Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pare bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/MODMOD
Ilustrasi tanaman pare, buah pare, menanam pare.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Buah pare yang sering dimasak dengan ditumis atau sebagai lalapan, ternyata mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari Kemkes.go.id, pare alias paria kaya mineral nabati, kalsium, dan fosfor, juga karotenoid.

Selan itu, dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pare mengandung alpha-momorchorin, betamomorchorin, dan MAP30 (momordica antiviral protein 30) yang bermanfaat sebagai anti HIV/AIDS.

Baca juga: Manfaat Pare untuk Kesehatan Salah Satunya Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat pare

Di beberapa negara pemanfaatan pare bagi kesehatan, di antaranya bagi masyarakat Jepang sebagai obat pencahar, laksatif, dan obat cacing.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sementara di India, ekstrak buah pare digunakan sebagai obat diabetik, obat rheumatik, obat gout, obat penyakit liver dan obat penyakit limfa.

Sedangkan di Indonesia, pare biasa diolah menjadi masakan atau dimakan sebagai lalapan. Pare yang juga sering disebut sebagai ‘paria’ dikenal sebagai tanaman herbal, karena buah dan bijinya bermanfaat dan bisa diolah sebagai obat tradisional.

Kandungan pare

Kandungan nutrisi pare sudah sejak lama pare dipercaya sebagai tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini karena di dalam pare terkandung beragam nutrisi penting, di antaranya:

Manfaat mengonsumsi pare

1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat pare yang paling terkenal adalah menurunkan gula darah. Hal ini karena pare memiliki senyawa yang dapat bertindak seperti insulin, yang bertugas mengolah gula darah untuk menjadi energi di dalam sel tubuh.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi pare dapat mengurangi kadar gula darah dan menurunkan HbA1c penderita diabetes tipe 2.

Baca juga: Benarkah Pare Bermanfaat untuk Mengatasi Diabetes?

 

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada pare mampu mencegah konstipasi. Namun, konsumsi pare berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping berupa diare dan muntah.

3. Meningkatkan imunitas 

Meski sangat sedikit, kandungan protein tertentu yang terdapat pada pare mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

4. Mencegah kanker payudara

Studi menunjukkan bahwa pare memiliki sifat anti-kanker dan ekstrak dari buah pare terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

5. Menurunkan berat badan

Konsumsi pare dapat membantu menurunkan berat badan karena bahan makanan satu ini rendah kalori dan kaya serat.

Kandungan serat yang tinggi pada pare dapat memberikan efek kenyang lebih lama sehingga mampu menurunkan nafsu makan.

Baca juga: 10 Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi pare dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Sebab konsumsi pare dalam jumlah yang cukup mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang ada dalam pare juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

7. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada pare mampu meningkatkan kesehatan mata. Bahkan, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C yang terkandung pada pare diyakini mampu mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula pada orang lanjut usia.

8. Menurunkan kadar kolesterol

Dikutip dari Kompas.com, pare yang diekstrak dapat dikonsumsi secara rutin untuk kesehatan, karena mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh menurut sebuah penelitian.

Pare secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat LDL, dan trigliserida. Selain itu, membantu mendukung kesehatan jantung.

Nah, itulah sejumlah manfaat pare bagi kesehatan.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Manfaat Jus Pare untuk Kesehatan

Referensi:

  • Dixit VP, Kimnna P, Bhargava SK. 1978. Effects of Momordica charantia L.Fruit extract on the Testicular Function of Dog. J. Med. Plant Res. 34 : 280.
  • Girini MM, Ahamed RN, Aladakatti RH. 2005. Effect of Graded Doses of Momordica Charantia Seedextract on Rat Sperm : Scanning Electron Microscope Study, J BasicClin Physiol Pharmacol. 16(1):53-66.
  • Okabe H, Miyahara Y, Yamauchi T, Miyahara K, Kawasaki T. 1980. Studies on the Constituents of Momordica charantia L. Isolation and Characterization of Momordicoside A and B, Glycosides of a Pentahydroxy Cucurbitane Triterpen. Chem. Pharm. Bull 28 : 2753.
  • Pramono S, Ngatijan, Sudarsono S. Budiono, Pujoarianto A. 1988. Obat Tradisional Indonesia I. Pusat Penelitian Obat Tradisional UGM. Yogyakarta, h. 18.
  • Zheng YT, Ben KL, Jin SW. 1999. Alpha-momorcharin Inhibits HIV-1 Replication in Acutely but Not Chronically Infected T-lymphocytes. Zhongguo Yao Li Xue Bao, 20(3) : 239 - 43.
  • Hernawati. Potensi Buah Pare (Momordicha charantia L.) Sebagai Herbal Antifertilitas. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi