Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Minum Kopi yang Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Apa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
freepik
Kesalahan minum kopi yang bisa membahayakan kesehatan.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, minum kopi sudah menjadi salah satu rutinitas sehari-hari mereka.

Hal ini lantaran, kopi diketahui memiliki kemampuan yang dapat dijadikan untuk meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan suasana hati seseorang ketika meminumnya.

Selain itu, kopi juga memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk tubuh.

Maka dari itu, tak jarang orang akan menghadirkan kopi di setiap kegiatan mereka, seperti ketika bangun tidur, berangkat kerja, ketika kerja, maupun setelah pulang kerja.

Namun, tahukah Anda, ternyata minum kopi juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Ini terjadi apabila Anda tidak benar dalam mengonsumsinya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 7 Mitos tentang Minum Kopi, Apa Saja?

Lantas, apa saja kesalahan minum kopi yang bisa mempengaruhi kesehatan?

Kesalahan minum kopi yang berbahaya bagi kesehatan

1. Minum kopi terlalu banyak

Dikutip dari Times Now News, minum kopi, baik itu kopi hitam ataupun cappuccino dapat memberikan manfaat kesehatan selama kopi itu diminum dalam jumlah yang pas dan tidak terlalu banyak.

Kendati demikian, menurut ahli kesehatan, terlalu banyak minum kopi, jenis apa pun itu, dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience Journal, apabila Anda minum lebih dari enam cangkir kopi dalam sehari, maka akan dikaitkan dengan total volume otak yang lebih kecil.

Selain itu, dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit degeneratif lainnya sebesar 53 persen.

Baca juga: Kopi Vs Teh, Mana yang Lebih Sehat?


2. Kurang minum air putih

Dilansir dari Health Shots, seorang ahli gizi dan pendiri Fisico Diet Clinic Vidhi Chawla mengatakan, ketika Anda mengonsumsi kopi, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak urine yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Kopi mengandung kafein yang bersifat diuretik, sehingga dapat merangsang proses pembuangan urine dan membuat seseorang lebih sering buang air kecil.

Maka dari itu, penting agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Ini karena, dehidrasi dikaitkan dengan berbagai efek kesehatan yang merugikan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan gangguan fungsi kognitif.

Jadi, meskipun Anda sudah minum kopi, tetaplah untuk minum air putih agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik.

3. Menambahkan krim kocok

Kebiasaan minum kopi selanjutnya yang dapat merugikan tubuh adalah dengan menambahkan krim kocok ke dalam secangkir kopi.

Kebanyaakan orang suka menambahkan krim ke kopi mereka untuk meningkatkan rasa manis dan creamy.

Kendati demikian, krim kocok adalah salah satu bahan yang mengandung tinggi kalori. Apabila ditambahkan secara terus menerus ke dalam kopi, maka dapat memberikan dampak yang merugikan bagi tubuh, seperti penambahan berat badan dan risiko obesitas.

Baca juga: Mengapa Minum Kopi Pagi Bisa Membuat Perut Mulas? Ini Alasannya

4. Terlalu banyak menambahkan gula

Menambahkan gula ke dalam minuman kopi menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan.

Gula memang dapat memberikan rasa manis pada kopi, meski begitu cobalah untuk berhenti menambahkan gula terlalu banyak ke kopi Anda.

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan penumpukan lemak yang lebih besar yang kemudian dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes dan risiko penyakit jantung.

Faktanya, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan peradangan kronis dan tekanan darah. Di mana kedua hal itu adalah jalur patologis utama yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

5. Minum kopi sebelum tidur

Kopi memang dikenal dengan manfaatnya yang bisa membuat seseorang tetap terjaga dan waspada. Meski begitu, minum kopi sebelum tidur bukanlah ide yang baik.

Hal ini karena, kopi sebelum tidur bisa membuat Anda sakit kepala yang berubah menjadi migrain, kesedihan, rasa cemas, detak jantung meningkat, kesulitan tidur, dan perubahan suasana hati.

Untuk itu, apabila Anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang nyaman di malam hari, maka cobalah untuk berhentilah minum kopi setelah pukul 2 siang.

6. Meminumnya saat masih panas

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di PubMed, minum minuman panas seperti air panas, teh, dan kopi dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan.

Minuman yang terlalu panas dapat merusak kerongkongan dan meningkatkan risiko terkena kanker tiga kali lipat.

Untuk itu, biarkan kopi Anda dingin sebelum meminumnya untuk menurunkan risikonya.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Kopi Pagi bagi Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi