Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Dikeluhkan Warganet, Uang Kertas Tahun Emisi 2022 Justru Raih Penghargaan Uang Baru Terbaik Sedunia

Baca di App
Lihat Foto
YouTube.com/Bank Indonesia
Gambar uang kertas baru emisi 2022.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Tujuh uang kertas tahun emisi 2022 mendapat penghargaan dari International Association of Currency Affairs (IACA) pada Currency Award ke-17 tahun 2023 di Meksiko (16/5/2023).

Uang kertas terbaru milik Indonesia itu dinobatkan sebagai best new banknote series atau seri uang kertas baru terbaik setelah mengalahkan 4 finalis lainnya.

Keempat finalis itu adalah uang dari Bank Sentral Costa Rica, Bank Sentral Meksiko, Bank Sentral Filipina, dan Bank Sentral Bahamas.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengapresiasi prestasi tersebut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Capaian pada posisi tertinggi dari uang Rupiah Tahun Emisi 2022 dalam penghargaan tingkat dunia tersebut merupakan salah satu bentuk afirmasi dunia internasional atas kualitas uang Rupiah Indonesia," ujarnya, dilansir dari laman resmi Bank Indonesia.

Kesuksesan ini merupakan kelanjutan dari pencapaian sebelumnya yang diraih oleh uang peringatan 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pecahan Rp 75.000 sebagai finalis best commemorative pada Currency Award tahun 2022.

Perlu diketahui, IACA Currency Awards merupakan penghargaan yang diberikan terhadap pencapaian atas perkembangan dan inovasi di sektor pembayaran tunai.

Pada 2023, puncak IACA Curency Awards digelar dalam konferensi yang diadakan di Kota Meksiko dan diikuti oleh 29 negara.

Penghargaan IACA pertama kali diberikan pada 2007. Tujuannya untuk mempromosikan dan mengakui kualitas uang kertas dan uang logam, proses, manajemen, distribusi, dan aktivitas yang berkaitan dengan uang tunai.

IACA berpusat di Texas, Amerika Serikat, dan berdiri tahun 2004. IACA adalah organisasi non-profit independen yang mendorong kualitas siklus uang tunai.

Baca juga: Warna Uang Rp 2.000 Terbaru Mirip dengan Rp 50.000 Edaran Lama, Apakah Akan Diganti BI?


Desain jadi indikator penilaian

Menariknya, salah satu indikator penilaian penghargaan itu adalah tampilan serta desain uang kertas.

Padahal, desain dan tampilan uang Rupiah tahun emisi 2022 kerap dikeluhkan warganet, salah satunya soal warna uang Rp 2.000 yang disebut mirip dengan uang Rp 50.000 edaran lama.

"Kacau sih. Beberapa kali juga hampir kegocek beginian. Ini tolong tim desain
@peruri_id mestinya lebih kreatif lagi. Misalnya motif polkadot gitu dan warnanya dibikin kontras," tulis akun ini

"HAHA kemarin saweran di rumah, pada kegocek ni 2rebu dikiranya gocap, pas udhan yg ikut saweran pede bgt bilang dah aman nih ada gocapnya (dia dpt 3biji) taunya 2rebu semua wkwkwkwk," ucap akun lainnya. 

"Ya ampun!!! Baru aja kejadian tadi pas di warung aku mau kasih kembalian pelanggan ku 27k ya ada uang pecahan 20rb 5rb sama uang 2rb trus pelanggan ku balik katanya aku malah ngasih kembalian lebih jatih nya 75k, ternyata uang 2rb nya aku ganti sama uang 50rb untung aja," kata warganet

Selain dari segi desain dan tampilan, indikator penilaian lainnya berupa inovasi dan keunikan fitur keamanan, integrasi unsur sejarah dengan konten lokal yang berkaitan dengan negara penerbit, dan efektivitas dari integrasi fitur keamanan.

Baca juga: Warganet Keluhkan Warna Uang Rp 2.000 Terbaru Hampir Mirip dengan Rp 50.000 Edaran Lama, BI Ungkap Alasannya

Uang kertas tahun Emisi 2022

Diberitakan sebelumnya, Erwin mengatakan bahwa cetakan uang Rupiah tahun emisi 2022 memiliki kelebihan dibandingkan uang kertas lainnya.

"Pertama dari sisi ukuran sangat berbeda, khususnya ini mengakomodasi masukan dari komunitas tuna netra supaya lebih memudahkan," terangnya.

Uang kertas tahun emisi 2022 memang memiliki ukuran yang berbeda untuk tiap nominalnya. Semakin besar nominalnya, ukurannya juga akan semakin panjang. Begitu sebalilknya.

Uang kertas tahun Emisi 2022 diluncurkan oleh Bank Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 bertepatan dengan momen peringatan 77 tahun Kemerdekaan RI.

Uang rupiah tahun emisi 2022 mengusung tema “Bersatu Dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI" dengan menampilkan pahlawan nasional, ragam budaya, dan lanskap Nusantara.

Uang Rupiah ini dilengkapi dengan berbagai penguatan dan inovasi pada aspek desain, unsur pengaman, dan bahan uang agar uang Rupiah semakin indah, lebih aman, dan lebih tahan lama.

Inovasi dan penguatan pada uang Rupiah tersebut menjadikan uang Rupiah semakin mudah dikenali, sulit untuk dipalsukan, serta memiliki masa edar lebih lama sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya serta menjadi kebanggaan sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi