Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Perbedaan Harga Tiket KA Ekonomi, Ini Penjelasan KAI

Baca di App
Lihat Foto
twitter.com/jogmfs
Tangkapan layar unggahan menanyakan perbedaan harga tiket kereta api (KA) Wijayakusuma dan KA Sri Tanjung padahal kota pemberangkatan dan tujuannya sama
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com – Sebuah unggahan yang menanyakan perbedaan harga tiket kereta api ekonomi KA Wijayakusuma dan KA Sri Tanjung, viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Twitter ini pada Minggu (4/6/2023).

Dalam unggahan itu, disertai gambar harga KA Wijayakusuma dengan kategori Ekonomi (CA) berangkat dari stasiun Yogyakarta menuju Kalibaru dengan harga tiketnya Rp 350.000.

Sedangkan KA Sri Tanjung dengan kategori Ekonomi (C) dengan stasiun pemberangkatan Lempuyangan, Kota Yogyakarta menuju Kalibaru dengan tiketnya Rp 94.000.

“Ngapunten jog saya mau tanya barangkali ada yg tau, ini sama2 ekonomi tapi kok harganya bedanya lumayan, bedanya apa nggih? Mint tips milih kursi juga kalo boleh,” tulis pengunggah.

Hingga Selasa (6/6/2023), unggahan itu sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan mendapat 4.743 likes.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Cara Daftar Akun KAI Access, Cepat dan Mudah

Penjelasan KAI

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus menjelaskan, terdapat sejumlah perbedaan yang membuat harga tiket kereta keduanya berbeda. Meskipun termasuk sama-sama kategori kereta ekonomi. 

Perbedaaannya yaitu KA Sri Tanjung adalah KA yang termasuk mendapatkan Public Service Obligation (PSO). Tarif kereta PSO selalu tetap dan sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

KA ekonomi yang mendapatkan PSO akan mempunyai kode kelas yakni “C”.

Sementara itu, KA Wijayakusuma termasuk KA komersial dan tidak mendapatkan PSO. Hal itu membuat tarif KA Wijayakusuma fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan. 

“Tarifnya juga kami pastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB)-Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan,” kata Joni kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

 

Kode kereta dan fasilitas kursinya

Joni juga menjelaskan, untuk kode kelas ekonomi KA komersial terdiri dari dua huruf seperti “CA”,”CB”, dan seterusnya.

Selain itu, kedua KA tersebut mempunyai konfigurasi kursi yang berbeda dengan jumlah kursinya lebih banyak pada KA Sri tanjung tiap gerbongnya.

“Kursi Wijayakusuma pakai kursi premium 80 tempat duduk, kursi bisa di-reclining. Sedangkan kursi Sri Tanjung pakai kursi tegak 106 tempat duduk,” ungkap Joni.

Baca juga: 5 Kereta Api Baru yang Diluncurkan KAI 1 Juni 2023, Ada Promo Tiket Rp 20.000

Ia juga mengatakan, tujuan KAI menjual tiket dalam berbagai kelas dan subkelas tersebut agar pelanggan dapat memilih tarif yang diinginkan sesuai dengan kebutuhannya.

“Kami berkomitmen terus memberikan pelayanan terbaik agar kereta api tetap menjadi pilihan masyarakat yang aman, nyaman, sehat, dan tepat waktu,” terangnya.

Untuk info selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi