Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Ular Masuk Motor, Ini Cara Mengusirnya Menurut Pakar

Baca di App
Lihat Foto
Tangkap layar foto ular masuk motor.
|
Editor: Inten Esti Pratiwi

KOMPAS.com - Warganet di media sosial tengah ramai membicarakan kejadian ular masuk ke dalam motor.

Hal tersebut awalnya dibahas di akun Twitter ini pada Sabtu (27/5/2023).

"Selalu cek motor kamu sebelum pergi ya. Apalagi yang suka hobi markirin motor di luar rumah, kadang suka ada yang ga sopan ngikut gini," tulis pengunggah.

Ia juga membagikan foto kepala seekor ular yang terlihat keluar dari balik stang motor.

Hingga Minggu (28/5/2023), unggahan tersebut telah tayang sebanyak 1,4 juta kali, disukai 9.501 pengguna Twitter, dan dibagikan 1.126 kali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Viral, Video Ular Sembunyi di Sepatu Saat Cuaca Panas, Bagaimana Cara Mencegahnya?


Dikira tali

Kejadian ular masuk motor bukan pertama kali ini terjadi. Salah satunya pernah dialami Rita (22), seorang warga asal Banyumas, Jawa Tengah.

"Kejadiannya sekitar 2 bulan lalu. Waktu itu Magrib dan waktu saya pulang ngeles. Nah, tempatnya masih satu desa sama rumah saya jadi masih dekat," ceritanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (28/5/2023).

Ia menyebut kejadian ini terjadi di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di jalan dekat persawahan.

Awalnya, ia mengira ada tali tersangkut di stang motor sebelah kanan. Namun, tali itu tiba-tiba bergerak sendiri. Ternyata, tali tadi adalah seekor ular kecil berwarna hitam.

"Tapi kok gerak sendiri sampai mau merambat ke tangan soalnya di stang motor," katanya.

Untungnya, perempuan ini bisa menepi ke pinggir jalan sambil memegang satu stang saja. Rita pun lalu dibantu ayahnya membawa pulang motor itu.

"Nah, kedua kalinya muncul lagi ularnya. Baru deh disemprot Baygon, mati," lanjut dia.

Baca juga: Apakah Ular Punya Telinga untuk Mendengar Mangsanya?

Masuk mesin motor

Kejadian serupa juga pernah dialami Mutiara Rahma (23), warga asal Perum Baros Kencana, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

"Kejadiannya seinget aku siang atau sore ya, antara 2017-2018 kayaknya karena waktu aku SMA," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (28/5/2023).

Mutiara menceritakan, saat itu dia baru pulang ke rumah. Tiba-tiba, ia melihat seekor ular hijau menuju garasi dan langsung masuk ke dalam motor.

"Aku langsung bilang tutup jendela, semua celah di rumah karena ada ular ke mama. Terus abis itu mama juga teriak minta tolong tetangga, tapi tetangga juga pada takut," katanya.

Berbeda dari cerita Rita, ular di rumah Mutiara justru masuk ke mesin motor. Ia sudah berusaha mengorek motornya agar ular itu keluar. Namun, tetap tidak ketemu.

"Aku bawa motornya ke luar dari garasi, terus aku panasin biar dia keluar. Waktu itu refleks aja aku ambil sapu ya buat alat pertahanan diri," lanjut dia.

Setelah lama dinyalakan, ular itu tetap tidak segera keluar dari motor. Mutiara bahkan sempat mendiamkan motornya selama beberapa saat. Untungnya, ular itu kemudian keluar sendiri.

Baca juga: 3 Penyebab Ular Weling Bersembunyi di Rumah dan Cara Mencegahnya

Ular butuh tempat panas

Peneliti herpetologi reptil dan amfibi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy mengungkapkan bahwa fenomena ular masuk ke motor sebenarnya sebuah kejadian yang tidak umum.

"Fenomena ini tidak umum karena ular tidak suka bau bensin, oli, dan getaran suara motor," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu.

Meski begitu, Amir tidak memungkiri kalau ular memang bisa masuk ke motor karena mencari permukaan yang bersuhu panas.

Ia menjelaskan, setiap jenis reptil termasuk ular merupakan jenis hewan berdarah dingin. Untuk bisa aktif bergerak, hewan-hewan ini membutuhkan suhu yang panas.

"Karena itu, dia mencari permukaan yang hangat untuk mentransferkan panas ke tubuhnya agar metabolisme tubuh bisa dimulai dan beraktivitas," jelasnya.

Ular yang merasa kedinginan akibat suhu udara di sekitarnya kemudian akan masuk ke motor yang mesinnya terasa panas.

Amir menyatakan, hidup ular sangat bergantung dengan suhu di sekitarnya. Semakin dingin, hewan melata ini semakin tidak bisa bergerak.

"Kalau suhunya dingin, harus cari tempat panas agar metabolisme tubuhnya bisa berjalan. Kalau suhu terlalu panas, harus mencari tempat mendinginkan diri seperti di air," tambahnya.

Baca juga: Waspada Telur Ular di Sekitar Rumah, Simak Ciri dan Tempat Favoritnya

Terjadi di malam hari

Amir juga menduga, ular-ular masuk ke motor pada malam hari saat suhu udara lebih dingin.

"Kontrol suhu tubuh ular sangat lemah sehingga setiap kali mau beraktivitas di malam hari, ketika dingin, dia harus mencari tempat untuk menyerap panas," lanjutnya.

Ketika tubuh ular terasa sudah cukup panas, ia baru kembali beraktivitas. Namun, suhunya juga tidak bisa terlalu panas.

Ia menambahkan, semua reptil termasuk ular berdarah dingin. Artinya, kejadian ini bisa saja dilakukan berbagai jenis ular.

Cara mengusir ular dari motor

Meski butuh tempat yang panas, menurut Amir, ular semestinya tidak mau mendekati motor.

"Kalau motor bau bensin dan oli mestinya ular tidak mau datang karena bau-bau yang tidak disukai ular. Panasnya juga overheat," jelas dia.

Ia menjelaskan, ular memiliki organ jacobson atau vomeronasal (VNO) yang membantu sistem penciumannya.

Organ jacobson sensitif terhadap bau menyengat dan getaran. Itu membuat ular tidak menyukai bau-bauan menyengat.

"Bau menyengat akan merusak sistem organ tersebut," tambahnya.

Karena ular sensitif dengan bau, Amir menyarankan agar orang yang hendak berkendara sebaiknya menyalakan dulu kendaraan bermotor dan mendiamkannya sejenak sebelum langsung digunakan.

Motor yang menyala akan bergetar dan menyebabkan bau bensin dan oli keluar. Dua kondisi ini tidak disukai ular sehingga akan membuat reptil ini melarikan diri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi