Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS Monas Half Marathon 2023, Mengenal "Half Marathon"

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Ilustrasi lari maraton
|
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

KOMPAS.com - Half marathon adalah sebuah perlombaan lari jarak menengah yang memiliki jarak sekitar 21,0975 kilometer atau sekitar setengah dari jarak marathon penuh.

Biasanya, half marathon diadakan sebagai acara terpisah atau sebagai bagian dari acara marathon yang lebih besar. Ini adalah jarak yang menantang, namun tetap dapat dijangkau oleh banyak pelari, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru memulai.

Salah satu alasan mengapa half marathon begitu populer adalah karena jaraknya yang merupakan titik tengah antara lari jarak pendek dan marathon penuh.

Bagi pelari yang ingin tantangan lebih besar daripada lari 10 kilometer, tetapi masih merasa terlalu jauh untuk mencoba marathon penuh, half marathon adalah pilihan ideal. Ini memberikan kesempatan untuk menguji daya tahan dan kekuatan fisik dengan tetap memberikan ruang bagi pemula untuk mencapai tujuan mereka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, half marathon juga menawarkan pengalaman komunitas yang unik. Acara lari ini sering diikuti oleh ribuan orang dari berbagai usia dan latar belakang yang berbagi semangat dan tujuan yang sama.

Lingkungan yang positif dan dukungan dari sesama peserta dapat memberikan motivasi tambahan untuk menyelesaikan perlombaan.

LPS Monas Half Marathon

LPS Monas Half Marathon adalah ajang lari yang diselenggarakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama harian Kompas. Para peserta akan mulai berlari dari Monumen Nasional (Monas) dan mengakhirinya di ”Race Village” di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Total hadiah yang disiapkan Rp 992 juta.

Sesuai namanya, dalam LPS Monas Half Marathon para peserta ditantang menempuh 21,095 kilometer dengan batas waktu 3 jam 30 menit.

Baca juga: LPS Monas Half Marathon Hadirkan Rute yang Memanjakan dan Menantang

Direktur Lomba LPS Monas Half Marathon Andreas Kansil memastikan rute lomba lari yang digelar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bersama harian Kompas ini menawarkan pengalaman berbeda yang akan memanjakan para pelari.

”Pengalamannya juga akan berbeda, terutama karena melewati tempat-tempat ikonik dan bersejarah, seperti Patung Pemuda, Tugu Tani, Stasiun Gambir, Lapangan Banteng, Gereja Katedral, dan Bundaran HI,” kata Andreas Kansil.

Para peserta LPS Monas Half Marathon akan menempuh rute dengan titik start dan finis yang berbeda (point to point). Lintasan lari terbentang dari Monumen Nasional dan berakhir di Istora Gelora Bung Karno, Senayan.

Para pelari juga akan melewati rute hari bebas kendaraan bermotor Jalan Sudirman-Thamrin.

Vice General Manager Event Harian Kompas Budhi Sarwiadi mengatakan, melalui kegiatan ini, penyelenggara ingin berpesan bahwa Jakarta bisa dinikmati senyaman-nyamannya untuk berolahraga, khususnya olahraga lari.

”Sekaligus mengenalkan LPS Monas Half Marathon dan menghilangkan asumsi Jakarta belum memiliki acara olahraga yang bagus,” ujar Budhi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi