Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Video Subliminal dan Benarkah Memengaruhi Penontonnya?

Baca di App
Lihat Foto
Freepik
Ilustrasi menonton video subliminal yang berisi pesan afirmasi untuk mengubah diri seseorang.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Unggahan informasi perihal video subliminial dan pengaruhnya bagi orang yang menontonnya baru-baru ini ramai menjadi pembahasan warganet di media sosial.

Pembicaraan tersebut salah satunya dilakukan melalui unggahan akun Twitter ini pada Minggu (4/6/2023).

Dalam cuitannya, pengunggah menyatakan bahwa wajahnya menjadi lebih bersih dan ia banyak didekati laki-laki setelah menonton video tersebut.

"Satu minggu ini iseng nonton YouTube subliminal karena lagu dan editannya bagus dan merasa mukaku agak bersih, bahkan beberapa kali nonton video ini besoknya ada 2 cowok yang deketin aku. Ini beneran nggak sih?" tanyanya.

Hingga Rabu (7/6/2023) pagi, unggahan tersebut telah disukai 11.500 pengguna Twitter, dan dibagikan 1.124 kali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Video Viral Petani di Sragen Hendak Isi Solar Cekcok dengan Petugas SPBU, Pertamina: Tidak Bawa Surat Rekomendasi

Baca juga: Viral, Video Pengendara Adang Bus Lawan Arah di Jalan Lingkar Tegal-Bebes: Sudah Telanjur Kesal, Saya Matikan Mesin Motor!

Lalu, apa video subliminal itu dan benarkah memengaruhi orang yang menontonnya?

Video subliminal

Psikolog sekaligus dosen di Fakultas Psikologi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta Ratna Yunita Setiyani Subardjo menjelaskan, video subliminal merupakan video yang berisi pesan yang memengaruhi pikiran seseorang.

"Fungsi dari video tersebut dipercaya dapat memengaruhi alam bawah sadar," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (6/6/2023).

Ratna mengungkapkan, pembuat video menyisipkan pesan-pesan yang diklaim sebagai afirmasi atau pernyataan positif.

Pembuat video subliminal sengaja membuat konten yang seolah dapat mewujudkan impian seseorang di alam bawah sadarnya. Misal, ingin kulit mulus, berpenampilan menarik, atau mewujudkan cita-cita.

Saat menonton video subliminal, penonton berharap akan mengalami kondisi serupa di dunia nyata sesuai dengan isi video tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Diri dari Tindakan Hipnotis?

Pengaruh video subliminal ke penonton

Menurut Ratna, video subliminal memang dapat memengaruhi keadaan penonton sesuai dengan tujuan pembuatan video tersebut.

Meski begitu, perubahan ini tetap membutuhkan tindakan dari penontonnya, bukan hanya sekadar menonton video subliminal di media sosial.

"Sebenarnya yang perlu digarisbawahi, kita perlu melakukan usaha terbaik kita dulu yang kemudian dibarengi dengan afirmasi positif. It's oke," lanjutnya.

Meski begitu, ia menyebutkan, video subliminal hanya berisi afirmasi positif bagi publik. Ini harus dibarengi dengan usaha maksimal yang dilakukan untuk mencapai keinginan.

"Jangan terlalu percaya dengan video itu karena tidak ada hasil yang instan," tambah dia.

Baca juga: Mengapa Ada Orang Menyebarkan Video Syur? Ini Penjelasan Psikolog

Sayangnya, Ratna mengungkapkan tetap banyak orang yang menerima video subliminal tanpa tindakan untuk mencapai sesuatu.

Menurut dia, video subliminal yang trending dan banyak ditonton akan dianggap ampuh dan berkualitas mengubah hidup seseorang.

Akibatnya, mereka akhirnya menerapkan dan memercayai isi video tanpa melakukan riset lebih lanjut. Padahal, bisa saja video tersebut hanya setting-an dan dilihat penonton bayaran.

"Kadang-kadang, di antara remaja yang mudah terpengaruhi jadi latah mengikuti yang ada di video. Padahal belum tentu ada perubahan signifikan," lanjutnya.

Baca juga: Sering Beredar ke Publik, Mengapa Orang Suka Rekam Video Syur Pribadinya?

Bagaimana afirmasi mengubah seseorang?

Video subliminal berisikan afirmasi atau pernyataan positif yang memengaruhi alam bawah sadar seseorang.

"Afirmasi itu membantu meningkatkan motivasi dan membuat gambaran di pikiran kalau impian kita tercapai," katanya lagi.

Menurut Ratna, pernyataan positif yang dinyatakan berulang-ulang secara sadar atau tidak akan memengaruhi tindakan seseorang.

Misalnya, orang yang menyatakan dan menyakini kalau dirinya bisa melakukan sesuatu maka semangat dan yakin mampu melakukan hal tersebut apapun risikonya.

"Kenapa video tersebut bisa mengarahkan seseorang seperti yang diharapkan? Karena ada yang dibangun di dalamnya, secara sengaja atau tidak, tapi dia memang menghadirkan motivasi untuk melakukan sesuatu," pungkasnya.

Baca juga: Ramai soal Gonta-ganti Warna Rambut Disebut Bentuk Self Harm, Ini Kata Psikolog

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi