Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Beroperasi 12 Juli 2023, Benarkah Gratis Selama Sebulan?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Penampakan Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Tambun, Bekasi. Saat ini tarif LRT Jabodebek masih dalam kajian Kemenhub.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebutkan LRT Jabodebek akan digratiskan selama sebulan mulai 12 Juli 2023, viral di media sosial TikTok setelah diunggah oleh akun TikTok @artechproacc.

"LRT Jabodebek Gratis. Nah ini satu bulan pertama pemakaian LRT Jabodebek gratis buat pengguna umum," kata akun tersebut dalam videonya.

Dalam unggahan itu juga ditunjukkan tangkapan layar pemberitaan online yang menyebut bahwa "Mulai 12 Juli 2023, masyarakat bisa naik LRT Jabodebek Gratis selama sebulan,".

Hingga Sabtu (20/5/2023) unggahan tersebut telaah dilihat lebih dari 50.000 kali, dan disukai lebih dari 3.220 akun.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas benarkah LRT Jabodebek tersebut akan dioperasikan gratis selama sebulan mulai 12 Juli 2023?

Baca juga: Kabar Gembira! 12 Juli 2023, LRT Jabodebek Mulai Beroperasi

Penjelasan pengelola LRT Jabodebek

Kepala Divisi LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi menjelaskan, informasi LRT Jabodebek akan digratiskan selama sebulan menurutnya kurang tepatt.

"Bukan digratiskan, tapi akan diikutkan dalam joy trip dengan undangan atau akan diatur mekanisme mendaftar via medsos LRT," terang Purnomosidi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan karena LRT masih dalam tahap sosialisasi.

Menurutnya, LRT tersebut nantinya akan dioperasika dua rute, yakni LRT Bekasi Timur-Dukuh Atas, serta Harjamukti-Dukuh Atas.

Uji coba LRT Jabodebek

Sementara itu, dihubungi terpisah Manager Publik Relation LRT Jabodebek Kuswardoyo menjelaskan LRT Jabodebek telah dilakukan uji coba mulai Senin (15/5/2023) atau trail run tanpa membawa penumpang.

Uji coba tersebut menurutnya dilakukan untuk memastikan kesiapan menjelang pengoperasian dengan penumpang yang akan dilakukan pada 12 Juli 2023 nanti.

"Trial run saat ini akan dilakukan semua ujicoba perjalanan, mulai kondisi normal hingga kondisi tidak normal seperti saat terjadi gangguan perjalanan dan sebagainya," kata Kuswardoyo dihubungi Kompas.com, Sabtu (20/5/2023).

 

LRT Jabodebek beroperasi 17 Agustus 2023

Ia mengatakan, uji coba tanpa penumpang ini dilakukan untuk mensimulasikan apa dan bagaimana prosedur yang harus dikerjakan petugas saat menghadapi kondisi tidak normal tersebut.

Dirinya menjelaskan, mulai 12 Juli 2023 nanti, akan dilakukan soft launching di mana masyarakat secara terbatas bisa mencoba menggunakan LRT Jabodebek secara gratis.

Soft launching dengan jumlah terbatas ini menurutnya akan dilakukan sekitar sebulan hingga LRT beroperasi penuh mulai 17 Agustus 2023.

"Nantinya masyarakat yang ingin mencoba LRT secara gratis dapat mendaftarkan diri pada link yang akan kami sampaikan melalui media sosial LRT Jabodebek menjelang kegiatan tersebut dilaksanakan," katanya

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa LRT Jakarta dan LRT Jabodebek adalah dua transportasi berbeda.

"Saat ini LRT Jabodebek, adalah di bawah PT KAI sementara LRTJ di bawah pemprov Jakarta," kata dia.

Baca juga: Kabar Gembira! 12 Juli 2023, LRT Jabodebek Mulai Beroperasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi