Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Siniar KG Media
Bergabung sejak: 15 Okt 2021

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Intip Dancer dalam MV “Shoong” Tae Yang Ft. Lisa BLACKPINK

Baca di App
Lihat Foto
THEBLACKLABEL/Shoong MV
Dancer dalam MV Shoong Tae Yang Ft. Lisa Blackpink menarik perhatian karena pernah tampil di acara survival tari milik Mnet.
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Pada 25 April lalu, Tae Yang BIGBANG merilis mini album bertajuk “Down To Earth”. Dengan total enam lagu, Tae Yang juga melakukan kolaborasi dengan beberapa musisi, seperti Jimin BTS, Beenzino, LISA BLACKPINK, hingga BRYAN CHA$E.

Namun, terdapat satu lagu yang menarik penonton, yaitu “Shoong”. Setelah THEBLACKLABEL mengeluarkan performance video dari lagu ini, banyak orang yang penasaran dengan penari yang mendampingi Tae Yang dan LISA.

Informasi ini pun dibahas pula dalam Kamjagiya Korea! episode “MV “Shoong” Taeyang ft. Lisa BLACKPINK, Koreografer yang Pernah Tampil di America’s Got Talent 2017!” dengan tautan akses dik.si/KamKorShoong.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlebih, bagi penggemar yang mengikuti serial “Street Dance” dari MNET tentu tak asing dengan para penari ini. Pasalnya, mereka semua pernah mengikuti acara ini, baik itu “Street Woman Fighter” dan “Street Man Fighter”.

Lantas, siapa sajakah para penari yang berada dalam performance video “Shoong”?

Wootae Mbitious

Penari pertama adalah Chae Woo Tae dari kru Mbitious. Dikenal sebagai profesor muda karena telah mengajar di universitas pada usia muda, WOOTAE telah memiliki beragam pengalaman dalam dunia tari, khususnya dalam koreografi.

Baca juga: Kim Woo Bin Menjadi Ksatria Legendaris di Drama “Black Knight”

Sebelum bergabung menjadi anggota Mbitious, WOOTAE terlebih dahulu mengikuti ajang survival “Be Mbitious”. Dalam ajang “Street Man Fighter”, pria ini berhasil menang dalam misi menciptakan koreografi untuk lagu “Law”.

Tak hanya itu, sepak terjang pria kelahiran 1991 ini juga tak perlu diragukan. Ia adalah koreografer sekaligus penari untuk banyak artis K-Pop, seperti Baek Hyun EXO, Tae Min SHINee, BoA, Jay Park, hingga HIGHLIGHT.

Kwon Twins dan Hyunse YGX

Jika kalian melihat sosok penari dalam “Shoong” dengan wajah yang identik, mereka adalah Kwon Twins. Sang kakak bernama Kwon Young Deuk dengan nama panggilan Deuki, sementara sang adik bernama Kwon Young Don atau kerap dikenal sebagai Dony.

Selain itu, ada pula Park Hyun Se yang merupakan rekan satu kru.

Ketiga pria ini tergabung dalam kru YGX yang juga mengikuti acara “Street Man Fighter”. Dalam acara itu, Dony menjadi pemimpin kru. Sayangnya, meskipun Kwon Twins memiliki banyak penggemar, YGX tak berhasil mencapai final.

Meski begitu, kemampuan menarinya tak perlu diragukan. Ketiganya merupakan penari untuk para artis YG Entertainment, seperti Jisoo dan Rose. Bahkan, Kwon Twins juga pernah menjadi pelatih tari dalam ajang survival “MIXNINE”.

Sementara itu, Hyun Se juga kerap membuka kelas di berbagai studio tari.

Lee Jung YGX

Salah satu dari dua penari perempuan dalam “Shoong” adalah Lee Jung. Sejak kecil, perempuan kelahiran 1998 ini telah tertarik dengan dunia tari. Berawal dari lagu “Tell Me” oleh Wonder Girls, ia berpartisipasi dalam acara pencarian bakat yang diadakan sekolah saat duduk di kelas tiga sekolah dasar.

Dari situ, perempuan ini percaya bahwa ia dilahirkan untuk menari sebab Lee Jung merasa bahagia. Pada 2015, Lee Jung mulai bergabung dengan Just Jerk dan tampil di America's Got Talent 2017. Sayangnya, ia dan krunya harus tersingkir pada perempat final.

Pada 2019, Lee Jung pun resmi bergabung dengan YGX Entertainemnt yang berfokus pada akademi tari. Dari sinilah, ia mulai menciptakan berbagai koreografi yang ikonik. Salah satunya adalah ‘shoulder dance’ ITZY dalam lagu “Wannabe” yang sangat terkenal.

Baca juga: 5 Artis Korea yang Sukses di Agensi Baru

Perempuan ini bahkan juga berperan sebagai pelatih tari untuk Na Yeon dan Momo TWICE, Rose BLACKPINK, dan Jeon So Mi. Pada 2021, Lee Jung bersama krunya, YGX, mengikuti kompetisi Street Woman Fighter dan berhasil finish di urutan kelima.

Noze WAYB

Dengan nama asli Noh Ji Hye, penari ini menarik banyak orang dengan visualnya yang bak idol K-Pop.

Perempuan kelahiran 1996 ini awalnya mulai dikenal khalayak luas saat menjadi penari untuk penampilan lagu “Mmmh” milik KAI. Bahkan, videonya berhasil menembus satu juta penayangan.

Setelah itu, ia pun menjadi pemimpin kru WAYB dan mengikuti kompetisi “Street Woman Fighter”. Sayangnya, tak jarang orang meremehkan kemampuan tariannya karena dianggap terlalu cantik. Padahal, Noze berhasil menciptakan koreografi “Hey Mama” yang fenomenal itu.

J Ho & Young J Just Jerk

Dua penari terakhir adalah J Ho dan Young J asal kru Just Jerk. Kru ini dikenal sebagai kru tari kelas dunia karena telah berhasil memenangkan serangkaian kompetisi internasional. Mereka bahkan dihormati layaknya atlet karena telah mengharumkan nama negara.

Baca juga: J-Hope BTS Wamil, Ini Sejarah Wajib Militer di Korea Selatan

Kru ini didapuk sebagai pengisi dalam acara pembukaan Pyeongchang Winter Olympics tahun 2018. Sebagai pemimpin, Young J, dikenal sebagai sosok yang tegas dan sangat mengutamakan kekompakan.

Usahanya ini pun membuahkan hasil karen Just Jerk keluar sebagai juara pertama di kompetisi “Street Man Fighter”.

Tak hanya itu, video tari dalam misi “Mega Crew Mission” mereka pun viral karena memiliki gerakan yang sangat selaras.

Ingin tahu informasi terkini lainnya seputar grup idola hingga budaya Korea? Yuk, dengarkan Kamjagiya Korea! hanya di Spotify. Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru dalam playlist YouTube Medio by KG Media.

Dengarkan pula informasi lebih lanjut seputar lagu “Shoong” milik Tae Yang dalam Kamjagiya Korea! episode “MV “Shoong” Taeyang ft. Lisa BLACKPINK, Koreografer yang Pernah Tampil di America’s Got Talent 2017!” dengan tautan akses dik.si/KamKorShoong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi