Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Tim Basket Putri Indonesia, Pertama Kalinya Raih Emas SEA Games

Baca di App
Lihat Foto
Dok. PERBASI
Timnas basket putri Indonesia saat melawan Filipina pada pertandingan fase grup SEA Games 2023 Kamboja di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2, Phnom Penh, pada Jumat (12/5/2023). Terkini, timnas basket putri Indonesia telah memenangi semua laga dan berhasil memastika raihan medali emas SEA Games 2023 Kamboja.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Tim nasional bola basket putri Indonesia sukses meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja, Minggu (14/5/2023).

Dalam laga final, timnas putri Indonesia mengalahkan Singapura dengan skor akhir 86-30. Kemenangan ini membuat Indonesia mengumpulkan 12 poin dari enam pertandingan dan berhak mendapatkan medali emas.

Prestasi ini sekaligus menjadi momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya timnas basket putri Indonesia meraih medali emas SEA Games. 

Sebagai catatan, cabang olahraga basket putri SEA Games 2023 terbagi menjadi dua nomor, yaitu 5X5 dan 3X3.

Basket putri nomor 5X5 yang dimenangkan Indonesia diikuti oleh tujuh negara, yaitu Indonesia, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap peserta akan bertemu satu sama lain untuk mencari tiga tim dengan poin terbaik. Tiga tim tersebut akan mendapatkan medali emas, perak, atau perunggu.

Baca juga: Cerita Atlet Perwira TNI AD Agus Prayogo Raih Emas SEA Games 2023: Lari di Tengah Suhu 40 Derajat, Penerangan Gunakan Lampu Mobil


Tim basket putri Indonesia di SEA Games 2023

Dikutip dari akun Instagram resmi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), tim bola basket putri Indonesia dilatih oleh Lin Chi Wen dan manajer Hennie Widjojo.

Indonesia menurunkan 12 pemain untuk nomor 5X5, berikut daftar pemainnya: 

Di antara para pemain tersebut, Dyah Lestari, Agustin Retong, Adelaide Callista Wongsohardjo, dan Kimberley Pierre Louis ikut bertanding dalam nomor 3x3.

Tim basket putri 3X3 meraih medali perunggu usai menggalahkan Kamboja dengan skor 21-15 di Morodok Techo National Stadium, Elephant Hall 2 pada Minggu (7/5/2023).

Baca juga: Profil Agus Prayogo, Atlet Perwira TNI AD Pengoleksi 7 Emas SEA Games

 

Perjuangan basket putri Indonesia di SEA Games 2023

Tim basket putri Indonesia meraih hasil apik sepanjang SEA Games 2023. Di semua pertandingan, mereka selalu meraih kemenangan.

Dikutip dari Kompas.com mereka meraih kemenangan atas Vietnam (67-62), Thailand (70-69), dan Malaysia (85-57).

Kemudian, mereka juga berhasil mengalahkan juara bertahan Filipina pada Jumat (12/5/2023) dengan skor 89-68.

Dalam laga ini, Yuni Anggraeni menyumbang hingga 24 poin. Raihan ini sekaligus menjadikan pemain bernomor punggung 13 ini sebagai pencetak gol terbanyak.

Di laga kelima, Indonesia kembali pulang sebagai juara usai mengalahkan tuan rumah 100-54 pada Sabtu (13/5/2023).

Dilansir dari Kompas.com, 10 skor kemenangan yang sudah diraih sepanjang lima pertandingan telah menempatkan Indonesia sebagai pemenang cabor ini.

"Saya bingung mau berbicara apa karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata, bangga," kata penanggung jawab timnas basket putri, Christopher Tanuwidjaja.

Jika kalah di pertandingan terakhir melawan Singapura, timnas akan meraih lima kemenangan dan satu hasil kekalahan. Posisi ini tetap lebih tinggi dari lawan lainnya, yakni Malaysia dan Filipina yang punya skor 7 dengan satu kekalahan.

Namun, kekhawatiran kalah itu tidak terbukti. Tim basket putri tetap menang dalam pertandingan terakhir mereka.

Tim Merah Putih meraih skor 86-39 atas Singapura di Morodok Techo Indoor Sport Elephant Hall 2, Minggu (14/5/2023). Pencapaian ini membuat Indonesia meraih medali emas dengan total 12 poin dari enam laga.

Prestasi ini juga mengukir sejarah timnas basket putri Indonesia memenangkan medali emas.

“Ini sejarah yang luar biasa untuk bola basket putri Indonesia. Anda adalah pahlawan bangsa. Terima kasih, selamat untuk Perbasi," kata FIBA Central Board Member, Erick Thohir, dikutip dari Kompas.com.

Sebelumnya, pencapaian terbaik timnas basket putri Indonesia adalah medali perak pada SEA Games 1991, 2015, dan 2021.

Prestasi timnas basket putri Indonesia di SEA Games

Berikut deretan prestasi yang diraih timnas basket putri sepanjang perhelatan SEA Games:

  • SEA Games 1991: perak
  • SEA Games 1997: perunggu
  • SEA Games 2015: perak
  • SEA Games 2017: perunggu
  • SEA Games 2019: perunggu
  • SEA Games 2021: perak
  • SEA Games 2023: emas. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi