Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menaklukkan Rute LPS Monas Half Marathon 2023

Baca di App
Lihat Foto
DOK. HARIAN KOMPAS/STEPHANUS ARANDITIO
Para pelari dari berbagai komunitas lari yang mengikuti Run The Ground LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) Half Monas Marathon melakukan pemanasan sebelum berlari di Plaza BRI, Semanggi, Jakarta, Minggu (21/5/2023). Mereka berlari sepanjang 6 kilometer menyusuri rute Semanggi-Bundaran Hotel Indonesia.
|
Editor: Yohanes Enggar Harususilo

KOMPAS.com - Tujuh kota menggelar acara Run The Ground LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) Half Monas Marathon pada Minggu (21/5/2023) pagi. Ketujuh kota tersebut yakni Palopo, Blitar, Surabaya, Cirebon, Bandung, Tangerang, dan Jakarta.

Run The Ground sendiri menjadi ajang pemanasan untuk nanti bersaing di rute dari Monumen Nasional sampai Istora Senayan di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di Plaza BRI, Semanggi, Jakarta, misalnya, lebih dari 160 pelari dari komunitas lari BRI Runners dan berbagai komunitas lain berkumpul dan memulai pemanasan sejak pukul 05.30. Tak lama kemudian mereka langsung berlari melalui rute sepanjang 6 kilometer.

Mereka menyusuri Jalan Sudirman ke Bundaran Hotel Indonesia lalu memutar kembali ke Plaza BRI.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain BRI Runners, ada pula komunitas Askrindo Runners, BRI Venture, Jamkrindo Runners, Mind id Runners, dan Port Runners yang ikut serta lari pagi dari Plaza BRI. Komunitas lari lain, seperti Hoka, juga menggelar Run The Ground LPS Half Monas Marathon yang dimulai dari Mal FX Senayan dan komunitas Skolari dari Pintu 6 Kawasan Gelora Bung Karno.

Sementara itu, di Tangerang, Banten, lebih dari 100 pelari juga menggelar Run The Ground LPS Half Monas Marathon pada Minggu pagi sepanjang 5 kilometer.

Mereka mulai berlari dari Decathlon, Alam Sutera, menuju Jalan Jalur Sutera Boulevard, lalu menyusuri pinggir Danau Paser Ikan di Taman Alam Sutera lalu kembali ke Decathlon.

LPS Monas Half Marathon 2023 menawarkan rute dengan titik start dan finis berbeda.

Lintasan lari sepanjang total 21,0975 kilometer itu terbentang mulai dari Monumen Nasional, melewati Cikini, kemudian dilanjutkan ke Jalan Thamrin sampai Bundaran Senayan, lalu berakhir di Istora Senayan Gelora Bung Karno.

Berikut tiga tips untuk menaklukkan LPS Monas Half Marathon 2023:

Baca juga: Jelang LPS Monas Half Marathon, Pelari Antusias Ikut Run The Ground

1. Latihan tiga kali seminggu

Pelatih lari BRI Runners, Andre Caprina, menyarankan ribuan peserta LPS Half Monas Marathon harus menggenjot latihannya karena perlombaan tinggal 40 hari lagi. Peserta bisa melakukan latihan lari minimal tiga kali seminggu dan menjaga tempo dan pace saat berlari.

”Mulailah dari latihan endurance, fokus pada latihan jarak jauh, setiap hari minggu bisa coba 12, 15, sampai maksimal 15 kilometer. Jadi per minggunya bisa dijumlahkan sampai 30-40 km, bisa dibagi tiga atau empat hari latihan,” kata Andre.

2. Menjaga pola makan

Selain latihan lari, mereka juga harus menjalani latihan fisik menguatkan otot bagian kaki dan perut. Hal ini dibutuhkan agar stamina semakin prima dan tidak mudah lelah. Jauh lebih penting lagi, para peserta harus menjaga pola makan.

”Peserta harus melakukan carbo loading 4-5 hari sebelum hari-H, fokus konsumsi makanan karbo yang cukup banyak untuk menimbun energi yang cukup di tubuh kita,” tuturnya.

3. Atur ritme lari dan manajemen energi

pelari harus bisa mengatur ritme kapan harus melaju kencang atau lari biasa. Salah satu tantangan dalam rute ini adalah tanjakan yang cukup panjang di kawasan Dukuh Atas.

”Usahakan simpan energi di awal kemudian mempersiapkan diri untuk gas di akhir. Mereka juga akan bertemu pengguna jalan lain di car free day sehingga butuh manajemen energi,” ujar Andre.

Gelaran lari LPS Monas Half Marathon 2023 yang diselenggarakan Harian Kompas bekerja sama dengan LPS dan didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 992 juta.

Lomba lari LPS Half Monas Marathon bertemakan ”Restart for Change” ini diharapkan menjadi pemicu semangat seusai pandemi Covid-19. Ditargetkan sekitar 5.000 pelari mengikuti ajang tersebut.

Baca juga: LPS Monas Half Marathon 2023, Mengenal Half Marathon

Informasi lengkap dan pendaftaran LPS Hal Marathon dapat diakses melalui tautan: https://monashalfmarathon.com/

Artikel ini telah tayang di Kompas.id dengan judul "Tips Menaklukkan Rute LPS Half Monas Marathon dari Pelatih BRI Runners" | Penulis: Stephanus Aranditio, Editor: Hamzirwan Hamid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi