Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Langsung Dibuang, Ini Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto
Ponsel flagship Asus Zenfone 9 ini masih dibekali colokan audio jack 3.5 mm. Sehingga penggemar earphone kabel masih bisa mendengarkan lagu dengan mudah, tanpa adaptor/dongle seperti di ponsel yang audio jack-nya menggunakan model USB Type-C.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Masalah yang sering muncul saat menggunakan earphone atau headset adalah mati sebelah. 

Akibatnya suara tidak bisa terdengar sempurna, sebab hanya satu sisi yang berfungsi, sementara sisi satunya tidak nyala. 

Saat itu kadang kita akan membuang earphone tersebut dan memilih opsi untuk mencoba membeli yang baru. 

Padahal, saat Anda menjumpai earphone yang hanya berfungsi sebelah itu belum tentu rusak. Namun, masalah seperti itu juga bisa disebabkan oleh pengaturan audio yang salah atau kerusakan perangkat sementara (dan mudah diperbaiki).

Oleh karena itu, sebelum membuang earphone Anda, cobalah untuk menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki earphone yang mati sebelah. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci agar Tetap Awet Tanpa Perlu Dibongkar

Cara memperbaiki earphone yang mati sebelah

1. Cobalah menggunakan earphone lainnya

Dilansir dari headphonesty, cara tercepat untuk mengetahui sumber masalah audio yang Anda alami saat menggunakan earphone adalah dengan mengecek menggunakan earphone lainnya yang masih berfungsi dengan baik.

Anda bisa menggunakan earphone lainnya dan cobalah untuk dihubungkan dengan perangkat seluler.

Apabila earphone tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda akan mengetahui bahwa masalahnya sebenarnya terletak pada eraphone Anda.

Tetapi jika tidak, maka Anda perlu memperbaiki beberapa bug di ponsel Anda agar earphone bisa berfungsi kembali.

2. Luruskan kabel earphone

Jika Anda sering menaruh kabel earphone dengan cara diikat atau mungkin dimasukkan ke dalam saku, maka hal ini dapat menyebabkan salah satu atau kedua earphone Anda berhenti berfungsi.

Untuk mengetahui bagian pasti dari kabel yang mungkin terpengaruh, Anda perlu memecahkan masalah.

Pertama, cobalah untuk menghubungkan earphone Anda ke perangkat seluler dan putar musik. Sambil mendengarkannya, rasakan kabelnya secara bertahap dan luruskan satu titik pada satu waktu.

Setelah itu, amati dan cari tahu tempat di mana yang Anda sentuh bisa membuat kedua earphone berfungsi. Karena kabel di sekitar noda mungkin telah melemah, Anda harus membungkusnya dengan selotip kertas (setidaknya tiga kali) agar tetap lurus.

Baca juga: Cara agar WhatsApp Irit Ruang Penyimpanan, Matikan Ini di Pengaturan

 

3. Bersihkan jack ponsel

Dikutip dari Carlcare, salah satu alasan earphone Anda mungkin tidak berfungsi dengan baik adalah adanya kotoran di dalam jack ponsel. 

Apabila terdapat beberapa kotoran yang masuk ke jack ponsel, maka dapat memengaruhi salah satu atau kedua telinga agar tidak berfungsi dengan baik.

Ada berbagai cara untuk membersihkan jack ponel, berikut beberapa di antaranya:

  • Gunakan cotton bud untuk membersihkan jack pada ponsel Anda. Pastikan kuncup cotton bud tidak mengembang sehingga sebagian kapas tidak tersangkut di jack earphone. Setelah Anda yakin cotton bud pas dengan pegangan, dorong perlahan hingga menyentuh ujungnya dan putar secara bertahap untuk menyikat semua sisi jack earphone.
  • Gunakan kapas yang dilapisi alkohol. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda untuk memeras kapas yang telah diberi alkohol terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bahwa jack earphone terbuat dari logam dan dapat terkorosi oleh alkohol. Untuk alasan ini, ini bukanlah pilihan bagus untuk Anda coba, kecuali jika sudah tidak ada pilihan lain.

Setelah mencoba kedua cara tersebut, tunggu beberapa menit lalu cobalah untuk memasang earphone ke jack ponsel dan lihat apakah earphone sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Baca juga: Cara Membersihkan Laptop yang Aman, Perhatikan Hal Ini

4. Mulai ulang perangkat seluler

Beberapa pembaruan di perangkat seluler terkadang dapat mempengaruhi fungsi audio dari perangkat Anda.

Selain itu, mungkin saja Anda juga secara keliru mengubah pengaturan di ponsel saat mengoperasikan perangkat seluler. Sebelum melangkah lebih jauh, cobalah untuk memuat ulang perangkat terlebih dahulu. 

Apabila proses restart sudah selesai, cobalah untuk memasang kembali eraphone dan lihat apakah sudah bisa berfungsi dengan baik atau belum.

Namun, bila hasilnya tetap sama, maka kemungkinan besar eraphone Anda memang sudah rusak dan saatnya untuk membeli yang baru.

Baca juga: Cara Mengedit Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim Tanpa Menghapusnya

5. Periksa kabel earphone yang rusak

Jika Anda memiliki earphone yang hanya berfungsi di satu sisi, ada kemungkinan bahwa kabel di dalamnya mengalami kerusakan atau putus. 

Salah satu penyebab kabel earphone rusak yang paling umum adalah karena pengguna telepon sering kali mencabut earphone mereka dari perangkat dengan kabelnya secara kasar.

Seiring waktu, kebiasaan ini dapat menyebabkan kabel rusak, terputus, atau colokan earphone bengkok.

Apabila kerusakan earphone terdapat di sekitar kabel dan Anda dapat menemukan lokasi yang rusak tersebut, maka Anda bisa merekatkannya dengan menggunakan plester.

Nah, itulah cara memperbaiki earphone yang mati sebelah, coba dahulu cara tersebut sebelum Anda buru-buru membuangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi