Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MrBeast Umumkan Pemenang Giveaway Uang, Mengapa Disebut Ilegal?

Baca di App
Lihat Foto
instagram.com/mrbeast
Repost postingan MrBeast dari warganet di Instagram.
|
Editor: Farid Firdaus

KOMPAS.com - YouTuber terkenal, MrBeast dalam unggahannya mengumumkan 10 orang pemenang yang mendapatkan hadiah uang tunai dari dirinya.

Pengumuman tersebut disampaikan dalam unggahan stori akun Instagramnya, @mrbeast.

"Thank you all for participating in my birthday post. Here are the 10 winners," tulisnya sembari menunjukkan beberapa orang pemenang dari giveaway yang ia adakan.

Dikutip dari Hype, salah satu pemenang hadiah MrBeast ini adalah seorang seniman dari Singapura.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diketahui, MrBeast belakangan ini banyak menarik perhatian publik dari berbagai negara di dunia.

Hal ini setelah dia mengumumkan akan membagikan uang 10.000 dolar AS atau sekitar Rp 147 juta kepada warganet yang beruntung pada 7 Mei 2023 lalu.

Ia mengatakan, uang tersebut ia bagikan dalam rangka ulang tahunnya yang ke-25 dengan catatan pengikutnya bersedia memposting stori foto gambar dirinya yang tengah membawa koper berisi banyak uang.

Baca juga: Unggahan MrBeast Bagi-bagi Uang Hilang dari Instagram

Berpotensi ilegal

Dikutip dari Yahoo, Instagram telah menghapus postingan dari MrBeast terkait unggahannya yang mengumumkan ia akan membagikan uang tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman tersebut, hilangnya unggahan MrBeast terjadi setelah akun Twitter @RobertFreundlaw yang merupakan pengacara untuk brand, agensi dan pembuat konten menyampaikan dalam utasnya bahwa kemungkinan apa yang dilakukan MrBeast adalah ilegal.

Dalam utasnya Freund juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan MrBeast kemungkinan  melanggar undang-undang di negara bagian.

"Pertama, Term of Service (TOS) Instagram mengharuskan Anda menyertakan rilis lengkap Instagram oleh peserta dan pengakuan bahwa promosi tidak terkait dengan Instagram. Postingan Mr Beast tak menyertakan rilis atau penjelasan," kata dia.

Melanggar ketentuan tersebut menurut Freund bisa berakibat pada penghentian akun, namun menurutnya konsekuensi yang dialami MrBeast hanya akan berupa konsekuensi ringan.

Freund juga menilai postingan Instagram MrBeast juga berpotensi melanggar Undang-undang negara bagian California (CA).

"Di bawah undang-undang CA, peraturan resmi itu harus mencantumkan, antara lain: nama operator giveaway, persyaratan kelayakan apa pun, pernyataan dengan huruf besar bahwa tidak diperlukan pembelian, metode masuk, dan batasan jumlah entri apa pun," katanya lagi.

Menurut dia, postingan MrBeast juga melanggar undang-undang negara bagian Florida, meskipun kemudian MrBeast menyampaikan bahwa giveaway yang ia adakan tak termasuk negara bagian New York.

"Intinya tidak terlalu rumit untuk mematuhi undang-undang undian, tetapi penting untuk mengetahui aturan dan risikonya," kata Freund.

"Pikirkan masalahnya dan rencanakan hadiah Anda untuk sukses, sehingga Anda dapat menghindari potensi kerugian saat mengembangkan merek Anda," sambungnya.

Baca juga: Ramai Warganet “Repost” Postingan MrBeast di Instagram, Ada Apa dan Siapa Dia?

Tetap lanjutkan undian

Usai postingannya dihapus Instagram, MrBeast tetap melanjutkan giveaway yang ia adakan. Bahkan ia menambah jumlah penerima hadiah menjadi 10 orang.

Dengan demikian total hadiah yang ia bagikan adalah 100.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Siapa MrBeast?

MrBeast merupakan seorang pembuat konten YouTube terkenal yang memiliki nama asli Jimmy Donaldson.

Dikutip dari Kompas.com Rabu (10/5/2023), pria asal Amerika Serikat itu menjadi salah satu YouTuber dengan jumlah pengikut paling banyak di dunia.

Jimmy alias MrBeast sekarang memiliki 152 juta subscriber di YouTube. Dia juga memiliki banyak pengikut di Instagram.

Saat ini, MrBeast telah memiliki 39,7 juta pengikut di Instagram.

Jimmy memulai karirnya di dunia YouTube sejak 2012. Sebelum terkenal dengan nama akun “MrBeast”, Jimmy mengawalinya dengan nama “MrBeast600”.

Awal-awal menjajaki YouTube, MrBeast banyak membuat konten-konten game dan kini terkenal dengan konten tantangan dalam skala besar dan bagi-bagi hadiah.

Salah satu konten bagi-bagi hadiah buatan MrBeast dan timnya yang sangat populer adalah video bertajuk “Squid Game in Real Life”.

Baca juga: Heboh YouTuber MrBeast Bagi-bagi Uang 50.000 Dollar AS pada Hari Ulang Tahunnya, Kini Unggahan Hilang di Instagram

Banyak digunakan scamer

Dikutip dari laman Makeusof, nama MrBeast kerap digunakan oleh para penipu untuk melakukan penipuan.

Dalam penipuan yang mengatasnamakan MrBeast seringkali menggunakan iklan popup dan menyebut YouTuber itu sedang bagi-bagi uang.

Popup tersebut kemungkinan akan ditemukan saat seseorang berselancar di situs-situs internet, dan mengharuskan seseorang untuk mengisi data dirinya.

Saat pengguna membuka halaman giveaway palsu, mereka ditawari kesempatan untuk mengklaim hadiah mereka dengan mengklik tombol "Klaim Hadiah" dan mengikuti petunjuk yang diuraikan di halaman tersebut.

Baca juga: Kenapa Warganet Ramai Bikin Giveaway Ponsel? Ini Penjelasan Pengamat

Ketika mereka mengklik tombol tersebut, mereka diarahkan ke halaman dengan perangkat lunak untuk diunduh.

Pengguna mengunduh perangkat lunak dengan mengikuti petunjuk di halaman web unduhan.

Saat pengunduhan selesai, pengguna diminta memasukkan alamat email terdaftar PayPal mereka, tempat mereka dapat menerima hadiah uang tunai.

Namun, sebenarnya scammers hanya memikat untuk mengungkapkan alamat email Anda atau menyusupkan malware ke komputer.

Adapun untuk menghindarinya adalah jangan sekali-sekali mengisikan data diri pada link semacam itu ataupun menginstal aplikasi sembarangan.

Baca juga: Ramai E-KTP Disebut Scam, Ini Tanggapan Dukcapil

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi