola Indonesia akan menghadapi Argentina dalam sebuah pertandingan persahabatan.

Kabar ini salah satunya diberitakan oleh media lokal asal Argentina yang menyebut timnas tersebut akan bertanding melawan Indonesia tahun ini.

El Litoral menyebut tim juara Piala Dunia 2022 akan melakukan tur ke Asia dalam rangkaian FIFA Matchday di bulan Juni 2023.

China dan Indonesia disebut sebagai dua negara yang akan menjadi tempat bertanding grup pimpinan kapten Lionel Messi tersebut.

Tim dengan julukan La Albicelestes ini dikabarkan akan bertandang ke Beijing pada 14 atau 15 Juni 2023. Sementara Jakarta akan dikunjungi tanggal 18 atau 19 di bulan yang sama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai tur di Asia, Argentina akan melakoni kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Ekuador dan Bolivia pada September mendatang.

Baca juga: Duduk Perkara Lionel Messi Dihukum PSG: Dilarang Bermain, Tidak Digaji, hingga Kontrak Tidak Diperpanjang


Butuh modal miliaran

Terkait kabar pertandingan persahabatan yang akan dilakoni Argentina, New York Times menyebut pihak pengundang harus menggelontorkan miliaran rupiah untuk bertanding melawan Messi dkk.

Menurut media tersebut, Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memasang tarif minimal 5 juta dolar AS atau setara dengan Rp 73,4 miliar untuk bisa bertanding melawan tim dari Amerika Selatan itu.

Biaya yang tinggi ini tidak lepas dari rencana AFA meningkatkan pendapatan komersil dan jangkauan pertandingan yang dilakoni timnas. Negara ini juga tidak ingin kalah dari tetangganya, Brasil.

Di sisi lain, Argentina saat ini tengah memiliki daya tarik tinggi setelah berjaya memenangkan Piala Dunia 2022 dan Copa America 2021. 

Bagi penyelenggara, pertandingan ini jelas akan mendatangkan keuntungan dari penjualan tiket, hak siar televisi, dan pendapatan komersial lainnya.

Hingga saat ini, AFA belum memberikan pengumuman terkait tim yang akan melawan Argentina. Informasi baru akan diumumkan setelah keluar keputusan dari pelatih Lionel Scaloni.

Baca juga: Wajah Lionel Messi Diusulkan Jadi Ikon Mata Uang Kertas Argentina

Respons PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengeluarkan tanggapan atas kabar yang beredar ini.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (5/5/2023), Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali baru memastikan timnas Garuda akan menghadapi Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada 14 Juni 2023.

"Yang sudah pasti tanggal 14 Juni, timnas Indonesia akan melawan timnas Palestina di Stadion GBT, Surabaya," ucap Zainudin Amali.

Namun, rencana kedatangan Argentina untuk melawan timnas Indonesia belum bisa ia pastikan.

Ia hanya memastikan bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir sedang berusaha mendatangkan tim nasional berkualitas baik untuk melawan Indonesia.

"Yang jelas Ketum PSSI Pak Erick Thohir sedang mengusahakan beberapa timnas negara-negara yang sudah maju sepak bolanya bisa datang ke Indonesia untuk melawan timnas Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi