Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Pembongkaran Ruko yang Caplok Bahu Jalan di Pluit

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI
Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Jakarta Utara membongkar ruko di Jalan Niaga, Blok Z4 Utara, RT 011/RW 03, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara pada Rabu (24/5/2023).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Ruko di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara yang mencaplok bahu jalan akhirnya dibongkar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Deretan ruko di RT 011 RW 03, Jalan Niaga, Blok Z4 Utara dan Blok Z8 Selatan, Jakarta Utara tersebut dibagun di atas saluran air dan memakan bahu jalan dengan lebar hingga 7 meter.

Sanksi ini sesuai dengan surat rekomendasi teknis (rekomtek) Kepala Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Jakarta kepada Satpol PP Jakarta Utara.

Pemilik ruko diberi waktu mulai Jumat (19/5/2023) hingga Selasa (23/5/2023) untuk membongkar sendiri bangunan yang melanggar aturan. Jika tidak dilakukan, pihak Satpol PP akan beralih membongkar ruko mulai Rabu (24/5/2023).

Namun hingga Selasa (23/5/2023) malam, baru 4 dari 22 ruko yang dibongkar secara mandiri oleh pemiliknya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Video Ketua RT Ribut dengan Pemilik Ruko Sempat Viral, Ini 5 Fakta Ruko Caplok Bahu Jalan di Pluit


Dibongkar sendiri

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/5/2023), terdapat empat ruko yang dibongkar mandiri pemiliknya. 

Ruko Blok Z4 Utara Nomor 20 mulai dibongkar pada Senin (22/5/2023). Puing-puing keramik di area yang melanggar terlihat berserakan di depannya.

Di hari yang sama, pemilik ruko Blok Z8 Selasa Nomor 9-11 melakukan hal serupa. Dua tukang terlihat membongkar saluran air yang ditutup dengan beton.

Kemudian keesokan harinya, ruko Blok Z8 Utara Nomor 27 membongkar beton yang menjadi dudukan genset.

Sementara, ruko Blok Z4 Utara Nomor 18-19 merobohkan tembok yang berdiri di atas bahu jalan dan saluran air.

Selain empat toko yang sedang dibongkar, ada satu ruko yang sudah mulai melakukan pembongkaran sebelum surat imbauan diturunkan.

Baca juga: Ramai soal Oknum Mengaku PLN Bali Pasang Boks Pengaman kWh Meter Seharga Rp 190.000 di Ruko Warga

 

Pembongkaran oleh Satpol PP

Karena belum semua ruko melakukan pembongkaran mandiri di area yang melanggar, Satpol PP turun tangan pada Rabu (24/5/2023).

Ratusan personel Satpol PP tiba di lokasi pukul 09.00 WIB. Petugas dari Suku Dinas Bina Marga dan Suku Dinas Sumber Daya Air juga datang ke Pluit.

Pembongkaran ruko dengan alat berat dimulai sekitar pukul 09.20 WIB. Petugas menggunakan dua alat berat serta berbagai perkakas seperti palu, jack hammer, linggis, serta alat las untuk membongkar ruko.

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin menyebut, ada 200 personel yang dikerahkan untuk pembongkaran ini.

"Pembongkaran di sini maksudnya untuk mengalihkan fungsi, mengembalikan semua fungsi yang ada. Fungsi jalanan, fungsi saluran sesuai dengan ketentuan yang ada," kata Arifin saat ditemui Kompas.com di lokasi, Rabu (24/5/2023).

Baca juga: Video Viral Wanita Bersantai di Warung Diduga Tunggu Anaknya yang Sedang Mengemis di Alun-alun Kuningan, Ini Kata Satpol PP

Toko masih buka saat dibongkar

Meskipun bagian depan toko tengah dihancurkan petugas, sebuah ruko masih melayani pembeli seperti biasa.

Pada jam 08.14 WIB, kedai Jia Xiang Kopitien (JX Kopitien) masih ramai oleh pengunjung yang silih berganti memasuki ruko tersebut. Karyawan juga terlihat berdiri di pintu masuk untuk menyapa pembeli yang datang. 

Tempat duduk kedai penuh diisi pengunjung. Sementara para karyawan masih melayani pelanggan seperti hari-hari biasa. Sederet mobil juga terparkir di depan ruko.

Hingga pukul 12.27 WIB, bangku dan meja makan yang semula memenuhi bagian depan ruko tersebut sudah disingkirkan. Petugas menghancurkan beton di depan kedai menggunakan jack hammer.

Namun, pelanggan masih ramai memenuhi bagian dalam ruko dan menikmati pesanan mereka.

"Iya, ini masih buka," kata salah satu karyawan yang berdiri di depan pintu masuk ruko.

Sementara itu, beberapa pemilik ruko lainnya mulai merapikan barang-barang mereka. Ada juga yang melanjutkan pembongkaran area yang melanggar aturan.

Baca juga: Viral Unggahan 130 Kucing Ditelantarkan di Sebuah Ruko di Surabaya

Protes ke ketua RT

Saat sedang melakukan pembongkaran, spanduk-spanduk protes yang ditujukan kepada Ketua RT Riang Prasetya terpampang di depan deretan ruko.

Riang merupakan ketua RT 011/RW 03 yang memprotes pencaplokan wilayah publik oleh pemilik ruko tersebut sejak 2019. Belakangan, ia mendapat sorotan berkat videonya saat cekcok dengan seorang pemilik ruko viral di media sosial.

"Kami pemilik UMKM dan karyawan-karyawan sudah berdagang di sini sejak 2003, sebelum Riang Prasetya menjabat. Jangan bersembunyi, keluarlah, berdialog dengan warga UMKM dan karyawan," tulis salah satu spanduk.

"Dicari! Ketua RT Riang Prasetya alias Paul. Menghilang karena tidak mau bermusyawarah dengan warga dan UMKM RT 011/RW 03," bunyi spanduk yang lain.

Sementara puluhan karyawan yang bekerja di deretan ruko juga sempat menggeruduk kantor Riang pada Rabu (24/5/2023) pagi.

Mereka memprotes Riang yang dianggap bertindak seenaknya saat mengadukan pelanggaran ruko yang mencaplok bahu jalan dan saluran air ke pejabat setempat.

Mereka terlihat melakukan demonstrasi dengan membawa ember dan gayung, serta sempat melontarkan kata-kata kurang pantas.

(Sumber: Kompas.com/Baharudin Al Farisi | Editor: Larissa Huda, Ihsanuddin, Irfan Maullana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi